Balita Jogja Positif Corona Dinyatakan Sembuh
ilustrasi virus corona (Freepik)

Solopos.com, JOGJA – Balita yang merupakan pasien potif corona pertama di Jogja dinyatakan sembuh. Dia telah melalui serangkaian tes yang hasilnya menunjukkan negatif sebanyak dua kali.

Sebelumnya dia sempat dirawat di ruang isolasi di RSUP Dr Sardjito Jogja. Kini, dia dan kedua orang tuanya yang termasuk pasien dalam pengawasan (PDP) diizinkan pulang setelah dinyatakan negatif corona.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, menjelaskan pasien nomor 01 itu kondisinya terus membaik. Hasil tes laboratorium yang keluar pada Jumat (20/3/2020) menunjukkan balita itu negatif corona untuk kedua kalinya.

Pengobatan Massal Corona Via Online Ala Ningsih Tinampi

Oleh karena itu balita Jogja yang dinyatakan sembuh dari corona itu diperbolehkan pulang. Tetappi dia masih dalam pemantauan pihak RSUP Dr Sardjito.

"Kabar gembira hari ini. Kasus 01 [kasus Covid-19 untuk wilayah DIY] telah dinyatakan negatif dua kali, kondisi sehat dan telah diperbolehkan pulang oleh RSS [RSUP Sardjito]," katanya Jumat (20/3/2020), seperti dikabarkan Harianjogja.com.

Lafaz Azan di Masjid UNS Solo Diganti, Ini Tujuannya

Diberitakan sebelumnyaa, balita Jogja itu sebelumnya dirawat di ruang isolasi RSUP Sardjito bersama kedua orang tuanya yang masuk dalam PDP. Kedua orang tua  balita Jogja dinyatakan negatif corona.

Sementara si balita sempat positif corona setelah ikut bepergian ke Depok, Jawa Barat. Kondisinya selama dirawat terus membaik hingga akhirnya dinyatakan sembuh hingga diizinkan pulang sesuai prosedur perawatan.

"Karena sudah terbukti negatif. Hasil negatif atau dinyatakan sembuh itu per hari ini," ujarnya.

Salat Jumat di Sukoharjo Tetap Jalan, Saf Jemaah Berjarak 1 Meter

Berty menyatakan pasien yang diperbolehkan pulang terus diminta untuk menjaga kondisi tubuh dengan menjaga imunitas.

Pihaknya meminta pasien corona yang sembuh membuat testimoni untuk memberikan semangat kepada masyarakat.

"Memperkuat imunitas tubuh sangat jelas. Tim informasi akan segera membuat film atau apa semacam testimoni apabila yang bersangkutan bersedia agar dapat memberikan semangat masyarakat," katanya.

Dijual Rp3.000/Gelas, Jamu Anti-Corona Endang Sukoharjo Laris Manis di Solo

Menurutnya masyarakat tetap penting untuk diberikan edukasi dalam rangka penanganan Covid-19 ini.

"Diberikan edukasi untuk meningkatkan imunitas dengan hidup sehat, tetap mengikuti imbauan pemerintah membatasi diri berkumpul dan keluar rumah," tandasnya.

Corona Bisa Sembuh

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, virus corona (SARS-CoV-2) penyebab Covid-19 masuk kategori self limiting disease. Artinya infeksi tubuh akibat virus tersebut bisa sembuh sendiri jika imunitas pasien kuat.

Oleh sebab itulah masyarakat diimbau menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya dengan mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga, serta menjaga kebersihan diri serta lingkungan sekitar.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho