SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, (tengah), bersama Bupati Karanganyar, Juliyatmono, (kiri), dan Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto, (kanan), menjajal kendaraan roda tiga Viar yang akan diserahkan kepada desa/kelurahan melalui program CSR Bank Jateng, Senin (1/9/2020). (Istimewa/Dokumentasi Diskominfo Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemkab Karanganyar berkomitmen menyelesaikan sampah di tingkat desa. Komitmen itu dibangun sejak beberapa tahun terakhir. Dimulai dari komitmen secara tertulis dengan kepala desa/lurah se-Kabupaten Karanganyar.

Kisah Gondhez’s dan DMC Solo: Dulu Sering Bentrok, Kini Saling Menjaga

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Program berlanjut, salah satunya pemberian bantuan 20 unit kendaraan roda tiga kepada desa maupun kelurahan di Kabupaten Karanganyar. Kendaraan tersebut untuk mengangkut sampah dari rumah warga ke tempat pembuangan sampah. Calon penerima bantuan dari tiga kecamatan, yakni Kecamatan Tasikmadu, Kecamatan Kebakkramat, dan Kecamatan Karanganyar.

Bantuan melalui program corporate social responsibility (CSR) Bank Jateng. Bantuan diserahkan di Bank Jateng Kantor Cabang Karanganyar, Selasa (1/9/2020). Pada kesempatan itu, Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, didampingi Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyerahkan bantuan kepada penerima bantuan di setiap desa.

Bisa Langsung Dimanfaatkan

Penerima bantuan berdasarkan proposal pengajuan kepada Pemkab Karanganyar. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karanganyar, Bambang Djatmiko, menyampaikan bantuan langsung diserahkan kepada desa maupun kelurahan agar dapat langsung dimanfaatkan.

Innalilahi! Idan Separo Meninggal, Kondisi Terakhirnya Bikin Prihatin

“Sebetulnya ini kan mendukung program Pemkab Karanganyar, yakni sampah tuntas di desa. Diberikan kendaraan penunjang kegiatan,” tutur dia.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan program penanganan sampah tuntas di desa menjadi salah satu program prioritas Pemkab Karanganyar. Dia berharap setiap desa memiliki tempat pembuangan sampah yang bisa dikelola desa. Baik melalui kerja sama dengan pihak ketiga maupun membentuk Badan Usah milik Desa (BUM Desa).

“Belum semua desa menerima bantuan. Kabupaten Karanganyar memiliki 177 desa/kelurahan. Saya berharap tahun depan program-program CSR seperti ini akan bisa jalan. Tidak hanya Bank Jateng tetapi juga perusahaan maupun BUMD di Karanganyar. Bantuan seperti ini membantu program sampah tuntas di desa,” ujar Bupati.

Tambah 2 Lagi Pasien Positif Covid-19 Solo Meninggal Dunia, Total Jadi 19 Orang

Kepala Bank Jateng Cabang Karanganyar, Sigit Nurfiyanto, menuturkan bantuan senilai Rp540 juta. Pada sambutannya, Sigit mengungkapkan bantuan tersebut merupakan bentuk fungsi sosial Bank Jateng.

“Bagian dari kepedulian Bank Jateng terhadap Pemkab Karanganyar. Kami mendukung program pemerintah menuntaskan sampah di tingkat desa. Semoga membawa keberkahan bagi Kabupaten Karanganyar dan penerima bantuan,” ungkap dia saat memberikan bantuan.

Diapresiasi Ganjar

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengapresiasi langkah Pemkab mencanangkan program sampah tuntas di desa. Dia mengapresiasi program tersebut.

Pekan Depan, 54 SMP di Boyolali Mulai Sekolah Tatap Muka

“Pesan Pak Presiden agar menggerakkan ekonomi. Belanja provinsi dan kabupaten/kota segera digelontorkan. Saya sepakat CSR dalam bentuk pengelolaan sampah. Ini jos, ini. Mudah-mudahan nanti bisa meningkat,” tutur Ganjar saat memberikan sambutan.

Direktur Sinar Mas Jaya, Yohanes Rudianto, menyampaikan perusahaannya menjadi diler resmi kendaraan roda tiga, Viar, di Jawa Tengah. Dia mengungkapkan kapasitas kendaraan yang diserahkan kepada pemerintah desa/kelurahan tersebut cukup besar. Dia menyebut kendaraan tersebut Viar 200 L.

“Bak panjang dengan kapasitas 750 kilogram. Fokus untuk kendaraan sampah. Ini kerja sama kami dengan Pemkab Karanganyar dan Bank Jateng. Tenaga lebih kuat terutama saat melintasi medan menanjak. Pembelian melalui katalog elektronik. Kami sudah sering melayani pembelian kendaraan roda tiga Viar untuk pemerintah. Kelebihan kami yang lain adalah suku cadang tersedia dan cepat,” ungkap dia saat berbincang dengan Solopos.com.

Persiapan Para Calon di Pilkada Klaten: Ada yang Pengin Daftar Pertama hingga Siapkan Andong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya