SOLOPOS.COM - Kolam renang di sekitar Telaga Rowo Dusun Rowo, Desa Sumberejo, Kecamatan Batuwarno, Wonogiri, Senin (17/2/2020). (Solopos-M. Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI -- Telaga Rowo merupakan salah satu aset sumber daya alam yang dimiliki Pemerintah Desa Sumberejo, Kecamatan Batuwarno, Wonogiri, Jawa Tengah.

Telaga tersebut terletak di Dusun Rowo, Desa Sumberejo, Batuwarno.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dahulu, Telaga Rowo dimanfaatkan warga sekitar untuk memancing, mencuci pakaian, dan mandi.

Melihat potensi Telaga Rowo, pada 2015 Pemerintah Desa Sumberejo membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di bawah naungan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), untuk manjadikan telaga tersebut sebagai tempat wisata.

Dusun Semilir Destinasi Instagramable di Semarang

Mulai 2016, Pemdes Sumberejo mulai menganggarkan pengembangan wisata Telaga Rowo dari dana desa. Berbagai layanan dan pembangunan mulai dilaksanakan secara bertahap.

Pada 2017, Pemdes membeli sepeda air atau perahu bebek untuk fasilitas pengunjung yang ingin mengelilingi atau menyusuri telaga.

Pada akhir 2018, dibangun kolam renang untuk anak dan dewasa di sebelah selatan telaga. Hanya dengan tiket masuk Rp5.000 warga bisa berenang sepuasnya.

Tempat swafoto di tengah-tengah Telaga Rowo, Dusun Rowo, Desa Sumberejo, Kecamatan Batuwarno, Wonogiri, Senin (17/2/2020). (Solopos-M. Aris Munandar)
Tempat swafoto di tengah-tengah Telaga Rowo, Dusun Rowo, Desa Sumberejo, Kecamatan Batuwarno, Wonogiri, Senin (17/2/2020). (Solopos-M. Aris Munandar)

Selain membangun kolam, Pemdes juga membuat spot swafoto di tengah-tengah telaga. Terdapat gazebo di tengah-tengah rawa, jalan menuju ke gazebo tersebut terbuat dari bambu. Tiket masuk untuk swafoto sebesar Rp3.000.

Pada 2019, keuntungan yang didapat dari seluruh pengembangan wisata telaga sebesar Rp25 juta. Keuntungan tersebut dibagi untuk pengembangan fasilitas wisata dan Pendapatan Asli Desa (PAD).

“Kami tidak hanya fokus pengembangan wisata, tetapi kami juga bersinergi dengan Usaha Mikro Kecil Menengah yang ada di desa kami. Sehingga ekonomi warga sekitar bisa terangkat,” kata Kepala Desa Sumberejo, Tri Haryanto, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (17/2/2020).

Pengedar Ganja 50 Kg Divonis Mati, Begini Penjelasan Ketua PN Solo

Menurut dia, ada 10 pedagang berjualan di sekitar telaga, rata-rata didominasi kuliner. Pedagang tersebut belum termasuk pedagang keliling menggunakan motor yang mangkal di sekitar telaga.

Rencananya, di sebalah selatan telaga, tepatnya di sebalah timur kolam renang, akan dibangun taman dan patung Bima. Taman tersebut bakal menggambarkan sejarah terjadinya telaga di Dusun Rowo.

“Rencana pembangunan taman akan direalisasikan pada tahun ini. Sumbernya dari dana desa juga, tetapi nanti secara bertahap,” kata Tri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya