SOLOPOS.COM - Para pemain Timnas Iran merayakan gol ke gawang Indonesia dalam laga uji coba tertutup di Doha, Qatar, Selasa (9/1/2024). (Twitter)

Solopos.com, DOHA — Timnas Indonesia untuk sementara ketinggalan 0-3 versus Iran dalam laga uji coba di Doha, Qatar, Selasa (9/1/2024) malam waktu setempat.

Ketiga gol Iran diciptakan oleh Ghoddos, Cheshmi dan Moghanlou.

Promosi Membangun Jejaring dan Komunitas Pacu UMKM Naik Kelas dan Ekspor

Informasi itu diperoleh dari akun resmi X (Twitter) milik Timnas Iran. Menurut akun tersebut, saat ini pertandingan memasuki jeda babak pertama.

Diberitakan sebelumnya, Timnas Indonesia melakoni uji coba terakhir kontra Iran sebelum terjun ke Piala Asia 2023, di Al Rayyan Training Site, Qatar, Selasa (9/1/2024) pukul 18.00 waktu setempat.

Berbeda dengan uji coba sebelumnya, kali ini pertandingan digelar secara tertutup.

Pasalnya kedua tim sama-sama terjun ke Piala Asia sehingga tidak ingin strategi terbaca calon lawan.

Piala Asia 2023 digelar di Qatar mulai 12 Januari sampai 10 Februari 2024. Timnas Indonesia yang tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak dan Vietnam terus mematangkan persiapan.

Setelah menggelar pemusatan latihan atau training camp (TC) di Antalya, Turki, pada 21 Desember 2023 sampai 6 Januari 2024, Timnas Indonesia melanjutkan persiapan di Doha.

Saat TC di Antalya, skuad Garuda sudah melakukan dua kali uji coba melawan Libya dengan hasil selalu menelan kekalahan, masing-masing 0-4 dan 1-2.

“Kami sudah melalui beberapa pekan latihan di TC yang sangat baik, dan dua laga uji coba untuk persiapan. Nanti malam adalah pertandingan terakhir untuk persiapan Piala Asia,” kata penyerang Timnas Indonesia, Rafael Struick, seperti dikutip Solopos.com dari laman PSSI.

Rafael menambahkan, dia dan rekan-rekannya akan berusaha untuk menampilkan apa yang mereka dapatkan setelah hampir tiga pekan ditempa melalui TC dan uji coba saat melawan Iran malam nanti.

Bahkan pemain asal klub Belanda, Ado den Haag, itu tak gentar dengan nama besar Iran yang merupakan salah satu kekuatan sepak bola Asia.

Tim asuhan Amir Ghalenoei pada saat ini menempati ranking 21 FIFA, atau terbaik kedua setelah Jepang yang menempati posisi 17.

“Saya rasa yang perlu kami lakukan adalah menjalani pertandingan sebaik mungkin dengan mempraktikkan apa yang sudah kami latih selama di TC beberapa pekan ini. Memberikan yang terbaik di pertandingan dan mencoba meraih kemenangan. Jadi kita lihat nanti,” tutur pemain berusia 20 tahun tersebut.

Perkiraan susunan pemain

Timnas Indonesia (5-3-2)

Ernando Ari; Yakob Sayuri, Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott, Pratama Arhan; Justin Hubner, Ivar Jenner, Sandy Walsh; Saddil Ramdani, Rafael Struick

Iran (4-4-2)

Alireza Beiranvand; Sadegh Moharrami, Hossein Kanaanizadegan, Majid Hosseini, Milad Mohammadi; Mohammad Mohebbi, Saman Ghoddos, Saeid Ezatolahi, Alireza Jahanbakhsh; Mehdi Taremi, Sardar Azmoun

Head to head Timnas Indonesia vs Iran

Asian Games, 13 Desember 1966

Iran vs Indonesia, 1-0

Asian Games, 12 Desember 1970

Indonesia vs Iran, 2-2

Piala Asia, 13 Agustus 1984

Indonesia vs Iran, 0-1



Kualifikasi Piala Dunia, 2 September 2011

Iran vs Indonesia, 3-0

Kualifikasi Piala Dunia, 15 November 2011

Indonesia vs Iran, 1-4

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya