Balap Motor Roadrace Digelar di Jalan Kawasan Alun-Alun Wonogiri, Catat Tanggalnya
Kendaraan melintas di jalan dekat bundaran patung Sukarno atau utara Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Jumat (6/3/2020) lalu. (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI -- Putaran perdana balap motor roadrace bertajuk Casytha Jateng Motorace 2020 bakal digelar di Wonogiri pada 21-22 Maret mendatang.

Ruas jalan yang akan dijadikan sebagai trek balap motor jalanan itu yakni di kawasan Alun-Alun Giri Krida Bakti depan Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Balap motor roadrace di Wonogiri ini merupakan putaran pertama dari lima putaran yang direncanakan. Ratusan pembalap diperkirakan akan mengikuti perlombaan tersebut.

Ada 26 nomor yang siap dilombakan. Nomor itu dibagi dalam tujuh kategori kelas, dari kelas yang dapat diikuti anak-anak hingga pembalap profesional.

Kondisi Jasad Pria Jomblo Wonogiri Gantung Diri: Telanjang & Kulit Melepuh

Untuk mendukung kelancaran jalannya balap motor tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri udah menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas di kawasan Alun-Alun Wonogiri.

Dishub akan mengalihkan arus lalu lintas di kawasan Alun-Alun Giri Krida Bakti saat digelar kejuaraan balap motor atau roadrace di lokasi tersebut. Ruas jalan yang menuju kawasan tersebut akan ditutup penuh selama kegiatan berlangsung.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Wonogiri, Tri Haryono, kepada Espos, Minggu (8/3), menyampaikan pengalihan arus tak sampai menutup jalan utama dari arah Sukoharjo-Wonogiri-Ponorogo dan Pracimantoro-Wonogiri-Sukoharjo.

Petani Wonogiri Ditemukan Meninggal di Sawah Sambil Peluk 3 Butir Kelapa

Kendaraan umum masih tetap bisa melintas. Untuk diketahui, jalan yang digunakan roadrace, yakni ruas timur alun-alun atau depan Kantor DPRD, selatan alun-alun atau depan Sekretariat Daerah (Setda), selatan Masjid Agung At Taqwa, depan masjid tersebut, dan sebagian ruas perempatan Ponten hingga bundaran patung Sukarno.

Pengalihan Arus Lalu Lintas

Jalan yang mengarah ke ruas itu lah yang akan dialihkan. Kawasan itu terdapat jalan untuk kases kendaraan menuju dan dari timur atau arah Ponorogo. Kendaraan dari arah Sukoharjo yang akan menuju arah Ponorogo bisa melintas melalui pertigaan Klampisan ke arah Alas Kethu hingga depan Kantor Pertanahan seperti biasanya.

Sebaliknya, kendaraan dari arah Ponorogo yang akan ke arah Sukoharjo dan Pracimantoro harus melalui jalan dekat SMAN 1 Wonogiri hingga perempatan Gudang Seng.

Sopir Taksi Online Boyolali Dirampok, Lehernya Dijerat Kabel dan Perutnya Ditusuk

Dari perempatan itu, bagi yang ingin ke arah Sukoharjo berbelok kanan melalui perempatan Ponten. Sedangkan bagi yang akan ke arah Pracimantoro belok ke kiri.

Sementara itu, kendaraan dari arah Pracimantoro yang akan ke arah Ponorogo harus melalui jalan ke arah Alas Kethu lalu menuju depan Kantor Pertanahan.

“Pengalihan arus mulai Jumat [20/3/2020] sore sampai Minggu [22/3/2020] malam setelah semua jalan bersih dari perlengkapan balapan. Berarti ajang CFS [car free sunday] pada Minggu pagi akan kami liburkan,” kata Tri saat dihubungi Solopos.com, Minggu (8/3/2020).

Dia melanjutkan area sekitar lintasan roadrace tidak boleh untuk parkir. Dishub sudah menyiapkan kantong parkir.

Sopir Ceroboh Jip Merapi Lava Tour Dihukum Tak Boleh Ngaspal Sebulan

Parkir sepeda motor, meliputi Jl. Salak II-IV, VI, dan dua gang dekat selter angkutan umum di tepi Jl. Pemuda II. Selain itu Jl. Perwakilan atau ruas depan SMAN 1 Wonogiri hingga belakang pertigaan Kantor DPRD. Parkir mobil di ruas jalan sisi selatan Setda.

Kawasan Alun-Alun Wonogiri pernah dijadikan lintasan roadrace pada 2016 lalu. Ajang tahun ini mengambil lintasan yang sedikit berbeda, yakni tanpa melintas di jalan raya depan Bank Jateng.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom