SOLOPOS.COM - Serah terima donasi Rapid test dari UK Petra ke 10 rumah sakit dan 5 klinik. (Istimewa/doc.UK Petra)

Solopos.com, SOLO - Universitas Kristen Petra, UK Petra, melakukan penggalangan dana untuk donasi pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) coverall, masker N95, goggle, dan lainnya. Aksi bertajuk Petranesian Berbagi Kasih-1 telah dimulai sejak 2 Maret 2020.

Donasi  UK Petra  ini disalurkan melalui Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya. Aksi ini teklar berlanjut lewat gerakan Petranesian Berbagi Kasih-2.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ajak Milenial Gemari Jamu, Mahasiswa UK Petra Surabaya Bikin Desain Kemasan Unik

“Gerakan ini dimulai dari rasa peduli, untuk mendukung para dokter dan paramedis yang harus berhadapan langsung merawat penderita Covid-19. Gerakan berhasil mengumpulkan donasi lebih dari 300 juta rupiah, dan semuanya sudah disalurkan melalui IDI Surabaya,” kata Rektor UK Petra Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., dalam rilis yang diterima Solopos.com, Rabu (22/4/2020).

Tidak hanya itu, sejak 11 April 2020, UK Petra telah mendonasikan ribuan rapid test kit Covid-19 ke berbagai rumah sakit. UK Petra berkerja sama dengan Yayasan Indonesia Sejahtera Barokah (YISB) dan didukung oleh UBS Gold dan para donatur lainnya, Hingga hari ini, 22 April 2020.

Distribusi Donasi UK Petra

Sejauh ini, UK Petra telah mendistribusikan donasi 5.350 rapid test kit. Donasi didistribusikan ke 15 rumah sakit dan 8 puskesmas atau poliklinik di tujuh kota di Jawa Timur, yaitu Surabaya, Mojokerto, Kediri, Bangkalan, Madiun, Ngawi, dan Lawang.

Fokus rapid test kit ini ada dua, yaitu untuk para tenaga medis atau paramedis itu sendiri, serta untuk masyarakat yang memerlukan. Dengan pemasalan rapid test kit, kita berharap semua yang terinfeksi Covid-19 bisa segera terdeteksi dan mendapat perawatan medis, supaya penyebaran wabah ini bisa segera dipotong.

Gerakan unik lain yang diinisasi sejak 6 April adalah pembentukan group media sosial Petranesian Community. Group ini terbuka untuk seluruh warga kampus, orangtua mahasiswa dan para alumni, untuk saling berbagi promosi iklan usaha.

Alumnus UK Petra Raih Sertifikat dan Trofi dari Anggota DPR Korea

Grup juga menampung inisiatif untuk saling membantu sesama di masa-masa krisis yang menimpa kondisi ekonomi banyak keluarga. Saat ini, aksi ini telah diikuti lebih dari 650 orang, dan terbukti sangat efektif memberikan jalan keluar kesulitan ekonomi.

UK Petra terus menggagas beberapa gerakan lain, termasuk untuk membantu masyarakat Siwalankerto.

“Semua ini wujud dari peran positif, kepedulian dan tanggung jawab kami, keluarga besar Universitas Kristen Petra. Wabah ini merupakan tantangan bersama, oleh karenanya semua pihak harus ambil bagian, menyatukan tekad, bahu membahu saling menolong dan berpartisipasi. Kami berharap dengan partisipasi seluruh lapisan masyarakat, dan dengan perkenan Tuhan yang berdaulat atas alam ciptaan-Nya, pandemi Covid-19 ini dapat segera berakhir,” ungkap Prof. Djwantoro.

Kakak Beradik Asal Solo Sumbangkan Tabungan Kurban untuk Beli APD

Pandemi Covid-19  telah menjadi pukulan bagi semua orang. Di Indonesia, sejak awal diumumkannya pasien pertama pada 2 Maret 2020, jumlah kasus terus meningkat cukup cepat. Hingga 22 April 2020, sebanyak 7.418 dinyatakan positif terpapar virus yang menyerang sistem pernapasan ini.

Hal ini tentu menjadi perhatian bersama, dibuktikan dengan banyaknya dukungan dari berbagai elemen masyarakat. Sebagai institusi pendidikan, Universitas Kristen Petra (UK Petra) juga turut ambil bagian untuk memberi dukungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya