Bakul Sragen Nekat Datangkan Sapi Madura Tanpa SKKH, Positif PMK

Bakul di Kecamatan Kedawung, Sragen, nekat membawa delapan sapi dari Madura tanpa SKKH ke Sragen. Setelah diperiksa ternyata semuanya positif PMK.

 Petugas mantri hewan Disnakkan Sragen mengobati sapi milik peternak di wilayah Kecamatan Karangmalang, Sragen, Jumat (3/6/2022) sore. (Solopos.com/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Petugas mantri hewan Disnakkan Sragen mengobati sapi milik peternak di wilayah Kecamatan Karangmalang, Sragen, Jumat (3/6/2022) sore. (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Larangan memobilisasi ternak yang dikeluarkan Pemkab Sragen ternyata tak digubris oleh sebagian bakul. Masih ada bakul yang nekat mendatangkan sapi dari luar daerah, bahkan Madura, tanpa surat keterangan kesehatan hewan (SKKH).

Tindakan ini sangat berpotensi menyebarkan virus penyakit mulut dan kuku (PMK) yang tengah mengganas di Kabupaten Sragen. Data dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Sragen per Senin (13/6/2022) malam, kasus PMK di sragen ada 597. Sebanyak 372 kasus diantaranya aktif, 191 kasus sembuh, dan 34 kasus sapi mati, dengan perincian disembeli 29 ekor dan mati dikubur 5 ekor.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) Disnakkan Sragen, Toto Sukarno, kini seluruh kecamatan di Kabupaten Sragen zona merah PMK. Gesi yang sebelumnya nol kasus ternyata ada tambahan tujuh kasus baru.

“Kasus tertinggi masih Sumberlawang dengan 76 kasus dan Kedawung dengan 64 kasus, disusul Sambungmacan 57 kasus, Sidoharjo 52 kasus, dan Ngrampal 39 kasus. Kecamatan lainnya di bawah Ngrampal,” jelasnya, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga: Duh Biyung, Ratusan Sapi di Desa Madu Boyolali Bergejala Mirip PMK

Camat Kedawung, Endang Widayanti, menjelaskan tingginya kasus PMK itu disebabkan masih ada warga, terutama bakul, yang nekat memobilisasi ternak mereka. Di wilayahnya ditemukan adanya mobilisasi sapi dari Madura sebanyak delapan ekor.

“Kebetulan warga itu bakul ternak. Sapi didatangkan dari Madura tanpa ada SKKH. Penyuluh pertanian lapangan (PPL) dan mantri hewan langsung ke lokasi untuk menangani kasus itu,” ujarnya.

Endang mengaku sudah berulang kali menyosialisasikan warga supaya tidak melakukan mobilisasi ternak sampai 24 Juni 2022. Tetapi ada warga yang ngeyel.

Endang mengatakan delapan ekor sapi dari Madura itu sebenarnya hanya transit di salah satu desa dan kemudian dikirim ke Jakarta. Dari hasil pemeriksaan, delapan ekor sapi itu positif PMK semua.

Baca Juga: Disnakkan Sragen Terus Edukasi Peternak Cegah PMK

“Kami terus perkuat lagi sosialisasi, terutama kepada pedagang yang ngeyel-ngeyel dengan menggandeng kepala desa, mantri hewan, dan PPL,” katanya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

+ PLUS Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

Garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Tengah menyempit masuk lebih ke dalam membentuk lekukan (indentasi) dibandingkan dengan garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur diduga merupakan hasil pertemuan sepasang sesar mendatar besar yang saling berlawanan arah.

Berita Terkini

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Tanpa Potensi Hujan

Prakiraan cuaca di Sagen hari ini, Jumat (1/7/2022) akan sama seperti kemarin. Cuaca berawan mendominasi tanpa ada potensi turun hujan.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Lebih Bersahabat

Cuaca cerah berawan akan menemani Anda, warga di Karanganyar, mengawali  Jumat (1/7/2022) pagi ini. Tak perlu khawatir akan turun hujan karena prakiraan cuaca Karanganyar hari ini akan didominasi berawan.

Hari Ini Cerah Berawan, Cek Prakiraan Cuaca Sukoharjo Jumat 1 Juli 2022

Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo hari Jumat (1/7/2022) yang tersaji secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Solo 1 Juli: Cerah Berawan, Waspada Angin Dari Timur

Cuaca Kota Solo hari ini, Jumat (1/7/2022), berdasarkan prakiraan BMKG Solo akan berawan dan cerah berawan.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini 1 Juli 2022: Cerah Berawan Ada Hujan

Simak prakiraan cuaca wilayah Boyolali hari Jumat (1/7/2022) dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Cerah Berawan Pagi

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 1 Juli 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Berawan Pagi-Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 1 Juli 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Pedagang Tak Tahu Pasar Jongke-Kabangan Digabung, Ini Kata Disdag Solo

Dinas Perdagangan Kota Solo belum melakukan sosialisasi secara menyeluruh mengenai rencana penggabungan Pasar Jongke-Kabangan.

Penuhi Kebutuhan PLTSa Putri Cempo, DLH Solo Siap Impor Sampah 10 Tahun

DLH Solo saat ini tengah berdiskusi dengan pemerintah daerah sekitar mengenai rencana impor sampah untuk memenuhi kebutuhan PLTSa Putri Cempo yang akan beroperasi Desember 2022.

Mobil Meluncur ke Jurang di Boyolali Sempat Terbang dan Tabrak Pohon

Video tentang mobil berwarna merah yang hilang kendali di sebuah jalan turunan hingga akhirnya terjun ke jurang viral di media sosial.

Heboh, Gubernur Ganjar Diserbu Emak-Emak Saat Kunjungi Sukoharjo 

Gubernur Ganjar datang ke Sukoharjo untuk memantau pelaksanaan vaksinasi PMK pada hewan ternak.

Ada Kecamatan Tak Punya SMA Negeri Di Solo, Ombudsman Bilang Begini

Ombudsman RI menyoroti tidak adanya SMA negeri di Pasar Kliwon saat kunjungan ke Kota Solo, meminta Pemprov Jateng segera mencari solusi.

Bawang Merah Langka, Pengepul Luar Kota Datangi Petani di Selo Boyolali

Kelangkaan bawang merah terjadi karena para petani bawang merah mengalami gagal panen.

Polemik Holywings, Apa Pengaruhnya ke Pembangunan Holywings Solo Baru?

Holywings Solo Baru dibangun oleh PT Alpha Solo Berjaya yang menyewa lahan seluas 1.500 meter persegi di sisi timur The Park Mall Solo Baru.

Uji Coba PLTSa Putri Cempo Solo: Jenis Sampah Ini Tidak Bisa Diolah

Sampah basah sehabis hujan sempat menjadi kendala saat uji coba PLTSa di TPA Putri Cempo, Mojosongo, Solo, yang dimulai Selasa (28/6/2022).

3 Penganiaya Nasabah Bank Plecit Wonogiri Divonis 5 Bulan Penjara

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Wonogiri memvonis lima bulan penjara kepada tiga terdakwa kasus penganiayaan kepada nasabah bank plecit di Kabupaten Wonogiri, Kamis (30/6/2022).