Begini Cara Mengatasi Mata Pelajaran yang Dibenci

Ketahui cara mengatasi pelajaran yang dibenci supaya kalian tetap semangat belajar.

 Ilustrasi pelajar bosan. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelajar bosan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO–Ketahui cara mengatasi mata pelajaran yang dibenci supaya kalian tetap semangat belajar di sekolah. Hal itu terjadi entah itu karena kalian sulit memahami materinya atau bahkan karena faktor guru yang kurang disukai karena galak. Agar tidak bosan dan malas, simak ulasannya di tips belajar kali ini.

Jika kalian benci terhadap pelajaran tertentu bisa membuat kalian malas bersekolah, sulit belajar, sulit memahami materi, bahkan akan sulit mengerjakan ujian pada mata pelajaran itu. Ketika pelajaran yang kalian benci dimualipun mungkin akan membuat kalian cepat merasa bosan pada mata pelajaran itu. Tapi jangan sampai kalian terus membenci pelajaran itu karena semua ilmu akan berguna untuk masa depan kalian ataupun orang lain.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Mulai dari sekarang cobalah untuk mengatasi pelajaran yang kalian benci dengan cara seperti dikutip dari lp3i.ac.id pada Selasa (4/10/2022) berikut ini:

1. Mencoba Variasi Metode Belajar

Cobalah untuk membuat variasi metode belajar. Jika kalian setiap hari belajar hanya dengan catatan dari apa yang disampaikan oleh guru saja, cobalah untuk belajar dengan metode lain. Kalian bisa memvariasi metode belajar dengan metode mind mapping, video pembelajaran, metode belajar diskusi, atau metode lainnya.

Baca Juga: Tips Efektif Mencatat Pelajaran bagi Anak Sekolah

Dengan mencoba variasi metode belajar yang beragam akan membuat belajar tidak membosan, tidak monoton, dan bahkan mungkin kalian bisa menemukan metode apa saja yang cocok untuk belajar kalian.

2. Berusaha untuk Menyukai Guru Mata Pelajaran Tersebut

Cara yang kedua adalah berusaha untuk menyukai guru yang mengajar mata pelajaran yang kalian benci tadi. Ini merupakan langkah kecil untuk mengatasi pelajaran yang kalian benci. Apabila cara ini masih sulit untuk dilakukan, kalian bisa mulai dengan cara menghilangkan prasangka-prasangka buruk terhadap guru tersebut, lalu ambilah sisi positif saat guru tersebut sedang mengajar.

Baca Juga: Cara Cepat Menguasai Materi Presentasi bagi Siswa

3. Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Terhadap Pelajaran yang Dibenci

Cara yang ketiga adalah dengan meningkatkan rasa ingin tahu kalian akan mata pelajaran yang kalian benci tadi. Kalian harus menumbuhkan rasa penasaran terhadap suatu hal dan keinginan untuk mencoba hal baru. Meski awalnya sulit, tapi dengan menanamkan rasa ingin tahu akan membuat kalian bisa mengatasi pelajaran yang kalian benci tadi. Tidak usah terburu-buru tapi teruslah mencoba secara perlahan agar rasa ingin tahu itu terus tumbuh.

4. Nikmati Proses dalam Setiap Pembelajaran

Cara berikutnya mengatasi pelajaran yang dibenci adalah dengan menikmati proses dalam setiap pembelajaran. Mungkin kalian sedang tertekan dengan situasi yang membuat tidak nyaman dalam belajar, tapi kalian harus ingat untuk tidak menyerah dalam belajar. Perlahan tapi pasti nikmatilah proses belajar kalian dan jangan terlalu fokus dengan hasil akhir.

Baca Juga: Begini Cara Tampil Percaya Diri saat Presentasi di Kelas

5. Mencari Guru Privat atau Tutor

Cara yang terakhir adalah dengan mencari guru privat atau tutor untuk membantu kaluan belajar. Mungkin kalian bosan dengan cara penyampaian pembelajaran dari guru di sekolah yang membuat kalian menjadi malas belajar. Banyak guru privat atau tutor yang memiliki cara untuk belajar materi tertentu dan cara mereka mungkin berbeda dengan guru di sekolah. Hal ini akan membuat kalian bisa mengatasi pelajaran yang benci.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Cetak Talenta Digital Sukoharjo, SMK Mutuharjo Ikuti SMK Digital Bootcamp 2022

      Dalam rangka meningkatkan inovasi dan digitalisasi pembelajaran bagi guru serta mempersiapkan peserta didik SMK untuk menjadi founder start up dan talenta digital di masa depan, Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan dan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi mengadakan kegiatan SMK Digital Bootcamp 2022 yang berlangsung di Bali, pada 6-9 Desember 2022.

      Latih Kemandirian Anak-Anak, KB-TKIT Azzahra Sragen Gelar Mabit

      Sebanyak 110 siswa TK B TKIT Azzahra Sragen mengikuti kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit) di kampus 1 Sragen.

      Jadi Tujuan Studi Tiru SMK di Indonesia, Ini Keunggulan SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo

      Dalam dua pekan terakhir dibulan November, SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo (Mutuharjo) mendapat kunjungan studi tiru dari berbagai sekolah dalam kota dan luar kota di Indonesia.

      8 Pengurus Baru Yayasan Nur Hidayah Dilantik, Target Raih Sertifikat ISO 9001

      Pengurus yang baru dapat membantu program Yayasan Nur Hidayah dalam pengembangan unit sekolah sampai inisiasi perguruan tinggi.

      Tips Mengajari Keselamatan Diri bagi Anak Sekolah

      Berikut ini tips mengajari anak sekolah keselamatan diri.

      Meriahkan Hari Guru Nasional, SMP Batik Surakarta Lepas 36 Balon Harapan

      Memperingati Hari Guru Nasional ke-77, siswa dan orang tua/wali SMP Batik Surakarta menerbangkan 36 balon harapan.

      Tips Cegah Bau Badan bagi Pelajar

      Memiliki bau badan menyengat tentu bakal mengganggu teman-teman di kelas, karena itu pelajar perlu tahu tips mencegahnya.

      Azzahra Fun Festival di Sragen, Dorong Perkembangan Anak Usia Dini Lewat Lomba

      KB-TK Islam Terpadu Azzahra Sragen menggelar Azzahra Fun Festival (AFF), di sekolah setempat, Sabtu (19/11/2022).

      Hari Guru Nasional 2022, Begini Cara Menghormati Guru

      Berikut ini sejumlah cara untuk menghormati dan menghargai jasa para guru.

      Diserbu Peserta dari Jateng-DIY, SMK Mutuharjo Gelar Tes Wawancara Magang Jepang

      SMK Mutuharjo menfasilitasi bagi alumni maupun nonalumni yang ingin bekerja ke Jepang didukung  dengan  relasi LPK di perusahaan-perusahaan besar Jepang.

      Pantik Jiwa Kepemimpinan, OSIS dan Dewan Ambalan Al Azhar IIBS Ikuti LDKO

      Al Azhar IIBS kemudian menggelar LDKO sebagai upaya untuk melatih kemampuan siswa dalam hal berorganisasi dan kepemimpinan.

      Sepekan di Jepang, Intip Kegiatan Seru SMA Assalaam Sukoharjo di Negeri Sakura

      Sepekan berada di Jepang, intip yuk keseruan kegiatan siswa SMA Assalaam Sukoharjo selama berada di Negeri Sakura.

      Keseruan Siswa SMP Batik Solo Ikuti Gerakan Cinta Museum

      Siswa kelas VII E SMP Batik Solo menjadi salah satu peserta Gerakan Cinta Museum yang diselenggarakan oleh Museum Keris Nusantara.

      Raup 59% Suara, Nadya Surya Callista Terpilih Jadi Ketua OSIS SMA Batik 1 Solo

      Berdasarkan hasil pemungutan suara akhirnya terpilihlah Nadya Surya Callista sebagai Ketua OSIS SMA Batik 1 Solo periode 2022-2023 dengan total suara 59,2%.

      Tips Agar Tidak Terlambat Datang ke Sekolah

      Berikut ini sejumlah tips agar kalian tidak terlambat ke sekolah.

      Manasik Haji SMA Batik 1 Surakarta 2022

      SMA Batik 1 Surakarta melaksanakan outing class yaitu manasik haji pada Jumat (11/11/2022) dan diikuti seluruh siswa kelas X didampingi wali kelas beserta guru yang menjadi muthawif.