Ayo! Main Air Sambil Healing di Kali Wedok Salatiga, Gratis Lur...

Apabila Anda sedang mencari tempat healing yang murah bahkan gratis di Kota Salatiga, Jawa Tengah, salah satu rujukannya Kali Wedok.

 Kali Wedok (Putri) salah satu jujugan wisata di Salatiga yang gratis. (Solopos.com/ Hawin Alaina)

SOLOPOS.COM - Kali Wedok (Putri) salah satu jujugan wisata di Salatiga yang gratis. (Solopos.com/ Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Kota Salatiga, Jawa Tengah ternyata memiliki tempat wisata menarik dan gratis. Penasaran? Berikut ini ulasan Solopos.com tentang tempat wisata air di tengah Kota Salatiga itu.

Apabila Anda sedang mencari tempat healing yang murah bahkan gratis di Salatiga, salah satu rujukannya Kali Wedok. Wisata air sejenis umbul ini menawarkan sensasi berbeda di tengah Kota Salatiga.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Anda bisa berenang di kolam dengan ukuran sekitar 20 meter x 8 meter dengan kedalaman 80 sentimeter (cm). Kolam renang Kali Wedok Salatiga ini cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu sendiri, bersama teman, pacar, maupun keluarga.

Air Kali Wedok Salatiga jernih dan segar. Anda bisa melihat banyak ikan warna-warni berenang di kolam.

Kali Wedok Salatiga ini menjadi salah satu jujukan sejumlah orang, terutama saat akhir pekan. Meskipun ramai, pengelola Kali Wedok Salatiga tidak memungut biaya tertentu untuk pengunjung yang ingin berenang atau sekadar duduk di tepi kolam. Anda cukup membayar parkir.

Baca Juga : Salatiga Kota Terindah di Jawa Tengah Sejak Zaman Kompeni

Lokasi Kali Wedok Salatiga

Tempat wisata air Kali Wedok ini berada di tengah Kota Salatiga, tepatnya depan Kali Taman. Berada di sisi selatan Jalan Kalitaman, tepatnya Jl. Kalitaman, Kalitaman, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Mudahnya, dari Patung Pangeran Diponegoro atau Ramayana, Anda mengambil jalan lurus. Kemudian, ke kiri mengikuti jalan tersebut sejauh 250 meter. Anda akan menemukan wisata air Kali Wedok di sebelah kanan jalan.

Dilansir dari berbagai sumber, keberadaan Kali Wedok ini tidak terlepas dari Kali Taman yang terletak di sisi utara. Keduanya wisata air itu memiliki sumber air yang sama.

wisata air kali wedok salatiga
Kali Wedok (Putri) salah satu jujugan wisata di Salatiga yang gratis. (Solopos.com/ Hawin Alaina)

Tahun 1927, Kali Taman dibangun sebagai tempat rekreasi pemandian. Tempat itu khusus laki-laki dari kalangan kulit putih. Di sebelah selatan, juga dibangun tempat pemandian atau kolam khusus untuk perempuan. Maka muncul istilah Kali Lanang dan Kali Wedok.

Baca Juga : Umbul Senjoyo Salatiga, Tempat Padusan Favorit di Jawa Tengah

Aktivitas di Kali Wedok

Anda bisa berenang atau sekadar bermain air di kolam yang juga dikenal dengan sebutan Kali Putri ini. Bagi Anda yang tidak ingin bermain air, bisa sekadar duduk santai di pinggir kolam.

Pengelola Kali Wedok menyediakan tempat duduk di dekat kolam. Anda bisa bersantai sambil menikmati makanan atau ngopi. Tenang, Anda bisa membeli makanan dan minuman dari sejumlah pedagang di dekat kolam Kali Wedok.

Jika beruntung, Anda akan mendapatkan pemandangan yang cantik. Pemandangan kolam dengan air jernih dan Gunung Merbabu yang gagah.

Pantauan Solopos.com, sejumlah pengunjung yang datang ke Kali Wedok Salatiga hanya ingin duduk bersantai dan menenangkan pikiran, healing. Seperti disampaikan warga Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Rudi.

Baca Juga : Mitos Pohon Pengantin Salatiga, Bisa Bikin Hubungan Kekasih Langgeng

Dia datang ke Kali Wedok Salatiga sejak pagi pukul 10.00 WIB. Ia mengaku hanya ingin bersantai. “Me-refresh pikiran karena pusing buat skripsi,” kata mahasiswa itu, Jumat (5/8/2022).

Ia duduk sendiri di pinggir kolam Kali Wedok sembari menyeruput kopi hitam yang dia beli dari warung sekitar kolam Kali Wedok Salatiga.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

    Espos Plus

    Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    + PLUS Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    Banyak perempuan di dunia sains yang wafat tanpa menyaksikan masyarakat modern hidup dengan memanfaatkan dan mengakui kontribusi mereka. Eunice Newton Foote (1819-1888) adalah pencetus kali pertama teori pemanasan global.

    Berita Terkini

    4 Hari Tak Ada Kabar, Kakek di Grobogan Ditemukan Meninggal dalam Rumah

    Seorang kakek di Grobogan, Jateng, mengalami peristiwa tragis ditemukan meninggal dunia terjepit di antara lemari di dalam rumahnya.

    Sempat Vakum 2 Tahun, Kejurprov Lemkari Digelar di Cepu

    Kejurprov Lemkari Jateng kembali digelar tahun ini dan diselenggarakan di Cepu, Kabupaten Blora.

    Ratusan Nakes di Semarang Mulai Terima Vaksin Booster Kedua

    Ratusan nakes di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mulai menerima vaksin booster dosis kedua.

    Ini Motif Pelaku Bunuh Bocah Magelang yang Meninggal di Kebun Kopi

    Ini dugaan sementara motif pelaku tega menghabisi nyawa temannya, yakni bocah di Magelang yang mayatnya ditemukan di kebun kopi.

    Ditemukan Bersimbah Darah, Warga Bringin Semarang Jatuh dari Pohon Jati

    Seorang warga Bringin, Kabupaten Semarang, ditemukan meninggal dunia, diduga jatuh dari pohon jati.

    Bocah di Magelang Meninggal, Diduga Dianiaya Lebih dari 1 Orang

    Bocah di Magelang yang meninggal di kebun kopi Desa Baleagung, Kecamatan Grabag, diduga dianiaya lebih dari satu orang.

    Kronologi Bocah Magelang Meninggal Dihabisi Temannya di Kebun Kopi

    Begini kronologi pembunuhan bocah di Magelang yang diduga dilakukan temannya dan ditemukan di kebun kopi.

    Inspiratif! Warga Desa Semarang Ini Ubah Kotoran Ternak Jadi Penerangan

    Kisah inspiratif datang dari Kepala Desa Kadirejo, Pabelan, Kabupaten Semarang, yang mengubah kotoran sapi menjadi biogas untuk lampu penerangan.

    Terungkap! Ini Pelaku Pembunuhan Bocah 13 Tahun di Kebun Kopi Magelang

    Tersangka pelaku pembunuhan bocah berusia 13 tahun yang mayatnya ditemukan di kebun kopi Desa Baleagung, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, akhirnya diungkap.

    Asyik! Bandara Purbalingga Layani Penerbangan Lagi

    Bandara JB Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) kembali melayani penerbangan dengan rute Pondok Cabe-Purbalingga pergi pulang.

    Ditemukan Meninggal di Kebun Kopi, Bocah di Magelang Diduga Dibunuh

    Bocah 13 tahun yang ditemukan meninggal di kebun kopi di Magelang diduga merupakan korban pembunuhan.

    Geger! Mayat Bocah 13 Tahun Ditemukan di Kebun Kopi Magelang

    Mayat seorang bocah laki-laki berusia 13 tahun ditemukan di sebuah kebun di Desa Baleagung, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

    Ayo! Main Air Sambil Healing di Kali Wedok Salatiga, Gratis Lur...

    Apabila Anda sedang mencari tempat healing yang murah bahkan gratis di Kota Salatiga, Jawa Tengah, salah satu rujukannya Kali Wedok.

    Dinkes Jateng Tanggapi Kabar 2 Pasien RSJD Solo Terikat saat Kebakaran

    Dinas Kesehatan atau Dinkes Jateng memberikan tanggapann terkait beredarnya kabar dua pasien korban kebakaran RSJD Solo dalam posisi terikat.

    Nekat! Maling Jebol Tembok Alfamart Gondol Rokok & Susu

    Maling membobol Alfamart dengan membuat lubang di tembok belakang untuk menggondol rokok dan susu.