Solopos.com, Boyolali — Banyuanyar, Ampel, Boyolali di kaki Gunung Merbabu telah dikenal menjadi desa wisata kopi. Di wilayah tersebut banyak terdapat tanaman kopi yang dikemas dalam rangka untuk merintis desa wisata edukasi Kampus Kopi.

PromosiEnjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Pengelola membuat wisata keliling kebun kopi dan menyeduh kopi. Wisata tersebut coffee trails, yakni wisatawan diajak berjalan kaki lewat jalur kopi dari rumah kopi yang ada Dukuh Ngemplak, Banyuanyar sambil melihat kebun kopi yang ada di kanan kiri jalan. Kemudian meeting poin di kebun kopi untuk menyeduh kopi.

 

Wisatawan mencoba meracik kopi di kebun kopi kaki Gunung Merbabu, Banyuanyar, Ampel, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (11/2/2022). (/Aloysius Jarot Nugroho)

Baca Juga: Kemuning Era Mangkunagoro IV: Pernah Jadi Sentra Kebun Kopi Soloraya

Selain memperkenalkan berbagai jenis kopi yang tumbuh di daerah tersebut, wisatawan juga disuguhkan racikan kopi di kebun dengan menikmati suasana udara segar kaki Gunung Merbabu.

 

Wisatawan melihat tanaman kopi di kebun kopi kaki Gunung Merbabu, Banyuanyar, Ampel, Boyolali, (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

 

Wisatawan melihat biji kopi hasil kebun kopi kaki Gunung Merbabu, Banyuanyar, Ampel, Boyolali, (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi