Benarkah Sperma Bisa Menyembuhkan Jerawat? Ini Penjelasannya

Tapi benarkah benarkah sperma bisa menyembuhkan jerawat?

 Ilustrasi sperma. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sperma. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ada pendapat mengatakan sperma bisa menyembuhkan jerawat, benarkah pendapat tersebut? Apakah hal ini termasuk mitos atau fakta? Simak ulasannya di tips kecantikan kali ini.

Memiliki kulit wajah yang bersih merupakan impian sebagian besar orang. Karena itulah, banyak orang yang rela melakukan dan mencoba berbagai cara untuk menghilangkan jerawat, termasuk mengoleskan cairan air mani.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Tapi benarkah benarkah sperma bisa menyembuhkan jerawat? Sebelum termakan informasi yang belum terbukti kebenarannya, simak penjelasan ini terlebih dulu ya!

Baca Juga: Benarkah Minum Air Mani Bisa Bantu Wanita Cepat Hamil?

Mitos itu berasal dari keyakinan sejumlah orang yang percaya bahwa kandungan dalam cairan air mani bisa membantu mengatasi masalah kulit termasuk jerawat. Sperma memang diketahui memiliki kandungan nutrisi, seperti protein, magnesium, zinc, kalsium, potasium, dan fruktosa.

Mengutip laman halodoc.com pada Minggu (29/5/2022), tak hanya itu, studi dari Institute of Biology and Geology Universitas Tromsø, Norwegia, pun mengatakan ada kandungan antioksidan bernama spermine dalam setiap tetes cairan sperma.  Namun demikian, penggunaan air mani untuk perawatan wajah ternyata sama sekali tidak dianjurkan.

Baca Juga: Mengeluarkan Sperma di Luar Rahim Untuk Menunda Kehamilan, Bolehkah?

Kenapa? Hal ini lantaran meski memiliki kandungan nutrisi, tapi cairan sperma juga memiliki kandungan enzim, asam, dan lipid. Kombinasi kandungan dalam cairan sperma disebut berpotensi menyebabkan iritasi jika diaplikasikan ke kulit, apalagi jika didiamkan dalam waktu yang lama.

Mungkin sudah ada beberapa orang yang mencobanya dan menyebut cairan ini bisa membantu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati. Namun perlu diingat, tetap ada efek samping lain yang perlu diwaspadai, karena bisa berujung pada masalah kulit.

Mengoleskan cairan sperma yang memiliki zat basa disebut dapat mengganggu pelindung kulit. Alhasil, kulit menjadi lebih rentan mengalami infeksi. Tanpa pelindung, kulit juga rentan terhadap zat pengoksidasi yang membuat kulit lebih cepat menua, karena kerusakan kolagen dan elastin.

Baca Juga: Geger Teror Sperma, Mahasiswa Onani & Crot di Motor Korban

Zat yang terkandung dalam sperma, seperti zinc dan copper, memang bermanfaat untuk kulit. Hanya, kedua zat itu cuman ada sedikit dalam sperma. Artinya, manfaat yang diberikan pun akan sangat sedikit jika mengoleskan cairan tersebut.

Nah, penjelasan tersebut sudah menjawab pertanyaan benarkah sperma bisa menyembuhkan jerawat bukan? Jika kamu ingin menghilangkan jerawat dengan cara alami dan lebih aman untuk menghilangkan jerawat, ada sejumlah bahan alami yang aman digunakan.

Tips kecantikan bagi wanita untuk menghilangkan jerawat secara alami bisa dimulai dengan cara mencuci atau membersihkan area yang terkena jerawat dengan pembersih alami. Rutinlah membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari dengan sabun lembut dan air hangat.

Baca Juga:  Gawat! Kurang Tidur pada Pria Pengaruhi Kualitas Sperma

Kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami seperti mentimun untuk menghilangkan jerawat. Warna merah dan peradangan yang diakibatkan oleh jerawat dapat diringankan dengan mentimun. Hal itu karena mentimun memiliki kemampuan mendinginkan kulit. Putih telur dan madu pun sering dijadikan ramuan alami untuk mengatasi jerawat.

