Beli Minyak Goreng Curah Pakai PeduliLindungi, Bakul Boyolali: Ribet!

Pembelian minyak goreng curah di Boyolali belum menggunakan aplikasi PeduliLindungi per Selasa (28/6/2022), tetapi pedagang menyebut kebijakan tersebut lebih ribet dibandingkan memakai KTP.

 Pedagang di Pasar Boyolali, Mulyati, 50, mewadahi minyak goreng curah kemasan satu kilogram di lapaknya, Selasa (28/6/2022). Ia berpendapat penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk pembelian minyak goreng curah lebih ribet dibandingkan KTP. (Solopos/Ni’matul Faizah)

SOLOPOS.COM - Pedagang di Pasar Boyolali, Mulyati, 50, mewadahi minyak goreng curah kemasan satu kilogram di lapaknya, Selasa (28/6/2022). Ia berpendapat penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk pembelian minyak goreng curah lebih ribet dibandingkan KTP. (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Pembelian minyak goreng curah di Boyolali, Jawa Tengah belum menggunakan aplikasi PeduliLindungi per Selasa (28/6/2022).

Pedagang minyak goreng curah mengaku masih kulakan memakai Kartu Tanda Penduduk (KTP). Para pedagang di Pasar Boyolali menyebut kebijakan pembelian minyak goreng curah dengan aplikasi PeduliLindungi lebih ribet dibandingkan memakai KTP.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Salah satu pedagang, Mulyati, 50, mengungkapkan kebijakan tersebut tidak masalah jika pembelinya adalah anak muda yang melek teknologi. Namun, menjadi masalah apabila pembelinya adalah pedagang lanjut usia.

“Sekarang kan masih pakai fotokopi KTP, lebih efisien pakai KTP. Tapi kalau jujur, ditanya ya enakan dulu. Beli tidak pakai apa-apa. Soalnya, fotokopi KTP juga pakai biaya. Itu mengurangi keuntungan pembelian,” jelas dia saat berbincang dengan Solopos.com di lapaknya, Selasa.

Harga minyak goreng curah di lapaknya, Rp16.000 per kilogram. Harga tersebut, lanjut Mulyati, lebih murah dibanding harga jual sebelumnya mencapai Rp19.000 per kilogram.

Baca Juga : Beli Minyak Goreng Via PeduliLindungi, Ikappi: Menyusahkan Masyarakat

Untuk harga kulakan, ia mendapatkan harga Rp14.500 per kilogram. Ia juga mengatakan stok minyak goreng curah di lapaknya aman.

“Sekarang ini pembeli lebih memilih minyak goreng curah karena harganya lebih murah. Untuk minyak goreng kemasan di tempat saya harganya Rp23.000 per liter. Kan jauh dibanding harga minyak goreng curah,” kata dia.

Pedagang lain di Pasar Boyolali Kota, Rini, 47, mengaku sudah tahu tentang kebijakan penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk membeli minyak goreng curah. Akan tetapi, ia mengaku masih menggunakan fotokopi KTP untuk kulakan dari distributor.

“Lumayan ribet ya kalau pakai aplikasi PeduliLindungi. Sudah terlanjur nyaman pakai KTP. Sebenarnya penggunaannya enggak susah banget, tinggal [buka] aplikasi terus di-scan. Tapi kadang login aplikasi kan lama. Takut antre juga kalau login-nya lama,” ungkap dia.

Baca Juga : Polisi Gerebek Produksi Minyak Goreng Kemasan Ilegal di Tangerang

Saat disinggung mengenai harga minyak goreng curah di lapaknya, Rini menjual minyak goreng curah Rp16.000 per kilogram. Ia mengaku kulakan dengan harga Rp14.500 per kilogram. Rini menjual minyak goreng kemasan Rp25.000 per liter.

Lebih lanjut, ia berharap kebijakan penggunaan aplikasi PeduliLindungi ditinjau ulang. “Semisal bisa pakai KTP kenapa enggak KTP saja? Kan pedagang juga sudah terbiasa,” ujar dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Ada Pemeliharaan, Cek Pemadaman Listrik Boyolali Hari Ini (11/8/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Boyolali, Jawa Tengah, pada hari ini, Kamis, 11 Agustus 2022.

      Puting Beliung Terjang Jatipurno Wonogiri, 1 Rumah Rusak

      Puting beliung di Jatipurno, Wonogiri mengakibatkan satu rumah dan jaringan listrik mengalami kerusakan.

      Pemeran Prasejarah Terbesar akan Digelar di De Tjolomadoe, Karanganyar

      Pameran prasejarah terbssar di dunia akan bekerja sama dengan Museum Geologi.

      Bocah 4,5 Tahun Asal Sragen Meninggal, Diduga Tersetrum

      Seusai bermain air, seorang bocah berusia 4,5 tahun menginjak kabel yang teraliri listrik dan meninggal diduga tersetrum.

      Saldo Rp33,65 Juta Milik Nasabah BRI Wonogiri Raib, Ini Kronologinya 

      Seusai mendaftarkan diri di BRI Mo, saldo nasabah BRI di Wonogiri tiba-tiba hilang tanpa ada transaksi yang dilakukan nasabah.

      Jalan Giriwoyo-Giritontro Minim PJU, Dishub Wonogiri: Kewenangan Pusat

      Dishub Wonogiri tak memiliki kewenangan dalam menangani penerangan jalan umum di ruas jalan Giriwoyo-Giritontro.

      Bundaran Gladag-Tugu Jam Pasar Gede Solo Dihias Lampu Wuku, Ada Apa Ya?

      Sepanjang Jl Jenderal Sudirman dari Bundaran Gladag hingga Tugu Jam Pasar Gede Solo hingga sebulan ke depan akan dihiasi dengan lampu Wuku.

      Pembebasan Lahan Underpass Joglo, Sejumlah Aset Pemkot Solo Ikut Kena

      Sejumlah bangunan dan aset milik Pemkot Solo bakal ikut terkena pembebasan lahan untuk pembangunan underpass di Simpang Joglo, Banjarsari.

      MPKU Muhammadiyah Berkomitmen Akselerasi Kesehatan Umat

      Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah berkomitmen mengakselerasi kesehatan umat.

      Cuaca Boyolali Kamis 11 Agustus Ini: Berawan Pagi, Gerimis Sore Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Kamis (11/8/2022), tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Kamis 11 Agustus, Stabil Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca dari BMKG untuk Kota Solo pada hari ini, Kamis (11/8/2022), stabil berawan sepanjang hari.

      Simpang Joglo Solo Ditutup 1 Jam, Pengguna Jalan Pilih Jalur Alternatif

      Warga yang kerap melewati Simpang Joglo, Solo, memilih jalur alternatif saat penutupan simpang tersebut untuk switch over jalur KA selama satu jam, Rabu (10/8/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Berawan Pagi-Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Perbaikan Viaduk Gilingan Solo Bikin Warga Kampung Khawatir, Kenapa?

      Rencana buka tutup hingga penutupan total viaduk Gilingan di Jl A Yani, Banjarsari, Solo, membuat warga kampung di sekitar khawatir.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 11 Agustus 2022, Full Berawan

      Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Kamis (10/82022) akan full berawan dari pagi sampai malam.