SOLOPOS.COM - Ilustrasi ayam goreng (Today.com)

Solopos.com, SOLO — Baznas Solo segera meluncurkan Z Chicken, usaha ayam goreng yang akan dikelola oleh para mustahik. Direncanakan setelah Lebaran tahun ini akan dilakukan pembagian gerobak jualan produk Z Chicken.

Ketua Baznas Solo, M. Qoyim, mengatakan Z Chicken merupakan bagian dari program ekonomi mikro mandiri yang digagas Baznas pusat bekerja sama dengan Baznas daerah. Disebutkan, Baznas Solo menjadi salah satu Baznas daerah yang ikut menjalankan program tersebut.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

“Di Solo ada sekitar 30 mustahik [yang dibina untuk program tersebut],” kata dia saat berkunjung ke Griya Solopos, Kamis (30/3/2023). Para mustahik yang terdaftar tersebut sebelumnya mendapatkan pelatihan.

Baik dalam hal produksi, pelayanan, pengemasan, managemen marketing dan sebagainya. Ketika sudah siap, nantinya akan dibantu dengan pemberian gerobak untuk jualan.

Sebelumnya para mustahik juga harus mencari lokasi jualan yang sekiranya potensial. Kemudian untuk pemberian gerobak Z Chicken direncanakan setelah Lebaran tahun ini.

Qoyim mengatakan program tersebut ditujukan untuk para mustahik yang belum memiliki usaha. “Jadi mereka ingin kami bikinkan peluang baru,” lanjut dia.

Dia menyebutkan jika program tersebut dapat berjalan baik, diharapkan tahun depan bisa menambah lagi jumlah sasarannya. Sementara untuk program ekonomi mikro mandiri yang telah berjalan sebelumnya, Qoyim menjelaskan jika program tersebut lebih menyasar pada mustahik yang memiliki rintisan usaha namun butuh dukungan modal usaha.

Bentuk bantuannya bisa berupa gerobak untuk jualan maupun uang sebagai modal usaha. “Kalau untuk program ini sebenarnya sudah berjalan sejak kami dilantik. Beberapa sudah menunjukkan hasilnya meski belum maksimal, sebab namanya usaha mikro kendalanya banyak,” kata dia.

Sejauh ini sudah ada sekitar 200 sasaran dari program tersebut. Dia mengatakan pihaknya akan terus melakukan pendampingan dan pemantauan kepada sasaran agar usahanya dapat berjalan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya