Tutup Iklan

Beredar Video Tol Batang-Semarang Akan Ditutup Total, Ini Faktanya

PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) memberikan klarifikasi terkait beredar video yang menyebutkan Tol Batang-Semarang akan ditutup pada 25 Oktober hingga 4 November.

 Jembatan Kalikuto merupakan salah satu ikon di ruas Tol Batang-Semarang. (Andhika Wahyu)

SOLOPOS.COM - Jembatan Kalikuto merupakan salah satu ikon di ruas Tol Batang-Semarang. (Andhika Wahyu)

Solopos.com, SEMARANG — Sebuah video yang menginformasikan penutupan Tol Batang-Semarang pada 25 Oktober-4 November 2021 beredar di media sosial. Meski demikian, informasi itu dibantah PT Jasamarga Semarang Batang, selaku pengelola Jalan Tol Batang-Semarang.

Dalam video yang salah satunya disebarkan akun @Odholmechtotot di Twitter itu disebutkan, jika Tol Batang-Semarang akan ditutup secara total mulai 25 Oktober-4 November karena adanya proyek pemasangan girder di Jembatan Kedawung Km 369.

Meski demikian, informasi tersebut dibantah PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), selaku pengelola Tol Batang-Semarang. Direktur Utama (Dirut) PT JSB, Prajudi, membantah bahwa pihaknya akan melakukan penutupan ruas tol secara menyeluruh, atau total.

Baca juga: 3 Kendaraan Kecelakaan di Tol Batang-Semarang, 1 Meninggal

Selama pemasangan girder jembatan itu, pihaknya tetap akan membuka akses Tol Batang-Semarang, hanya saja diterapkan manajemen stop and go, atau buka tutup.

“PT Jasamarga Semarang Batang selaku pengelola ruas jalan Tol Batang-Semarang akan melakukan pengaturan lalu lintas dengan manajemen ‘stop and go‘ pada pelaksanaan erection girder Jembatan Kedawung di Km 368+100 ruas jalan Tol Batang-Semarang di kedua arah,” ujar Prajudi, dalam keterangan resmi yang diunggah di akun Instagram @jasamarga_semarang_batang, Jumat (23/10/2021).

Dalam keterangan tertulis itu, Prajudi juga menyebut bahwa pekerjaan erection girder Jembatan Kedawung nantinya dilaksanakan secara bertahap mulai 25 Oktober hingga 3 November 2021. Pengerjaan proyek itu juga akan dilakukan saat periode window time, mulai pukul 23.00 WIB hingga 04.00 WIB.

Baca juga: Tak Kuat Tanjakan, Truk Kontainer Sebabkan Kecelakaan di Tol Semarang

“Karena lokasi pekerjaan erection girder berada di jalur melintang, di setiap tahapan kami akan melakukan skema ‘stop and go‘. Skema buka tutup berdurasi 40 menit. Skema ini akan diterapkan pada Km 393+050 arah Semarang dan Km 375+100 arah Batang. Namun tidak ada penutupan di ruas jalan Tol Batang-Semarang. Kedua arah tetap dapat dilalui secara normal,” tegas Prajudi.

Sebagai mitigasi risiko apabila terjadi kepadatan lalu lintas, petugas bersama dengan pihak Kepolisian setempat akan melakukan rekayasa lalu lintas dengan melakukan pengalihan lalu lintas melalui gerbang tol terdekat.

“GT Kandeman, untuk kendaraan dari arah Batang menuju Semarang, dan GT Weleri, untuk kendaraan dari arah Semarang menuju Batang,” imbuhnya.

Sebelum melakukan manajemen ‘stop and go‘, PT JSB bersama Direktorat Bina Marga BBPJN Jateng-DIY akan melakukan sosialisasi dengan memasang spanduk di ruas jalan Tol Batang-Semarang.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Siap-Siap! 4,8 Juta Pelaku Perjalanan Masuk Jateng saat Libur Nataru

Dinas Perhubungan atau Dishub Jateng memprediksi ada sekitar 4,8 juta pelaku perjalanan yang masuk ke wilayah Jateng saat libur Natal dan Tahun Baru nanti.

Sosok Bripka Rustam, Terjang Banjir Grobogan Sambil Gendong Nenek-nenek

Bhabinkamtibmas Desa Lemah Putih, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, Bripka Rustam, menggendong Mbah Nasiyem, 80, keluar dari rumahnya yang terendam banjir Senin (6/12/2021) siang.

Lakukan KDRT, Pegiat HAM di Semarang Dituntut 4 Bulan Penjara

Pegiat HAM di Semarang yang juga mantan komisioner KIP Jateng, SH, hanya dituntut 4 bulan penjara atas kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Bantu Korban Erupsi Semeru, Jateng Kirim Bantuan Senilai Rp934 Juta

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng mengirimkan 50 sukarelawan dan bantuan logistik untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru di Jatim.

Banjir Landa Brati Grobogan, 150 Rumah dan 200 Hektare Sawah Terendam

Hujan deras menyebabkan 150 rumah warga dan sekitar 200 hektare sawah di Desa Lemahputih, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, kebanjiran pada Senin (6/12/2021).

Alasan Asmara, Pemuda Kendal Bunuh Teman di Saluran Air

Seorang pemuda di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng), tega melakukan pembunuhan terhadap temannya atas dasar permasalahan asmara.

Hidden Canyon, Mutiara Tersembunyi di Kaki Pegunungan Muria

Hidden Canyon merupakan mutiara tersembunyi yang menyimpan pesona luar biasa di wilayah Pegunungan Muria.

Januari 2022 Puncak Musim Hujan, Jateng Siaga Banjir

BMKG memprediksi puncak musim hujan terjadi pada Januari 2022 dan mengingatkan warga Jateng waspada karena termasuk wilayah siaga banjir.

Saung Diterjang Banjir, Kakek di Brebes Terseret Arus Sungai Pemali

Seorang kakek di Brebes, Jawa Tengah (Jateng), dikabarkan hanyut akibat banjir yang melanda Sungai Pemali.

Innalillahi! Bus Rombongan Warga Toroh Grobogan Nyemplung ke Sungai

Bus rombongan warga Desa Genengadal, Kecamatan Toroh terguling dan masuk sungai di Desa Jeketro, Kecamatan Gubug, Grobogan.

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Bus Sudiro di Tol Semarang-Solo

Bus PO Sudiro Tungga Jaya jurusan Jakarta-Yogyakarta mengalami kebakaran di tol Semarang-Solo, Bergas, Kabupaten Semarang.

Angkut 30 Penumpang, Bus Sudiro Tunggal Kebakaran di Tol Semarang-Solo

Gangguan mesin menyebabkan bus PO Sudiro Tunggal mengalami kebakaran saat melintasi tol Semarang-Solo, tepatnya di Kabupaten Semarang.

PLN Bagikan Gerobak Molis kepada UKM Jateng, Dorong Produktivitas Usaha

PLN memberikan bantuan gerobak motor listrik (molis) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada pelaku UKM di Jateng untuk meningkatkan produktivitas usaha.

Polres Kudus Gerebek Tempat Produksi Minuman Keras Jenis Arak

Jajaran Polres Kudus menggerebek tempat produksi minuman keras atau miras di sebuah gudang, di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus.

Sidak Wali Kota Semarang Viral, Warganet Ramai Ikutan Usul Ini

Unggahan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat melakukan sidak di Kantor Kelurahan Bulusan, di akun instagram pribadinya mendadak viral.

Sejarah Vihara Buddhagaya Semarang

Vihara Buddhagaya di Semarang, Jawa Tengah, memiliki sejarah panjang karena didirikan sejak 500 tahun lalu, tepatnya saat keruntuhan Majapahit.