SOLOPOS.COM - Acara Daihatsu Club Painting Quality Workshop pada4 November 2023di PT Astra Daihatsu Motor – Technical Training Center, Sunter, Jakarta yang digelar belum lama ini.(Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Daihatsu terus berkomitmen mendekatkan diri kepada pelanggan dengan menghadirkan beragam program menarik.Hal itu Salah satunya diwujudkan melalui pemberian edukasi tentang cat mobil dan perawatannya lewat acara bertajuk Daihatsu Club Painting Quality Workshop pada4 November 2023di PT Astra Daihatsu Motor – Technical Training Center, Sunter, Jakarta belum lama ini.

Acara yang dihadiri oleh 18 Klubofficial Daihatsu dengan lebih dari 50 peserta ini juga sebagai ajang silaturahmi antar-anggota klub dan Daihatsu. Tujuan dari acara ini adalah memberikan pengetahuan dasar dan wawasan tentang proses pengecatan pada bodi mobil, hingga tips & trick menjaga cat bodi mobil tetap berkualitas dan terawat.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

“Kami mengapresiasi Astra Daihatsu Motor yang telah memberikan edukasi tentang cat mobil, mulai dari teknologi, proses, hingga tips perawatannya. Workshop ini juga semakin meyakinkan kami bahwamobil Daihatsu memiliki cat kendaraan dengan proses dan hasil yang berkualitas, baik dari manufaktur, maupun bengkel resmi,” ujar Komarudin, salah satu peserta workshop Daihatsu dari komunitas Gran Max Luxio (MAXXIO) chapter Bekasi.

Secara pengertian dan fungsi, cat merupakan lapisan terluar bodi mobil yang berfungsi untuk melindungi plat bodi mobil dari cuaca, udara, karat, dan sekaligus memperindah tampilan pada eksterior mobil.

Dalam perkembangannya, proses pengecetan di industri otomotif dimulai dengan menggunakan metode “kuas/brushing”, dilanjutkan spraying dengan memanfaatkan udara bertekanan tinggi, kemudian mulai menerapkan teknologi “semi robot”, hingga proses pengecatan dengan metode canggih yaitu “full robotic“ pada keseluruhan bodi mobil.

Pengecatan yang dilakukan di pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggunakan standar manufaktur, yaitu Heat Polymerization yang merupakan proses pengecatan menggunakan proses dipanaskan dengan suhu minimal 140 derajat celcius.

Proses pengecetan manufaktur di ADM memiliki proses 4 tahap, dimulai dari cleaning atau pembersihan bodi, pelapisan anti karat, surfacer & sealing dengan lapisan terakhir adalah top coating.Selain itu, cat bodi kendaraan juga dapat dibagi menjadi beberapa karakter pigmen, seperti warna Solid, Metallic dan Pearl yang memiliki perbedaan dalam proses pengecatannya tergantung dari kebutuhan pelanggan.

Dalam workshop ini juga dijelaskan bagaimana cara merawat cat pada mobil antara lain:

1. Simpan Kendaraan di Garasi untuk menghindari terik matahari, air hujan, kotoran hewan, getah pohon dan faktor eksternal lainnya. Apabila tidak memiliki garasi, Sahabat dapat menggunakan cover khusus yang tidak merusak cat & tahan terhadap cuaca.

2. Mencuci Mobil secara Rutin minimum seminggu sekali menggunakan air bersih, shampoo mobil dan dilakukan pada tempat yang sejuk.

3. Periksa Cat Bodi Mobil secara Berkala dari benda asing maupun cairan dan bersihkan dengan menggunakan kain halus seperti microfiber.

4. Perawatan Pemolesan perlu dilakukan minimal 6 bulan sekali untuk menjaga tampilan mobil tetap dalam kondisi baik dan mengkilap. Sahabat dapat memilih material poles atau wax yang berkualitas baik, tidak berbahaya terhadap cat dan bebas amonia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya