Basket Putra Indonesia Cetak Sejarah di SEA Games 2021

Tim basket putra Indonesia meraih medali emas SEA Games 2021 setelah memetik enam kemenangan dari total tujuh peserta dalam sistem round robin.

 Sejumlah pebasket Indonesia berselebrasi seusai mengalahkan Tim Filipina dalam laga final bola basket SEA Games 2021 Vietnam di Thanh Tri District Sporting Hall, Hanoi, Vietnam, Minggu (22/5/2022). (ANTARA FOTO/Fauzi Saputra/app/wsj)

SOLOPOS.COM - Sejumlah pebasket Indonesia berselebrasi seusai mengalahkan Tim Filipina dalam laga final bola basket SEA Games 2021 Vietnam di Thanh Tri District Sporting Hall, Hanoi, Vietnam, Minggu (22/5/2022). (ANTARA FOTO/Fauzi Saputra/app/wsj)

Solopos.com, HANOI—Sejarah ditorehkan tim bola basket putra Indonesia setelah menjuarai SEA Games 2021. Tim basket putra Indonesia memetik enam kemenangan dari total tujuh peserta dalam sistem round robin.

Pada laga penentuan, seperti dikutip dari Antara, Indonesia berhadapan dengan Filipina yang sama-sama berbekal lima kemenangan di Thanh Try Gymnasium, Hanoi, Minggu, yang berhasil dimenangkan dengan skor 85-81.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Filipina yang menjadi juara bola basket pertama kali sejak 1977 dan hingga penyelenggara 2019 hanya sempat melepas gelar kepada Malaysia pada 1979 dan 1989 ini akhirnya harus mengakui keunggulan Indonesia sebagai juara baru bola basket di kawasan Asia Tenggara.

Baca Juga: Ganyang Malaysia lewat Adu Penalti, Indonesia Raih Perunggu SEA Games

Indonesia belum pernah meraih medali emas bola basket putra SEA Games sejak mulai berpartisipasi pada 1977 dan selalu harus puas dengan perak di bawah Filipina. Filipina punya reputasi sebagai raja bola keranjang Asia Tenggara yang bahkan tampil di Piala Dunia FIBA dalam beberapa kesempatan.

Pada SEA Games 2019, Indonesia bahkan harus pulang dengan tangan hampa setelah ditaklukkan Vietnam dalam perebutan medali perunggu, hasil yang terjun bebas dibandingkan perak dalam SEA Games Kuala Lumpur 2017.

Kini, tim yang diperkuat oleh tiga orang pemain naturalisasi, Diagne Dame, Terrell Bolden Marques, Jawato Brandon ini tampil digdaya dengan selalu unggul dalam setiap babak (10 menit).

Baca Juga: SEA Games: Lifter Zul Ilmi Tambah Koleksi Medali Emas Angkat Besi

Indonesia sebetulnya sudah memastikan setidaknya medali perak SEA Games 2021 berkat lima kemenangan dalam lima pertandingan yang sudah dimainkan.

Secara keseluruhan, tim bola basket putra Indonesia diperkuat 12 orang pemain yakni Juan Laurent, Michael Xzavierro Derrick, Lakudu Hardianus, Jawato Brandon, Darmar Grahita Abraham (C), Prastawa Dhyaksa Andakara, Saputera Yudha, Rivaldi Rosasih Vincent, Terrel Bolden Marques, Yeshe Goantara Agassi, Diagne Dame, Dikania Wisnu Arki

Pelatih timnas Indonesia Milos Pejic mengatakan para pemain menampilkan performa terbaiknya sepanjang pertandingan melawan Filipina. “Mental pemain sangat siap, saling percaya dan bermain sebagai tim,” kata dia.

Baca Juga: Perolehan Medali SEA Games 2021: Sabtu Malam, Filipina Gusur Singapura

 

Pemain Naturalisasi

Juan Laurent yang diwawancarai setelah pertandingan mengatakan sama sekali tidak menyangka akan membuat sejarah baru dalam basket Indonesia.

Ia yang juga memperkuat Timnas di SEA Games Filipina 2019 mengatakan tim yang diperkuatnya kali ini jauh lebih kuat karena ada asupan pemain naturalisasi.

“Dari sisi pertahanan, kami jauh lebih kuat dibandingkan SEA Games lalu. Selain itu, kelemahan tim kita selama ini sudah ditutupi karena sudah banyak pemain berpostur tinggi. Kami juga bermain as a team,” kata dia.

Baca Juga: Catat, Pebulu Tangkis Asal Klaten Ini Akan Berebut Emas SEA Games 2021

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi) Nirmala Dewi mengatakan keberhasilan ini tak lepas dari strategi berbeda yang diterapkan organisasi dalam mencapai prestasi bola basket di kancah internasional.

