SOLOPOS.COM - Ilustrasi sperma. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ada pendapat mengatakan sperma bisa menyembuhkan jerawat, benarkah pendapat tersebut? Apakah hal ini termasuk mitos atau fakta? Simak ulasannya di tips kecantikan kali ini.

Memiliki kulit wajah yang bersih merupakan impian sebagian besar orang. Karena itulah, banyak orang yang rela melakukan dan mencoba berbagai cara untuk menghilangkan jerawat, termasuk mengoleskan cairan air mani.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Tapi benarkah benarkah sperma bisa menyembuhkan jerawat? Sebelum termakan informasi yang belum terbukti kebenarannya, simak penjelasan ini terlebih dulu ya!

Baca Juga: Benarkah Minum Air Mani Bisa Bantu Wanita Cepat Hamil?

Mitos itu berasal dari keyakinan sejumlah orang yang percaya bahwa kandungan dalam cairan air mani bisa membantu mengatasi masalah kulit termasuk jerawat. Sperma memang diketahui memiliki kandungan nutrisi, seperti protein, magnesium, zinc, kalsium, potasium, dan fruktosa.

Mengutip laman halodoc.com pada Minggu (29/5/2022), tak hanya itu, studi dari Institute of Biology and Geology Universitas Tromsø, Norwegia, pun mengatakan ada kandungan antioksidan bernama spermine dalam setiap tetes cairan sperma.  Namun demikian, penggunaan air mani untuk perawatan wajah ternyata sama sekali tidak dianjurkan.

Baca Juga: Mengeluarkan Sperma di Luar Rahim Untuk Menunda Kehamilan, Bolehkah?

Kenapa? Hal ini lantaran meski memiliki kandungan nutrisi, tapi cairan sperma juga memiliki kandungan enzim, asam, dan lipid. Kombinasi kandungan dalam cairan sperma disebut berpotensi menyebabkan iritasi jika diaplikasikan ke kulit, apalagi jika didiamkan dalam waktu yang lama.

Mungkin sudah ada beberapa orang yang mencobanya dan menyebut cairan ini bisa membantu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati. Namun perlu diingat, tetap ada efek samping lain yang perlu diwaspadai, karena bisa berujung pada masalah kulit.

Mengoleskan cairan sperma yang memiliki zat basa disebut dapat mengganggu pelindung kulit. Alhasil, kulit menjadi lebih rentan mengalami infeksi. Tanpa pelindung, kulit juga rentan terhadap zat pengoksidasi yang membuat kulit lebih cepat menua, karena kerusakan kolagen dan elastin.

Baca Juga: Geger Teror Sperma, Mahasiswa Onani & Crot di Motor Korban

Zat yang terkandung dalam sperma, seperti zinc dan copper, memang bermanfaat untuk kulit. Hanya, kedua zat itu cuman ada sedikit dalam sperma. Artinya, manfaat yang diberikan pun akan sangat sedikit jika mengoleskan cairan tersebut.

Nah, penjelasan tersebut sudah menjawab pertanyaan benarkah sperma bisa menyembuhkan jerawat bukan? Jika kamu ingin menghilangkan jerawat dengan cara alami dan lebih aman untuk menghilangkan jerawat, ada sejumlah bahan alami yang aman digunakan.

Tips kecantikan bagi wanita untuk menghilangkan jerawat secara alami bisa dimulai dengan cara mencuci atau membersihkan area yang terkena jerawat dengan pembersih alami. Rutinlah membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari dengan sabun lembut dan air hangat.

Baca Juga:  Gawat! Kurang Tidur pada Pria Pengaruhi Kualitas Sperma

Kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami seperti mentimun untuk menghilangkan jerawat. Warna merah dan peradangan yang diakibatkan oleh jerawat dapat diringankan dengan mentimun. Hal itu karena mentimun memiliki kemampuan mendinginkan kulit. Putih telur dan madu pun sering dijadikan ramuan alami untuk mengatasi jerawat.

Selain dengan perawatan kulit, mengatasi kulit berjerawat juga harus dilengkapi dengan menerapkan pola hidup sehat. Pastikanlah untuk selalu beristirahat dengan cukup, mengonsumsi asupan bernutrisi dan seimbang, menghindari stres, serta menghindari paparan polutan yang berlebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya