Begini Cara Tampil Percaya Diri saat Presentasi di Kelas

Ada sejumlah cara yang bisa kamu praktikkan agar tampil penuh percaya diri saat presentasi di depan kelas.

 Ilustrasi presentasi di depan kelas. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi presentasi di depan kelas. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO–Agar tidak gugup, kuasai cara tampil penuh rasa percaya diri saat presentasi di depan kelas. Wajar bila siswa di sekolah merasa gugup dan tegang saat melakukan kegiatan ini, terlebih jika ini merupakan hal pertama. Simak ulasannya di tips belajar kali ini.

Menyampaikan hasil diskusi kelompok atau ide kepada teman sekelas memang membutuhkan banyak keberanian supaya tidak gugup. Rasa malu, gugup, hingga nervous bisa dirasakan saat membawakan hasil diskusi kelompok atau menyampaikan ide-ide di depan kelas, termasuk di depan guru.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Nah agar kamu sukses melakukan presentasi dan tampil penuh percaya diri, sebaiknya kuasa cara mudah berikut ini seperti dikutip dari presentasi.net pada Selasa (27/9/20220:

Baca Juga: Cerita Yayasan Pendidikan di Boyolali 33 Tahun Mengurusi Difabel hingga Mandiri

1. Berpikir Positif

Cara yang pertama adalah tetap berpikir positif dan menyingkirkan pikiran negative yang membuat kita gugup. Sebelum presentasi terkadang kita merasa khawatir tentang bagaimana pandangan teman-teman bahkan guru di kelas terhadap kita yang sedang prsentasi. Apakah poin-poin penting dalam presentasi akan tersampaikan dengan benar? atau Apakah merka akan menertawakan kita ketika melakukan kesalahan?

Sebisa mungkin singkirkan pikiran negative seperti itu karena akan menghambat kita untuk percaya diri saat presentasi di kelas. Kekhawatiran itu muncul karena pikiran kita sendiri, oleh karena itu lebih baik kita berpikir bahwa presentasi kita akan membuat kagum tema-teman sekelas sehingga kita mendapat apresiasi.

2. Berdoa

Sebelum melakukan presentasi, sebaiknya kita selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mungkin kalian telah menyiapkan materi yang akan di presentasikan dengan matang, akan tetapi taka da artinya jika kita tidak mendapat izin-Nya.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah

Berdoalah meminta kelancaran ketika presentasi, sehingga hal ini dapat membuat kita mengurangi rasa khawatir dan menenangkan perasaan kita ketika akan presentasi di depan kelas. Jika sudah berdoa, meminta kelancaran dan pertolongan ketika akan presentasi tak akan ada alasan untuk kalian tidak percaya diri.

3. Sikap Tubuh

Cara tampil penuh percaya diri saat presentasi adalah sikap tubuh. Penting sekali mengontrol sikap tubuh kita karena sikap tubuh menggambarkan siapa diri kita. Sikap tubuh yang baik akan membantu kalian tampil lebih percaya diri ketika presentasi, seperti berdiri tegak namun tetap santai dan juga menggunakan gerakan tangan untuk membuat lebih percaya diri. Sebaliknya jika sikap tubuh tidak baik akan menciptakan rasa negatif dan tidak percaya diri yang akan membuat kalian sulit presentasi di kelas.

4. Santai

Ketika akan presentasi, pasti kita akan berdebar dan merasa gugup karena akan tampil di depan banyak orang. Ketika gugup, kita akan bernafas dengan cepat dan membuat jantung berdegup lebih kencang dari biasanya dan membuat. Kondisi seperti ini akan membuat kalian tidak percaya diri dan merasa khawatir apakah presentasi dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Tips Efektif Mencatat Pelajaran bagi Anak Sekolah

Untuk mengatasi kondisi ini, kalian cobalah untuk lebih santai dengan cara pejamkan mata dan tarik nafas dalam-dalam secara perlahan, tahan sejenak, lalu lepas secara perlahan. Lalukan cara ini secara berulang hingga kalian dapat merasakan oksigen mengalir ke seluruh tubuh. Hal ini akan membuat kalian lebih segar dan lebih tenang, sehingga kepercayaan diri dapat meningkat.

5. Kuasai Bahan

Cara berikutnya agar bisa tampil penuh rasa percaya diri saat presentasi adalah kuasailah bahan. Sebelum melakukan presentasi, sebaiknya siapkan dan pelajarilah semua bahan yang hendak kamu presentasikan. Tidak ada salahnya juga mempelajari materi terkait dengan tema presentasi. Hal ini bertujuan supaya kamu bisa memaparkan hasil presentasi dan menjawab pertanyaan penuh rasa percaya diri.

Baca Juga: Tips Mengerjakan PR tanpa Terbebani

6. Terus Berlatih

Untuk meningkatkan kepercayaan diri kalian ketika akan presentasi, teruslah berlatih untuk mempersiapkan diri dengan baik. Kalian juga bisa melatih vokal agar suara kalian dapat terdengar jelas dan bersemangat ketika presentasi. Ketika berlatih, kalian juga harus memilih kalimat pembuka dan penutup yang baik serta mudah diingat.

Untuk meningkatkan rasa percaya diri saat presentasi di depan kelas, kalian dapat berlatih dengan bantuan teman-teman kalian sebagai audiens. Mintalah teman-teman kalian menilai apa kekurangan kalian dalam presentasi agar segera diperbaiki dan kalian dapat percaya diri ketika presentasi dimulai.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Jadi Tujuan Studi Tiru SMK di Indonesia, Ini Keunggulan SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo

      Dalam dua pekan terakhir dibulan November, SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo (Mutuharjo) mendapat kunjungan studi tiru dari berbagai sekolah dalam kota dan luar kota di Indonesia.

      8 Pengurus Baru Yayasan Nur Hidayah Dilantik, Target Raih Sertifikat ISO 9001

      Pengurus yang baru dapat membantu program Yayasan Nur Hidayah dalam pengembangan unit sekolah sampai inisiasi perguruan tinggi.

      Tips Mengajari Keselamatan Diri bagi Anak Sekolah

      Berikut ini tips mengajari anak sekolah keselamatan diri.

      Meriahkan Hari Guru Nasional, SMP Batik Surakarta Lepas 36 Balon Harapan

      Memperingati Hari Guru Nasional ke-77, siswa dan orang tua/wali SMP Batik Surakarta menerbangkan 36 balon harapan.

      Tips Cegah Bau Badan bagi Pelajar

      Memiliki bau badan menyengat tentu bakal mengganggu teman-teman di kelas, karena itu pelajar perlu tahu tips mencegahnya.

      Azzahra Fun Festival di Sragen, Dorong Perkembangan Anak Usia Dini Lewat Lomba

      KB-TK Islam Terpadu Azzahra Sragen menggelar Azzahra Fun Festival (AFF), di sekolah setempat, Sabtu (19/11/2022).

      Hari Guru Nasional 2022, Begini Cara Menghormati Guru

      Berikut ini sejumlah cara untuk menghormati dan menghargai jasa para guru.

      Diserbu Peserta dari Jateng-DIY, SMK Mutuharjo Gelar Tes Wawancara Magang Jepang

      SMK Mutuharjo menfasilitasi bagi alumni maupun nonalumni yang ingin bekerja ke Jepang didukung  dengan  relasi LPK di perusahaan-perusahaan besar Jepang.

      Pantik Jiwa Kepemimpinan, OSIS dan Dewan Ambalan Al Azhar IIBS Ikuti LDKO

      Al Azhar IIBS kemudian menggelar LDKO sebagai upaya untuk melatih kemampuan siswa dalam hal berorganisasi dan kepemimpinan.

      Sepekan di Jepang, Intip Kegiatan Seru SMA Assalaam Sukoharjo di Negeri Sakura

      Sepekan berada di Jepang, intip yuk keseruan kegiatan siswa SMA Assalaam Sukoharjo selama berada di Negeri Sakura.

      Keseruan Siswa SMP Batik Solo Ikuti Gerakan Cinta Museum

      Siswa kelas VII E SMP Batik Solo menjadi salah satu peserta Gerakan Cinta Museum yang diselenggarakan oleh Museum Keris Nusantara.

      Raup 59% Suara, Nadya Surya Callista Terpilih Jadi Ketua OSIS SMA Batik 1 Solo

      Berdasarkan hasil pemungutan suara akhirnya terpilihlah Nadya Surya Callista sebagai Ketua OSIS SMA Batik 1 Solo periode 2022-2023 dengan total suara 59,2%.

      Tips Agar Tidak Terlambat Datang ke Sekolah

      Berikut ini sejumlah tips agar kalian tidak terlambat ke sekolah.

      Manasik Haji SMA Batik 1 Surakarta 2022

      SMA Batik 1 Surakarta melaksanakan outing class yaitu manasik haji pada Jumat (11/11/2022) dan diikuti seluruh siswa kelas X didampingi wali kelas beserta guru yang menjadi muthawif.

      Meriah! Market Day SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Pacu Semangat Entreprenuer Siswa

      Kegiatan Market Day di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo sebagai wujud implementasi SMK Pusat Keunggulan dalam bidang sektor ekonomi kreatif.

      Cara Membentuk Siswa Berkarakter, Salah Satunya Guru Harus Jadi Teladan Baik

      Berikut ini sejumlah cara untuk membentuk siswa berkarakter.