Ia tak menyangkal, dengan menaturalisasi sejumlah pemain basket membuat Tim Indonesia jauh lebih kuat dibandingkan sebelumnya.

“Pertama, target kami mencari pemain bertubuh besar ternyata ada yang mau dinaturalisasi. Lalu, yang kedua dengan cara mengoptimalkan pemain Indonesia,” kata dia.

Baca Juga: Dua Hari Sebelum Penutupan, Vietnam Sudah Juara Umum SEA Games 2021

Selain itu, PP Perbasi juga merekrut pelatih asing dan menjalankan pemusatan latihan sejak Maret 2022.

“Sebenarnya TC sudah dimulai sejak Indonesia ditetapkan jadi tuan rumah FIBA Asia World Cup, dua tahun lalu. Tapi ada dimana mereka kembali ke klubnya masing-masing untuk mengikuti IBL,” kata dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

+ PLUS Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

Garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Tengah menyempit masuk lebih ke dalam membentuk lekukan (indentasi) dibandingkan dengan garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur diduga merupakan hasil pertemuan sepasang sesar mendatar besar yang saling berlawanan arah.

Berita Terkini

Persib Bandung Dapat Tambahan 3 Amunisi Jelang Hadapi PSS Sleman

Tiga amunisi Persib Bandung yang sebelumnya membela Timnas Indonesia itu yakni Marc Klok, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya.

Hebat! PFA Sukoharjo Juarai Liga Topskor U-14

SSB Pasoepati Football Academy (PFA) Sukoharjo berhasil menjuarai Liga Topskor putaran nasional U-14 di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Piala Presiden di Solo Usai, Suporter Bawa Miras & Flare Jadi Catatan

Kapolresta Solo memberi berbagai catatan saat penyisihan Grup A Piala  Presiden 2022, di antaranya suporter membawa miras dan flare.

Target Juara Umum APG 2022, Indonesia Tambah Atlet & Pelatnas Mandiri

NPC Indonesia menambah 111 atlet dan pelatnas mandiri untuk mengejar target juara umum APG 2022.

Gibran Bangga Solo Kembali Dipercaya Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022

Gibran yang juga Ketua Panitia Pelaksana APG 2022 mengaku bangga Kota Solo untuk kali kedua dipercaya menjadi tuan rumah APG setelah 2011.

Jersey Baru Timnas Indonesia Mulai Dijual, Segini Harganya...

Jersey baru Timnas Indonesia segera dijual Rp439.000 untuk replika dan Rp939.000 untuk player issue.

Revans, Jonatan Sikat Nishimoto untuk ke Perempat Final Malaysia Open

Jonatan Christie melangkah ke perempat final Malaysia Open 2022 setelah melakukan revans atas pebulu tangkis Jepang Kento Nishimoto dua game langsung 21-18, 21-17.

Catat, Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 Akhir Pekan Ini

Timnas Indonesia U-19 akan melakoni laga perdana Piala AFF U-19 melawan Vietnam.

Emas SEA Games 1987 Jadi Inspirasi Jersey Baru Timnas Indonesia

Desain baru jersey Timnas Indonesia terinspirasi timnas saat meraih medali emas SEA Games 1987.

Jalan Terjal Bali United Lolos Semifinal Piala AFC 2022 Zona ASEAN

Peluang Bali United lolos ke semifinal Piala AFC 2022 zona ASEAN hanya tersisa melalui jalur runner-up terbaik.

Kiprah Bali United di Piala AFC, Menang Besar atau Pulang

Bali United harus menang besar melawan klub Filipina Kaya FC Iloilo untuk menjaga lolos ke babak selanjutnya Piala AFC 2022.

Persis Solo vs Bali United akan Buka Liga 1 2022/2023

Media Officer Persis Solo, Bryan Barcelona, mengatakan belum mendapat surat resmi dari operator kompetisi terkait pertandingan Persis Solo versus Bali United sebagai laga pembuka Liga 1 2022/2023.

Bertema Past and Feature, Ini Makna Jersey Baru Timnas Indonesia

Bertema past and feature, desain kostum baru Timnas Indonesia diharapkan mampu mengangkat motivasi timnas meraih kejayaan seperti ketika merebut medali emas pertama pada SEA Games 1987.

Timnas Indonesia Rilis Jersey Baru, Seperti Ini Penampakannya

Jersey baru Timnas Indonesia diluncurkan dengan tema Past and Future.

Tiket Laga PSIS Vs Bhayangkara FC Sudah Bisa Diperoleh, Segini Harganya

Tiket laga perempat final Piala Presiden 2022 antara PSIS Semarang dengan Bhayangkara FC di Stadion Jatidiri sudah mulai dijual, berikut harganya.