SOLOPOS.COM - Penyerahan surat keputusan (SK) Universitas Muhammadiyah Klaten (UMKLA) di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Muhammadiyah Klaten, Senin (7/3/2022). UMKLA yang saat ini sudah membuka calon pendaftaran mahasiswa baru memiliki sembilan program studi. (Istimewa/Dokumentasi PDM Klaten)

Solopos.com, KLATEN—Universitas Muhammadiyah Klaten (UMKLA) resmi berdiri setelah keluar surat keputusan (SK) dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) VI Jawa Tengah. Serah terima SK UMKLA dilakukan di Stikes Muhammadiyah Klaten, Senin (7/3/2022).

UMKLA menjadi universitas Muhammadiyah ketiga di Soloraya. Sebelumnya telah lama berdiri Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan belum lama ini lahir Universitas Muhammadiyah Karanganyar.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sekretaris PDM Klaten, Iskak Sulistya, mengatakan UMKLA memiliki sembilan program studi atau prodi. Prodi tersebut adalah S1 Keperawatan, S1 Manajemen, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Teknologi Informasi, S1 Administrasi Kesehatan, D3 Keperawatan, D3 Farmasi, D3 Kebidanan, dan D3 Akuntansi.

Baca Juga: Usai Akuisisi RS dr Oen Sawit, Muhammadiyah Klaten Dirikan Universitas

Meski saat ini masih fokus melakukan migrasi semua data kependidikan menjadi universitas, UMKLA sudah menerima calon mahasiswa baru.

“Kenapa harus ke UMKLA? Soalnya kami andal dan bermartabat. Kami siap ber-fastabiqul khairat dengan universitas lain di Klaten, Jogja, Solo, dan sekitarnya,” kata Iskak Sulistya kepada Solopos.com, Rabu (9/3/2022).

Iskak Sulistya mengatakan UMKLA merupakan gabungan dari Akademi Akuntansi Muhammadiyah (AAM) Klaten dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Muhammadiyah Klaten. Penggabungan itu diharapkan dapat memberikan manfaat positif ke berbagai elemen masyarakat.

Baca Juga: PC Muhammadiyah Delanggu Akuisisi RS dr. Oen Sawit Boyolali

Sebelumnya, persyarikatan Muhammadiyah di Klaten juga telah mengakuisisi Rumah Sakit (RS) dr. Oen Sawit, Kabupaten Boyolali. Akuisisi itu dilakukan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Delanggu.

“Selain RS dr. Oen Sawit yang diakuisisi PCM Delanggu itu, ada juga RS PKU Muhammadiyah Prambanan dan beberapa klinik yang lain. Semoga, kehadiran Muhammadiyah di Klaten betul-betul dapat dirasakan keberadannya oleh masyarakat. Jumlah amal usaha yang lebih banyak diharapkan bisa diterima dan masyarakat memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya,” katanya.

Program Studi di Universitas Muhammadiyah Klaten (UMKLA)

1 S1 Keperawatan
2 S1 Manajemen
3 S1 Ilmu Komunikasi
4 S1 Teknologi Informasi
5 S1 Administrasi Kesehatan
6 D3 Keperawatan
7 D3 Farmasi
8 D3 Kebidanan
9 D3 Akuntansi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya