Belum Sebulan, 84,5% Anak Solo Usia 6-11 Tahun Sudah Divaksin Covid-19

Pemkot Solo mencatat 84,5% dari total 57.000 anak sudah divaksin Covid-19 sejak program diluncurkan pada 21 Desember 2021 hingga Jumat (14/1/2022).

 Sukarelawan memakai kostum superhero superman saat menemani siswa berusia 6-11 tahun yang mengikuti vaksinasi Covid-19 di SD Negeri Kleco I dan II, Solo, Selasa (21/12/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Sukarelawan memakai kostum superhero superman saat menemani siswa berusia 6-11 tahun yang mengikuti vaksinasi Covid-19 di SD Negeri Kleco I dan II, Solo, Selasa (21/12/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Jumlah anak usia 6-11 tahun di Kota Solo yang sudah divaksin Covid-19 hingga Jumat (14/1/2022) sudah mencapai 84,5 persen dan total sasaran sebanyak 57.000 anak. Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terus menggenjot vaksinasi tersebut agar selesai pada Februari mendatang.

PromosiDesain dan Konsep IKN Nusantara Sepenuhnya Kota Masa Depan

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, kepada wartawan di Loji Gandrung, Jumat, mengatakan capaian vaksinasi anak yang dimulai pada 21 Desember 2021 atau kurang dari sebulan lalu itu sudah mencapai 84,5 persen. “Ini jalan terus, sudah 84,5 persen,” ujarnya.

Gibran mengatakan vaksinasi anak usia enam hingga 11 tahun ditargetkan selesai dua dosis pada akhir Februari 2022. Menurutnya, rentang waktu pemberian vaksin dosis pertama dengan dosis kedua lebih aman empat pekan.

Baca Juga: Semangati Anak-Anak Ikut Vaksinasi, Gibran Gandeng Pemain Persis Solo

“Empat pekan [jarak vaksin dosis pertama ke kedua] lebih aman enggo cah cilik-cilik iki,” katanya. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut meminta seluruh warga dan anak Kota Solo untuk tenang menunggu giliran divaksin Covid-19.

Bulan imunisasi anak sekolah (BIAS) yang bersamaan vaksinasi Covid-19 untuk anak diakui Gibran sedikit banyak membuat vaksinasi Covid-19 menjadi lama. “Ini yang bikin lama karena BIAS. Karena harus ada jarak waktu,” katanya.

Baca Juga: DKK Solo: Waspadai Dampak Psikis Anak yang Ketakutan saat Divaksin

Semua Anak Dapat Vaksin

Ia berjanji akan memberikan vaksin kepada semua anak-anak di Solo. “Ditunggu saja pasti semua dapat [vaksin anak], pasti semua divaksin. Tenang aja, termasuk vaksin booster, tak golekke vaksine,” sambung Gibran.

Namun ia mengakui belum ada tambahan vaksin sejauh ini. Gibran tak memungkiri saat ini program vaksinasi mengandalkan stok dari pemerintah pusat. “Belum. Nanti, nanti. Nanti saya tak koordinasi dengan beberapa menteri,” terangnya.

Baca Juga: Hari Pertama, 4.832 Pelajar Solo Usia 6-11 Divaksin Covid-19

Kendati belum ada tambahan persediaan vaksin, Gibran meminta masyarakat untuk tetap tenang. “Santai. Nanti semua divaksin,” tegasnya. Terpisah, anggota Komisi IV DPRD Solo, Asih Sunjoto Putro, mendukung vaksinasi anak-anak.

Ia berharap vaksinasi tersebut segera selesai untuk memberikan kekebalan terhadap anak-anak menghadapi pembelajaran tatap muka (PTM). Apalagi saat ini varian Omicron Covid-19 belakangan sudah masuk ke Indonesia.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Ada Pemeliharaan Jaringan, Cek Pemadaman Listrik Wonogiri Hari ini

Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Wonogiri, Jawa Tengah, pada hari ini, Sabtu, 29 Januari 2022.

Damkar Sukoharjo Gandeng Semua Perusahaan Punya Hidran Jadi Mitra

Sekitar 20 perusahaan yang berdiri di Sukoharjo saat ini sudah menandatangani MoU dengan Damkar Sukoharjo dalam hal penanganan kebakaran.

Sensasi Makan Pentol Bakar 1 Meter di Sriwedari Solo, Pedasnya Nampol!

Seorang pedagang kuliner di selter barat Pengadilan Negeri Solo membuat inovasi unik yakni pentol bakar sepanjang 1 meter yang tidak hanya enak tapi juga mengenyangkan.

Dihapus pada 2023, Ini Jumlah Pegawai Honorer Pemkot Solo

Pegawai honorer atau tenaga kontrak dengan perjanjian kerja (TKPK) di Kota Solo masih sangat dibutuhkan untuk memenuhi kekurangan jumlah PNS.

Puluhan Pegawai KAI Daop 6 Yogyakarta Jalani Tes Deteksi Narkoba

Puluhan pegawai PT KAI Daop 6 Yogyakarta dari jajaran masinis hingga top management menjalani tes urine deteksi narkoba.

Jalan TMMD Bisa Pangkas Jarak di Sendangmulyo Wonogiri 8,5 Kilometer

TMMD akan membangun jalan baru berstruktur makadam yang menghubungkan Dusun Kraguman dengan Dusun Sendang.

PTM Terbatas 100 Persen Klaten Dievaluasi

Pemkab Klaten masih mengevaluasi kembali kegiatan PTM terbatas dengan mempertimbangkan perkembangan kasus Covid-19.

Kasus Covid-19 Meningkat, Klaten Kembali Perketat Pendatang

Kasus Covid-19 Klaten meningkat berawal dari para perantau yang berdatangan ke Klaten.

Ada Penyelundupan Narkoba, Tes Urine Warga Binaan Rutan Solo Negatif

Hasil tes urine secara acak terhadap 15 penghuni sel narkoba di Rutan Solo diketahui negatif. Tes urine ini menindaklanjuti penyelundupan jeruk berisi benda diduga sabu-sabu.

Peduli, Polres Klaten Bedah Rumah Warga di Karanganom

Kegiatan bedah rumah itu dilakukan bersama Kodim Klaten, Pemerintah Desa (Pemdes) Kunden, sukarelawan, dan elemen warga lainnya di Karanganom dan sekitarnya.

Pemkot Solo Siapkan 3 Lokasi Darurat bagi Pedagang Pasar Mebel Gilingan

Selama pembangunan sentra IKM, sebanyak 85 pedaagang Pasar Mebel Gilingan, Banjarsari, Solo, akan dipindahkan sementara ke pasar darurat di tiga lokasi.

Keren, Desa Pondok Klaten Ubah TPS Liar Jadi Taman-Fasilitas Olahraga

Pembangunan kawasan taman sekaligus fasilitas olahraga di lahan tanah kas desa seluas kurang lebih 5.000 meter persegi itu menjadi bagian penataan wajah desa di Pondok.

Penyelundupan Barang ke Rutan Solo Masih Terjadi, Terus Apa Solusinya?

Penyelundupan barang-barang terlarang ke dalam Rutan Solo masih saja terjadi meski pengamanan dan pemeriksaan sudah sangat ketat.

Menyusut 6.391 Ton, Alokasi Pupuk Subsidi NPK di Wonogiri 34,43 Persen

Alokasi awal pupuk bersubsidi jenis NPK Phonska sebesar 17.752 ton atau 34,43 persen dari rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK).

DPRD Karanganyar Minta Pemerintah Beri Solusi Bagi Tenaga Honorer

Wakil Ketua DPRD Karanganyar meminta pemerintah tidak serta merta menghapus tenaga honorer tanpa memberi solusi bagaimana nasib masa depan mereka.