Banjir Dukungan, Ini Prediksi Perolehan Suara Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020

Prediksi perolehan suara pasangan Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020 diperkirakan minimal 256.281 suara atau 74 persen dari total suara sah Pemilu 2019.

SOLOPOS.COM - Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo dan cawali-cawawali Solo, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa berfoto bersama seusai Musran PDIP Pasar Kliwon, Kamis (6/8/2020) malam. (Istimewa-dok. PAC PDIP Pasar Kliwon)

Solopos.com, Solo -- Prediksi perolehan suara pasangan Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020 diperkirakan minimal 256.281 suara atau 74 persen dari total suara sah Pemilu 2019.

Prediksi itu dihitung berdasarkan perolehan suara lima partai politik (parpol), yakni satu parpol pengusung (PDIP) dan empat parpol pendukung (Partai Gerindra, PSI, Partai Golkar, dan PAN) di Pemilu 2019.

Seperti diberitakan, cawali-cawawali Pilkada Solo yang diusung PDIP, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa, sudah mengamankan rekomendasi (dukungan resmi) dari empat parpol pemilik kursi di DPRD Solo. Empat parpol itu yakni Partai Gerindra, PSI, Partai Golkar, dan PAN.

28.718 Pekerja Di Sukoharjo Penuhi Syarat Dapatkan Insentif Rp600.000

Prediksi perolehan suara Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020 dari gabungan lima parpol itu, yakni:

1. PDIP: 189.760 suara

2. PAN: 20.260 suara

3. Partai Golkar: 18.727 suara

4. Partai Gerindra: 15.372

5. PSI: 12.162 suara

Dari data itu bisa dilihat potensi suara Gibran-Teguh dari lima parpol mencapai 256.281 suara. Angka itu sama dengan 74,609 persen dari total suara sah saat Pemilu Legislatif 2019 sebanyak 343.495 suara.

Silaturahmi Bersama Kapolresta Solo, Ini Komentar Habib Syech Soal Insiden Kerusuhan di Mertodranan

Namun prediksi perolehan suara pasangan Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020 itu masih berpotensi bertambah dari sejumlah parpol peserta Pemilu 2019 yang tidak memiliki kursi di DPRD Solo.

Kendati tidak punya kursi di parlemen, sejumlah parpol menyatakan mendukung pasangan Gibran-Teguh. Dukungan itu misalnya dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrat.

Lebih Diunggulkan

DPC PKB Solo sudah mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Gibran-Teguh selang beberapa hari dari turunnya rekomendasi DPP PDIP untuk pasangan itu.

Masih Soal Rusuh Mertodranan, Kiai dan Ulama NU Soloraya Datangi Mapolresta Solo

Berdasar hasil Pemilu Legislatif 2019 diketahui PKB Solo mendapatkan 5.926 suara, sedangkan Partai Demokrat 8.950 suara. Tidak menutup kemungkinan masih ada parpol lain peserta Pemilu 2019 nonparlemen yang akan mendukung Gibran-Teguh.

Hal itu berpotensi membuat perolehan suara Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020 lebih tinggi dari prediksi. Dengan situasi ini, jelas pasangan Gibran-Teguh akan lebih diunggulkan menang di Pilkada 9 Desember nanti.

Sementara itu untuk lawan Gibran-Teguh hingga kini yang sudah mendekati pasti yakni pasangan calon dari jalur perseorangan,Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo (Bajo).

Penganiayaan Sukoharjo: Dendam Kesumat, Warga Gonilan Hajar Guru Ngaji Sampai Babak Belur

Pasangan calon independen ini masih menjalani verifikasi faktual untuk syarat dukungan oleh petugas KPU. Jika Bajo tidak lolos, besar kemungkinan Gibran-Teguh akan melawan kotak kosong.

Hal itu karena figur lain yang sudah menyatakan diri maju di Pilkada Solo 2020 belum mendapatkan kendaraan politik maupun dukungan yang memadai.  BRA Putri Woelan Sari Dewi, misalnya.

Cucu Paku Buwono (PB) XII itu hingga kini belum jelas kendaraan politiknya. PKS yang hanya punya lima kursi di DPRD sudah tidak punya peluang membangun koalisi untuk memenuhi syarat mengusung pasangan calon, yakni sembilan kursi di DPRD.

Berita Terbaru

Bukan Sri Mulyani, Ternyata Ini Calon Bupati Terkaya di Pilkada Klaten

Solopos.com, KLATEN — Arif Budiyono menjadi calon bupati (cabup) terkaya yang bertarung di Pilkada Klaten 2020. Di urutan kedua...

Bawaslu Siap Bubarkan Kampanye Pilkada Klaten 2020, Jika ...

Solopos.com, KLATEN — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Klaten mewanti-wanti setiap pasangan calon (paslon) bupati-wakil bupati wajib menaati protokol pencegahan...

Wow! Anggaran Pengamanan Pilkada Sragen Capai Rp2,5 Miliar

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 981 polisi dan 4.542 petugas perlindungan masyarakat (linmas) siap mengamankan Pilkada 2020. Hal itu diungkapkan...

Masih Pandemi, KPU Solo Pede Targetkan Partisipasi Pemilih Pilkada 2020 Sampai 77,5 Persen

Solopos.com, SOLO -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo tetap memasang target tinggi untuk tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada...

Unik! Cabup-Cawabup Wonogiri Bertukar Pasangan Saat Pengundian Nomor Urut

Solopos.com, WONOGIRI -- Hal-hal penuh kejutan dan unik mewarnai pengundian nomor urut pasangan calon di Pilkada Wonogiri 2020, Kamis...

Jadi Calon Tunggal di Pilkada Sragen, Foto Yuni-Suroto Ada di Kanan Kotak Kosong

Solopos.com, SRAGEN — Pasangan calon bupati-wakil bupati dalam Pilkada Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati-Suroto (Yuni-Suroto), mendapatkan posisi kanan dalam...

Polisi Bripda hingga Aiptu Tempel Ketat Calon Bupati-Wakil Bupati Klaten

Solopos.com, KLATEN — Belasan anggota Polres Klaten melakukan pengawalan melekat ke tiga pasangan calon (paslon) bupati-wakil bupati di Pilkada...

Kelar Pengundian Nomor Urut, 2 Paslon Peserta Pilkada Solo Langsung Umbar Optimisme

ASemSolopos.com, SOLO -- Dua pasangan calon atau paslon peserta Pilkada Solo 2020 langsung mengumbar optimisme begitu acara pengundian nomor...

Anggota Komisioner KPU Wonogiri Pakai Pakaian Adat Saat Pengundian Nomor, Ini Maknanya

Solopos.com, WONOGIRI -- Komisi Pemilihan Umum atau KPU Wonogiri mengusung konsep budaya dan seni dalam melaksanakan tahapan pengundian nomor...

Bupati Klaten Sri Mulyani Segera Cuti, Siapa Pejabat Sementara Penggantinya?

Solopos.com, KLATEN -- Bupati Klaten, Sri Mulyani, yang menjadi peserta Pilkada 2020, segera ambil cuti, namun, hingga saat ini...