Bank Indonesia Solo Pilih Duta Rupiah dan QRIS 2020
Para pemenang dalam Pemilihan Duta Rupiah dan QRIS Tahun 2020 yang digelar KPw BI Solo, Sabtu (24/10/2020). (Solopos-Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo menggelar Pemilihan Duta Rupiah dan QRIS Tahun 2020, Sabtu (24/10/2020). Momentum itu adalah pemilihan duta rupiah ketiga yang diadakan KPw BI Solo.

Dua tahun sebelumnya, predikat duta yang dipilih Bank Indonesia Solo adalah Duta Rupiah. Namun, per 2020 ini, pemenang ajang itu disebut Duta Rupiah & QRIS.

Deputi Kepala Perwakilan KPw BI Solo, Gunawan Purbowo, mengatakan rangkaian pemilihan diawali dengan training of trainers yang dilakukan 22 Februari 2020. Setelah itu, tahap selanjutnya adalah tes tahapan pertama dan tes presentasi.

Peluang Bisnis Coffee Bun Menggiurkan, Begini Kalkulasinya...

“Pada tes tahap pertama ini ada beberapa yang diujikan, seperti uji keterampilan. Sebenarnya acara grand final bakal digelar Maret, tapi setelah itu ada pandemi sehingga mundur dan baru digelar ini,” ujarnya.

Rangkaian Pemilihan Duta Rupiah dan QRIS Tahun 2020 berlangsung Februari-Oktober 2020. Ajang itu diikuti 171 orang, dengan perincian 95 orang teller dari bank umum, BPR, dan pegadaian serta melibatkan 76 orang GenbI Solo yang merupakan mahasiswa-mahasiswa terpilih dari UNS, IAIN, dan Unisri.

Jumlah Makin Meningkat

Jumlah peserta Pemilihan Duta Rupiah dan QRIS Tahun 2020 oleh Bank Indonesia Solo ini meningkat daripada peserta tahun sebelumnya yang hanya 81 orang. Kala itu, pesertanya hanya berasal dari bank umum dan BPR.

Selain melibatkan teller perbankan, KPw BI Solo juga melibatkan GenBI Solo untuk yang pertama kalinya pada pemilihan Duta Rupiah dan QRIS pada Tahun 2020. Sedangkan rangkaian pemilihan diawali dengan training of trainers yang dilakukan pada 22 Februari 2020.

Secret Number Comeback 4 November, Apa Persiapan Vine?

Selanjutnya para peserta sudah melalui 3 tahapan seleksi, yakni tes tertulis kebanksentralan, tes cek keaslian uang, dan tes uji hitung cepat (khusus kategori teller perbankan). Setelah itu, tahapan presentasi 1 untuk 20 besar dan dilanjutkan presentasi 2 grand final untuk 10 besar.

Pada pemilihan Duta Rupiah dan QRIS pada Tahun 2020 kali ini, yang menjadi juara adalah Dian Bella Sukmasari dari Bank Jateng KC Wonogiri, disusul runner up Susila Hadi dari Bank Syariah Mandiri, dan peringkat ketiga Indri Surya Almasih dari BPR Bank Guna Daya Boyolali. Sedangkan untuk kategori mahasiswa dari Gen BI, Farah Primanita dari UNS menyabet predikat juara, runner up Era Repsi dari IAIN Surakarta, dan peringkat ketiga Ryan Septyan dari UNS.

Di samping itu, dalam kegiatan ini juga terdapat penghargaan kepada BCA yang mendapatkan predikat Pelaporan Klarifikasi Uang Palsu Terbaik, Bank Mandiri atas predikat Sortasi ULE/UTLE Terbaik, dan BTPN atas predikatnya Persentase Selisih Kurang Lebih Setoran Bank Terkecil.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom