SOLOPOS.COM - Innova Venturer sering kali menjadi pilihan banyak orang yang mencari mobil keluarga.(tunastoyota.com)

Solopos.com, SOLO — Innova Venturer sering kali menjadi pilihan banyak orang yang mencari mobil keluarga. Apalagi, mobil ini juga mempunyai kapasitas hingga 7 orang penumpang yang membuatnya semakin diminati banyak keluarga Indonesia.

Tak hanya itu, mobil jenis multi-purpose vehicle (MPV) ini juga cukup nyaman saat dikendarai. Para penumpangnya juga bisa merasakan kenyamanan tersebut dari luasnya kabin dan peredaman yang efektif mencegah bising dari luar.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Namun begitu, Venturer bukan satu-satunya varian Innova yang hadir di Indonesia. Ada juga Innova Reborn yang keduanya masih banyak diminati di akhir tahun 2023 ini. Lantas, apa perbedaan keduanya?

Beda Innova Venturer dan Reborn

Walau sama-sama sudah berumur lebih dari 6 tahun sejak pertama kali diluncurkan, mobil keluaran Toyota ini termasuk yang masih diminati pada akhir tahun 2023 sebagai kendaraan andalan keluarga. Berikut ini perbedaan keduanya:

1. Perbedaan Pada Mesin dan Kemudi

Baik Innova Venturer dan Reborn merupakan dua mobil MPV keluarga terbaik di kelasnya hingga saat ini. Namun begitu, jika dilihat dari mesin yang digunakan, ternyata tidak ada perbedaan berarti dari keduanya.

Pasalnya, Toyota membekali dua mobil ini dengan mesin 4 silinder DOHC yang termasuk unggul dalam memberikan performa maksimal saat melaju di jalan raya.

Adapun perbedaannya terletak pada transmisi yang digunakan saja. Innova Venturer menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan, sementara versi Reborn hadir dengan transmisi manual 5 percepatan. Pada Innova Reborn juga tidak ada fitur tilt & telescopic yang biasa digunakan untuk mengatur kemudi sesuai posisi pengendara.

2. Perbedaan Fitur Keselamatan

Dari sisi mesin tidak begitu banyak perbedaan, lantas bagaimana dengan fitur keselamatan yang terdapat pada kedua mobil ini? Dari sisi keselamatan, kedua mobil ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang memadai.
Fitur dasar seperti Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control, Hill Start Assist Control, dan Emergency Brake Signal sudah tersedia lengkap pada kedua mobil ini. Keduanya juga sudah dilengkapi dengan airbags yang dapat berfungsi pada saat terjadi benturan kencang.

Venturer mempunyai airbags lebih lengkap yang berada di belakang kemudi driver, bagian kaki driver, kursi penumpang, dan bagian samping. Sementara untuk Innova Reborn tidak dilengkapi dengan airbags samping.

Namun, secara keseluruhan, kedua mobil ini mempunyai fitur keselamatan yang cukup. Hal ini pula yang menguatkan daya tarik Innova Reborn dan Venturer hingga masih banyak diminati pada tahun 2023 ini.

3. Perbedaan Desain Interior

Kenyamanan tentunya menjadi daya tarik utama yang membuat kedua mobil ini cukup diminati di pasaran setidaknya sampai tahun 2023 ini. Toyota pun berusaha meningkatkan kenyamanan yang menjadi khas Innova lewat kedua mobil MPV mewahnya ini.

Kedua mobil ini sudah dilengkapi dengan head unit comprehensive 9 inci pada Venturer, dan versatile 9 inci pada Reborn. Keduanya pun dapat memberikan hiburan yang cukup saat berada dalam perjalanan.
Adapun perbedaan dari sisi interior terlihat dari penggunaan material jok. Venturer memiliki material yang lebih premium dan mewah, sementara Reborn masih menggunakan material fabric. Walaupun begitu, keduanya masih nyaman saat ditumpangi dengan pengalaman dalam kabin yang tentunya berbeda.

4. Eksterior Mobil

Bagi orang awam, tampilan eksterior kedua mobil ini bisa jadi tidak terlihat secara jelas. Wajar saja mengingat kedua mobil ini termasuk yang mewah untuk seri Innova sehingga desain eksteriornya pun terlihat mirip.

Perbedaan yang menonjol pada sisi eksterior terlihat pada grille bagian depannya. Penggunaan distinctive front grille with new bumper spoiler package pada Innova Venturer membuatnya terlihat lebih elegan. Sementara, Innova Reborn menggunakan trapezoidal front grille dengan sentuhan warna dark grey dan krom yang membuatnya modern.

Walau mempunyai ciri khasnya masing-masing, namun kedua mobil ini mampu memberikan kesan visual yang menarik di mata pemiliknya. Saat melaju di jalan raya pun tampilan eksterior kedua mobil ini terlihat gagah.

5. Harga Innova Venturer dan Reborn

Innova Venturer dan Reborn menjadi dua unit yang banyak dicari di tempat jual beli mobil bekas baik online maupun offline. Lantas, berapa harga mobil bekas Innova Venturer dan Reborn di akhir tahun 2023 ini?

Berdasarkan perkiraan harga pasar di tempat jual beli mobil bekas seperti OLX, berikut ini nilai jual Innova Venturer berdasarkan tahun produksinya:

  • Innova Venturer tahun 2017: Mulai dari Rp240 juta – Rp289 jutaan
  • Innova Venturer tahun 2018: Mulai dari Rp280 juta – Rp330 jutaan
  • Innova Venturer tahun 2019: Mulai dari Rp322 juta – Rp365 jutaan
  • Innova Venturer tahun 2020: Mulai dari Rp335 juta – Rp387 jutaan
  • Innova Venturer tahun 2021: Mulai dari Rp385 juta – Rp420 jutaan
  • Innova Venturer tahun 2022: Mulai dari Rp430 juta – Rp481 jutaan

Sementara itu, perkiraan harga jual Innova Reborn di tahun 2023 berdasarkan harga pasaran di OLX, yaitu:

  • Innova Reborn Bekas 2016: Mulai dari Rp272 jutaan
  • Innova Reborn Bekas 2017: Mulai dari Rp291 jutaan
  • Innova Reborn Bekas 2018: Mulai dari Rp298 jutaan
  • Innova Reborn Bekas 2019: Mulai dari Rp322 jutaan
  • Innova Reborn Bekas 2020: Mulai dari Rp332 jutaan
  • Innova Reborn Bekas 2021: Mulai dari Rp360 jutaan
  • Innova Reborn Bekas 2022: Mulai dari Rp375 jutaan

Berdasarkan spesifikasi dan perkiraan harga pasar di situs jual beli mobil bekas, kedua mobil ini tentunya masih bisa menjadi andalan sebagai kendaraan harian tahun 2024 mendatang.

Anda tentunya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget sebelum memutuskan untuk membelinya. Pertimbangkan secara cermat sebelum membuat keputusan untuk memilikinya di garasi rumah Anda, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya