Mobil Modifikasi Asal Indonesia Punya Pasar Besar di Luar Negeri

Pemerintah juga akan terus mendorong nilai tambah dari industri otomotif, termasuk usaha modifikasi mobil atau kendaraan.

 Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Ketua MPR Bambang Soesatyo mencoba mobil modifikasi di  OLX Autos Indonesia Modification & Lifestyle Expo 2022 (IMX 2022) di Hall A Jakarta Convention Center, Sabtu (1/10/2022). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Ketua MPR Bambang Soesatyo mencoba mobil modifikasi di OLX Autos Indonesia Modification & Lifestyle Expo 2022 (IMX 2022) di Hall A Jakarta Convention Center, Sabtu (1/10/2022). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Industri otomotif merupakan salah satu penyumbang kontribusi besar pada pertumbuhan ekonomi nasional dan berpotensi tinggi untuk terus tumbuh ke depannya, termasuk mobil modifikasi karya dalam negeri yang kini banyak diminati di luar negeri.

Pesatnya pertumbuhan industri otomotif juga menjadi pendorong yang kuat bagi berkembangnya usaha jasa modifikasi mobil di Indonesia.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan usaha modifikasi mobil termasuk industri aftermarket atau secondary market yang terus didorong pemerintah agar semakin bertumbuh.

Hal tersebut disampaikan Menko Airlangga ketika mewakili Presiden Joko Widodo dalam acara OLX Autos Indonesia Modification & Lifestyle Expo 2022 (IMX 2022) di Hall A Jakarta Convention Center, Sabtu (1/10/2022).

Acara tersebut diselenggarakan oleh National Modificator and Aftermarket Asociation (NMAA) yang didukung oleh OLX Autos.

“Saya mendengar cerita dari OLX bahwa selama pandemi, peningkatan penjualan mobil secondary market naik 8%. OLX Autos bisa menjual lebih dari 20.000 selama 1 bulan. Ini luar biasa,” kata dia.

Baca Juga: Seusai Toyota dan Mitsubishi, Kini Chery Motor akan Berinvestasi di RI

“Jadi, sudah terjadi perpindahan lifestyle dari pembelian langsung ke showroom ke pembelian secara digital. Mobilnya datang ke rumah dan transaksinya bisa dilaksanakan di rumah. Saya ucapkan selamat kepada anak muda yang bisa melihat tantangan menjadi peluang,” tutur Airlangga.

Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pemerintah juga akan terus mendorong nilai tambah dari industri otomotif, termasuk usaha modifikasi kendaraan.

Hal tersebut dilakukan karena para modifikator tidak hanya memiliki pasar di dalam negeri tetapi juga pasar yang besar di luar negeri.

“Indonesia punya kekuatan craftsmanship. Modifikator Indonesia adalah tenaga ahli yang punya keahlian yang tidak otomatisasi. Ini adalah keterampilan tangan dan teknologi,” kata Airlangga.

Baca Juga: Modifikasi Mobil Perkawinan Dua VW, Juara di HotWheels Legends Indonesia

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan Buku Program Pelatihan Berbasis Kompetensi dari Kementerian Perindustrian kepada Director OLX Autos IMX 2022.

“Terima kasih Kementerian Perindustrian yang sudah membuat Pprogram Pelatihan Berbasis Kompetensi. Program tersebut adalah program yang baik dan secara teknis dapat dipertanggung jawabkan. Tentunya dengan adanya program tersebut juga dapat memudahkan pemberian perizinan dari kepolisian untuk mobil modifikasi agar dapat berjalan,” kata Menko Airlangga.

Bertepatan dengan hari ulang tahun ke-60, Airlangga Hartarto mendapat surprise dari para tamu, penyelenggara dan seluruh yang hadir. Airlangga juga berkesempatan untuk berkeliling mengunjungi booth peserta expo.

Sebanyak 50 mobil dengan modifikasi terbaik yang merupakan hasil dari kurasi 700 mobil modifikasi, dipamerkan dalam ajang yang juga merebutkan Piala Ketua MPR tersebut.

Sebagai informasi, OLX Autos IMX 2022 yang mengusung tema “The Indonesia Kalcer” yang digelar hari ini merupakan puncak acara dari Road to OLX Autos IMX 2022 yang sebelumnya telah digelar di beberapa kota di Indonesia.

Baca Juga: 5 Jenis Mobil yang Cocok untuk Dimodifikasi

Expo yang diikuti oleh lebih dari 40 merek industri otomotif tersebut juga mendukung upaya transformasi digital yang tercermin dari pembelian tiket pre-sales yang hanya bisa dilakukan melalui bank digital yakni Bank Neo Commerce. Di samping itu, juga terdapat IMX Virtual Stage yang merupakan virtual booth acara expo tersebut.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat yang juga selaku Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia, Menteri Perindustrian, Sekretaris Kemenko Perekonomian, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, jajaran OLX Autos, para Youtuber dan komunitas-komunitas pecinta mobil modifikasi.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Alva One, Motor Listrik Mirip Skuter Maxi

      Motor listrik Alva One dirancang untuk membawa tren baru dalam berkendara.

      Daftar Motor yang Bisa Ngecas HP, Cocok Buat Mobilitas Tinggi di Jalan

      Berikut ini daftar motor yang bisa buat ngecas HP, cocok bagi kalian yang punya mobilitas tinggi di jalan raya.

      Mantap! IKN akan Uji Coba Mobil Terbang pada 2024

      Uji coba mobil terbang di IKN itu memiliki pesan penting.

      Tips Memilih Asuransi Mobil Daihatsu yang Bagus

      Pialang asuransi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT Anugrah Atma Adiguna atau Triple A menawarkan berbagai pilihan asuransi online terbaik dan terlengkap.

      Kerap Dianggap Sama, Ini Perbedaan Mobil Listrik dan Hybrid

      Berikut ini terdapat perbedaan mobil listrik dengan hybrid yang kerap dianggap sama.

      Ini Pilihan Mobil Hybrid Termurah di Indonesia

      Sebelum mengetahui mobil hybrid termurah di Indonesia ketahui terlebih dahulu perbedaan mild hybrid dan full hybrid.

      Seru! 6 Bikers Komunitas CBR Honda Jateng Melibas Trek Sirkuit Mandalika

      Para bikers Honda langsung memacu New CBR250RR untuk merasakan langsung performa tangguh dan kelincahan motor sport Honda ini.

      Meriah! Komunitas All New Ertiga ANE ID Chapter Jateng Rayakan HUT ke-3

      Kota Solo pada 28-29 Januari 2023 siap menjadi tuan rumah Munas komunitas All New Ertiga ANE ID dan menyukseskan kegiatan Munas ANE ID.

      Ini Aturan Membunyikan Klakson, Enggak Boleh Sembarangan

      Ada etika dan aturan yang harus dipahami oleh pengemudi kendaraan di jalan raya dalam membunyikan klakson

      Touring XSR 155, Peserta Yamaha Yard Built Finish di Waduk Sermo Kulonprogo

      Dalam kegiatan touring para peserta menggunakan motor XSR 155 hasil modifikasi para builder tersebut dalam program Yard Built Indonesia.

      Hasil Test Drive Toyota Kijang Innova Zenix: Istimewa

      Dimensi Kijang Innova Zenix ini membesar, yakni lebih panjang 20 mm, lebar 20 mm, dan wheelbase atau jarak sumbu roda depan dan belakang memanjang 100 mm.

      Biaya Perawatan Mobil Listrik Dibandingkan Mobil Konvensional

      Tidak sedikit orang bertanya-tanya soal biaya perawatan mobil listrik, apalah lebih murah atau justru lebih mahal dibandingkan mobil konvensional?

      Seru-seruan sambil Belajar lewat Joy of Creating Bersama Honda Motor Jateng

      Setiap peserta diberikan waktu 120 detik dan dinilai dari ketepatan penyusunan masing-masing part sehingga siap dirakit ke komponen terkait selanjutnya.

      Daftar Harga Chery Tiggo Series yang Resmi Rilis di Indonesia

      Resmi dirilis di Indonesia, Chery Tiggo hadir dalam beragam harga sesuai spesifikasinya.

      Ini Harga All New Toyota Kijang Innova Zenix untuk Jateng dan DIY

      Harga Toyota Kijang Innova Zenix dijual harga mulai Rp425 juta hingga Rp622 juta (on the road/OTR) untuk wilayah Jateng dan DIY.

      Ini Maksud Nama Zenix pada Toyota Kijang Innova Terbaru

      selama ini Toyota Kijang sudah menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Sehingga nama Kijang tetap dipertahankan pada produk terbaru, meskipun secara keseluruhan, Zenix sangat jauh berbeda dengan generasi-generasi Kijang sebelumnya.