Selain dengan perawatan kulit, mengatasi kulit berjerawat juga harus dilengkapi dengan menerapkan pola hidup sehat. Pastikanlah untuk selalu beristirahat dengan cukup, mengonsumsi asupan bernutrisi dan seimbang, menghindari stres, serta menghindari paparan polutan yang berlebih.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Embun Upas Dieng, Cantik Tapi Mematikan

+ PLUS Embun Upas Dieng, Cantik Tapi Mematikan

Fenomena embun beku atau dikenal dengan sebutan embun upas mulai muncul di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, yang dikenal cantik tapi mematikan.

Berita Terkini

Bolehkah Puasa Tarwiyah dan Arafah Sekalian Bayar Utang Ramadan?

Salah satu amalan ibadah yang sangat dianjurkan adalah puasa Tarwiyah jatuh pada 8 Dzulhijjah, dan puasa Arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Kapan Mulai Puasa Dzulhijjah? Ini Panduannya

Untuk menjawab pertanyaan kapan mulai puasa Dzulhijjah, berikut ini panduannya.

Kenapa Banyak Orang Menikah di Bulan Dzulhijjah?

Meskipun untuk waktu pelaksanaan pernikahan tidak ada waktu khusus, kenapa banyak orang menikah di Bulan Dzulhijjah?

Begini Hukum Pernikahan Beda Agama Menurut Syariat Islam

Berikut ini pembahasan hukum pernikahan beda agama baik secara syariat Islam maupun negara.

Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Ajukan Pinjaman Online agar Lekas Disetujui

Bagi Anda yang ingin mengetahui tips untuk mempercepat proses verifikasi dan persetujuan pengajuan pinjaman online atau pinjol, simak penjelasan berikut ini.

Cerpen Pembuktian

Aku yakin Djenar pasti jeli membaca cerpenku, dan akan memberikan banyak catatan. Padahal, sejujurnya niatku mengajaknya bertemu bukan untuk keperluan itu.

Cek Arti Mimpi Tenggelam, Benarkah Pertanda Buruk?

Mimpi tenggelam tentu bikin jantung berdebar-debar dan bertanya-tanya apa artinya ya?

Sangat Dianjurkan, Ini Keutamaan Puasa Senin dan Kamis

Banyak amalan yang dapat dilakukan umat Islam untuk menambah pahala. Salah satunya adalah dengan menjalankan puasa Senin-Kamis.

Arti Mimpi Mendapatkan Uang, Pertanda bakal Dapat Rezeki Nomplok?

Mimpi mendapatkan uang tentu bikin bahagia karena bunga tidur itu sering diartikan sebagai pertanda baik, benarkah demikian?

Cerpen Kisah Cinta Lelaki Gandrung

Kata orang-orang, bapakku miskin dan buruk rupa. Mereka bingung mengapa Ibu memilih Bapak, bukannya menjadi istri keempat Pak Warta yang kaya raya.

Apakah Cacar Monyet Berbahaya? Ini Penjelasannya

WHO mencatat hingga Jumat (24/6/2022) ada 70 kematian di Afrika Tengah, apakah virus ini berbahaya bagi manusia?

Mengintip Layanan & Fasilitas Cardiac Center RS Columbia Asia Semarang

Cardiac Center RS Columbia Asia Semarang memiliki layanan untuk penyakit jantung yang lengkap dan fasilitas cathlab standar internasional.

Kenapa Alkohol Bekonang Dinamakan Ciu? Ternyata dari Bahasa China

Tahukah Anda nama ciu yang merupakan alkohol khas dari Bekonang, Sukoharjo dinamai dengan kata dari bahasa Mandarin.

Kasus Cacar Monyet Meluas, Apakah Indonesia Termasuk?

Kasus cacar monyet telah ditemukan di sejumlah negara, bagaimana halnya dengan di Indonesia?

Marshanda Mengalami Manic Episode, Kenali Gejalanya

Kenali gejala manic episode seperti dialami Marshanda saat dikabarkan hilang di Amerika Serikat.

Prosedur Pencarian Orang Hilang di Luar Negeri Seperti Kasus Marshanda

Bila mengalami kejadian serupa Marshanda, bagaimana prosedur pencarian orang hilang di luar negeri?