Kategori: Nasional

Berkurang, Pasien Positif Corona di Indonesia Jadi 17 Orang


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, JAKARTA - Pasien positif virus corona di Indonesia berkurang dari 19 orang menjadi 17 orang. Hal itu diungkapkan oleh Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona (COVID-19) Achmad Yurianto.

Menurut Yurianto ada dua pasien yang negatif corona setelah mendapat pemeriksaan dan tes ulang. Dua orang itu adalah pasien 06 dan pasien 14. "Ada yang membahagiakan. Kasus 06 ini sudah masuk hari yang kelima, pemeriksaannya sudah negatif," ujar Yurianto seperti dikutip dari detik.com.

Deretan Kecelakaan Maut di 5 Flyover, Termasuk di Manahan Solo

Kedua pasien itu akan menjalani tes ulang pada dua hari ke depan. Jika tetap negatif, maka keduanya akan dipulangkan. "Kalau negatif lagi, yang bersangkutan tidak perlu dirawat," imbuh dia.

Dikutip dari Suara.com, pasien 06 merupakan kru kapal Diamond Princess dan dirawat di RS Persahabatan. Setelah hari kelima pemeriksaan dia menunjukkan hasil negatif. Kru kapal Diamond Princess tersebut juga harus melakukan pengawasan diri jika merasa ada keluhan panas, batuk atau sesak nafas kembali, maka harus melaporkan kepada petugas kesehatan.

Kemudian pasien nomor 14 dinyatakan negatif setelah hari ketiga perawatan. Yurianto menjelaskan pasien 14 sudah sakit selama tiga hari di rumah sebelum dirawat di RS. Selama sakit tiga hari di rumah, yang bersangkutan merasa hanya influenza biasa, sehingga melakukan pengobatan sendiri.

Balap Motor Roadrace Digelar di Jalan Kawasan Alun-Alun Wonogiri, Catat Tanggalnya

Baru pada hari ketiga setelahnya yang bersangkutan melaporkan ke rumah sakit. "Untuk kasus 14 ini kita lakukan tracing, karena sudah dua tiga hari di rumah dalam keadaan sakit," kata Yurianto.

Menahan Diri

Jika sudah diperbolehkan keluar dari rumah sakit, kedua pasien itu harus melakukan isolasi diri. Artinya, mereka harus tetap menahan diri untuk tidak melakukan kontak dekat dengan siapapun untuk sementara waktu.

"Bukan berarti tidak boleh kontak dengan siapapun Boleh, tapi ditahan. Artinya dia harus menggunakan masker dan berusaha pada posisi setidaknya dua meter, kalau kita bicara self isolated," jelas Yurianto.

Jadwal Pemadaman Listrik di Solo dan Karanganyar, Rabu (11/3/2020)

Sebelumnya, pada Senin (9/3/2020), pemerintah menyebut ada 13 pasien baru positif corona di Indonesia. Hal itu membuat jumlah pasien di Indonesia menjadi 19 orang. Dua di antaranya merupakan warga negara asing. Namun kini, pasien corona berkurang menjadi 17 orang.

Share
Dipublikasikan oleh
Ahmad Baihaqi