SOLOPOS.COM - Ilustrasi asuransi mobil. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA-Salah satu cara untuk melindungi kelangsungan mobil adalah dengan asuransi. Namun saat ini banyak perusahaan dan produk asuransi.

Sehingga pemilik kendaraan justru bingung untuk menentukan asuransi yang akan dia gunakan. Berikut beberapa tips memilih asuransi sebelum kita menentu pilihan, sebagaimana dikutip dari Lifepal, Senin (23/1/2023).

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Tapi perlu diingat bahwa hal paling penting dalam memilih asuransi mobil adalah menyesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, kita perlu menentukan dulu seperti apa kebutuhan mobil dan keuangan. Misalnya soal premi, harus disesuaikan dengan bujet yang kita punya agar

  1. Legalitas perusahaan asuransi

Banyak orang yang terjebak dalam kasus penipuan asuransi. Hal ini bisa terjadi karena nasabah kurang melakukan riset terhadap perusahaan asuransi yang dipilih.

Saat akan membeli asuransi, pastikan perusahaan asuransi tersebut sudah terjamin legalitasnya. Perusahaan asuransi yang resmi pasti sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

  1. Pilih jenis asuransi mobil sesuai kemampuan

Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa didapatkan, antara asuransi mobil all risk atau asuransi mobil total lost only (TLO). Asuransi mobil all risk adalah jenis asuransi mobil yang menanggung segala bentuk risiko, mulai dari ringan sampai berat.

Sedangkan TLO adalah jenis asuransi mobil yang menanggung kerugian dengan nilai besar, mencapai 75 persen dari harga kendaraan.

Coba perhatikan kondisi mobil, kira-kira jenis mana yang paling sesuai. Kalau kamu punya mobil bekas atau mobil tua, kemungkinan kerusakan lebih besar, sehingga lebih aman pakai asuransi TLO.

  1. Bekerja sama dengan banyak bengkel rekanan

Hal terpenting yang tak boleh terlewat adalah jumlah bengkel rekanan yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi mobil tersebut.

Pastikan perusahaan asuransi yang dipilih punya banyak jaringan bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sebas asuransi mobil hanya bisa menanggung biaya perbaikan di bengkel rekanan.

Sementara, jika bengkel rekanannya sedikit, maka akan sulit bagi kamu untuk membawa mobil yang rusak ke bengkel tersebut. Jadi, jangan lupa untuk mempertimbangkan juga hal ini.

  1. Proses klaim mudah

Hindari asuransi mobil yang menyediakan proses klaim asuransi mobil yang terlalu rumit. Karena, bisa-bisa kamu malah kerepotan sendiri saat akan mengajukan klaim.

Akan lebih baik lagi kalau asuransi yang dipilih menyediakan layanan klaim yang praktis, misalnya bisa melalui aplikasi digital.

  1. Sesuaikan dengan bujet

Hal ini tidak boleh sampai terlewat. Saat akan membeli asuransi mobil, sesuaikan dengan bujet yang kamu miliki. Secara khusus, cari tahu dulu perkiraan harga preminya.

Setiap nasabah harus membayar premi secara berkala. Besaran premi bagi setiap orang berbeda, dipengaruhi oleh jenis asuransinya, usia kendaraan, cakupan manfaat pertanggungan, dan lain sebagainya.

Nah, sebelum membeli asuransi mobil, coba simulasikan dulu perkiraan harga preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil.

  1. Tidak banyak keluhan pelanggan

Sebaiknya, sebelum memilih asuransi mobil, cari tahu dulu seperti apa testimoni dari pelanggan-pelanggan sebelumnya.

Kita bisa melakukan pengecekan secara online untuk mengetahui seberapa banyak keluhan pelanggan terhadap perusahaan asuransi tersebut.

Saat ini juga informasi tentang suatu perusahaan asuransi bisa ditemukan di media-media online. Kalau perusahaan tersebut sering diberitakan oleh media karena kasus tertentu, sebaiknya pertimbangkan lagi untuk memilihnya.

  1. Layanan nasabah lengkap

Perusahaan asuransi yang baik adalah perusahaan asuransi yang menjamin kepuasan nasabah lewat layanan nasabah, baik itu melalui customer care, call center, dan lain sebagainya.

Semakin lengkap layanan nasabah di suatu perusahaan asuransi, tentu akan semakin baik. Coba perhatikan, apakah asuransi yang mau kamu pilih sudah punya alamat, kontak, serta email yang jelas.

Banyaknya layanan nasabah akan memudahkan kita jika di kemudian hari perlu mengajukan pertanyaan seputar produk asuransi yang dimiliki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya