Tutup Iklan

Petani Selogiri Ancang-ancang Gunakan Mesin Pompa Air

Kalangan petani di wilayah Kecamatan Selogiri, Wonogiri ancang-ancang memanfaatkan mesin pompa air untuk mengairi lahan pertanian mereka.

 Ilustrasi petani menggunakan mesin pompa air. (dok.Solopos)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi petani menggunakan mesin pompa air. (dok.Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI – Kalangan petani di wilayah Kecamatan Selogiri ancang-ancang memanfaatkan mesin pompa air untuk mengairi lahan pertanian menjelang puncak musim kemarau. Biaya operasional pengoperasian mesin pompa ditanggung para petani secara patungan.

Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), puncak musim kemarau di wilayah Wonogiri diprediksi pada Agustus-Oktober. Debit sumber air menyusut drastis saat musim kemarau. Pasokan air dari Dam Colo, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo mulai berkurang sejak awal Juli.

Praktis, para petani di Wonogori hanya mengandalkan air sumur dalam untuk mengairi lahan pertanian. Mereka mengoperasikan mesin pompa air untuk menyedot air sumur dalam yang langsung dialirkan ke areal persawahan.

Baca juga: Lagi Isoman, Warga Wonogiri bisa Dapatkan Sembako Gratis dengan Cara Ini

“Sekarang pasokan air ke lahan pertanian sangat minim karena sumber air mulai mengering. Kami harus memanfaatkan mesin pompa air saat tak ada lagi pasokan air ke sawah,” kata seorang petani asal Desa Jaten, Darminto, saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (23/7/2021).

Biasanya, para petani di Wonogiri membentuk kelompok saat mengoperasikan mesin pompa air. Biaya operasional ditanggung anggota kelompok tani secara patungan. Uang patungan digunakan untuk membeli solar yang menjadi bahan bakar mesin pompa. “Ada yang menyumbang Rp20.000, ada juga Rp25.000. Uang patungan digunakan untuk membeli solar,” ujar dia.

Pompa air itu menyedot air sumur dalam yang berada di sekitar areal persawahan. Selanjutnya, pasokan air akan dialirkan ke lahan pertanian milik para petani secara bergiliran. Pasokan air dari mesin pompa menjadi andalan para petani selama musim kemarau.

Baca juga: 3 Dosen UNS Meninggal Dunia, Ini Kata Sang Rektor

Sumur Dalam

Di daerah Selogiri, Wonogiri, sebagian petani menggunakan pompa air untuk mengairi saluran irigasi persawahan. Terdapat sumur dalam di beberapa lokasi yang digunakan sebagai sumber irigasi persawahan.

“Wilayah Selogiri merupakan daerah lumbung padi di Wonogiri. Luas lahan pertanian di Selogiri lebih dari 2.000 hektare,” ujar dia.

Baca juga: Misteri Warga Newung Hilang Saat Cari Pasir Bengawan Solo

Senada diungkapkan petani lain asal Desa Kaliancar, Tarmijo, Wonogiri. Tak ada pasokan air ke lahan pertanian saat pintu saluran air Dam Colo ditutup selama sebulan pada awal Oktober. Penutupan pintu saluran air merupakan kegiatan rutin untuk pemeliharaan bangunan Dam Colo. Pintu saluran air kembali dibuka pada awal November.

Para petani mengandalkan mesin pompa air untuk mengairi lahan pertanian saat musim kemarau. “Sebagian lahan pertanian tak ditanami padi alias bera lantaran tak mendapat pasokan air. Namun, sebagian lahan pertanian tetap diolah karena mendapat pasokan air kendati sangat minim saat musim kemarau,” kata dia.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Sebelum Meninggal, Satpam Gudang Rokok di Solo Sempat Minta Tolong

Korban kasus perampokan dan pembunuhan di gudang rokok di Jl. Brigjend Sudiarto, Joyotakan, Serengan, Solo, bernama Suripto, sempat merintih meminta tolong kepada tersangka, RS alias S, 21, saat kejadian, Senin (15/11/2021) dini hari.

Sadis, Perampok & Pembunuh Satpam Gudang Rokok di Solo Jalani 69 Adegan

Terdapat 69 adegan rekonstruksi kasus dugaan perampokan dan pembunuhan satpam gudang rokok di Jl. Brigjend Sudiarto, Joyotakan, Serengan, Solo.

Gibran Jamin Keamanan Mahasiswa Papua Belajar di Solo

Selain menjamin Kota Solo aman ditinggali mahasiswa asal Papua, Gibran Rakabuming Raka juga menyebut Kota Bengawan layak dijadikan tujuan belajar mengingat biaya hidup yang murah dan lokasinya yang strategis.

Pilih Aneka Ayam Panggang Hanya di I Am In Love

Menu I Am In Love ini dikemas dalam aneka menu nasi boks yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Tolak Hadiah Sepeda Bupati Sragen, Siswa SD Justru Minta Bus Remote

Seorang siswa SD menolak hadiah sepeda yang ditawarkan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dan memilih hadiah bus remote dengan spesifikasi khusus.

Catat! Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Sragen Hari ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sragen hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung tiga jam.

Round Up: Guru SMP di Wonogiri Meninggal Dunia Terpapar Covid-19

Seorang guru dari salah satu SMP negeri di Wonogiri meninggal dunia terpapar Covid-19, Sabtu (27/11/2021).

Ada Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Sukoharjo Hari Ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sukoharjo hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung tiga jam.

Densu hingga Endah Laras Terpantau Syuting Film di Pasar Gede Solo

Denny Sumargo (Densu) dan Endah Laras terpantau mengikuti proses syuting salah satu film di Pasar Gede Solo pada, Minggu (28/11/2021) malam.

Jadwal Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Klaten Hari Ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Klaten hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung lima jam.

Buka Lagi, Kolam Keceh Bulusulur Wonogiri Dilengkapi Terapi Ikan

Kolam Keceh dilengkapi beberapa fasilitas baru seperti terapi ikan, kuliner malam, dan permainan anak.

Sekolah di Solo Diminta Kreatif Rancang Pembelajaran Campuran

Sejumlah sekolah telah berinovasi dengan penggunaan beragam aplikasi, meski ada pula yang masih beradaptasi dengan teknologi informasi.

Pemilihan Putra Putri Batik Solo Akhir Pekan Ini Panaskan SBF 2021

Ajang pemilihan Putra Putri Batik 2021, akhir pekan ini, akan memanaskan agenda Solo Batik Fashion (SBF) 2021 yang akan dibuka pada Senin (6/12/2021).

Tim Gabungan Solo Perketat Pemantauan Tempat Wisata saat PPKM Nataru

Pengetatan pemantauan tempat wistaa agar ke depan tidak muncul lonjakan kasus corona maupun klaster baru persebaran Covid-19.

Disdik Solo Matangkan Rencana PTM di Ruang Terbuka

PTM di ruang terbuka dinilai dapat mengurangi potensi penularan Covid-19 di lingkungan.

Boyolali Bangun Wisata Religi, Ada Replika Ka'bah hingga Padang Arafah

Keberadaan replika ka’bah dan miniatur objek-objek kawasan Timur Tengah akan menambahi koleksi miniatur lain seperti Patung Liberty, Menara Pizza, dan Menara Eiffel.