SOLOPOS.COM - Ilustrasi salat. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Batas waktu salat isya yang benar kerap menjadi pertanyaan umat Islam lantaran banyak yang melakukan ibadah wajib tersebut pada 03.00.

Salat isya merupakan salat yang memiliki waktu terpanjang dibandingkan salat fardu lainnya. Sehingga banyak umat Islam yang bingung dengan sampai kapan umat muslim boleh melakukan salat isya?

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Ada yang melakukan salat wajib tersebut di tengah malam, mendekati subuh maupun jam 03.00 pagi.

Lalu, kapan batas waktu salat isya sebenarnya? Mengutip keterangan Nahdlatul Ulama, NU online, waktu salat isya dimulai sejak selesainya waktu maghrib hingga terbitnya waktu fajar sebagai pertanda waktu masuknya salat subuh.

Sementara itu, mengutip situs Konsultasisyariah.com, ada perbedaan pendapat antar ulama mengenai waktu salat isya. Mazhab Hanafiyah menyebutkan waktu akhir salat isya adalah sebelum waktu subuh tiba.

Sementara itu, Mazhab Malikiyah berpendapat, waktu salat isya batasnya adalah sepertiga atau pertengahan malam. Tetapi, jika dilakukan sebelum subuh, salatnya tetap sah, namun makruh.

Dari pendapat empat ulama di atas, Ustaz Ammi Nur Baits dalam Konsultasisyariah.com menyarankan melakukan salat isya sebelum pertengahan malam atau sepertiga malam dan tidak melebihi waktu pertengahan malam, kecuali jika ada uzur atau halangan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya