SOLOPOS.COM - Dandim 0726/Sukoharjo, Letkol (Inf) Agus Adhi Darmawan, menyerahkan bibit tanaman alpukat kepada peserta vaksinasi Covid-19. (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO — Komunitas Peduli Sosial Community (PSC) berkerja sama dengan Kodim 0726/Sukoharjo menyelenggarakan vaksinasi massal Covid-19 pada Jumat (19/11/2021).

Namun, vaksinasi Covid-19 kali itu berbeda dengan vaksinasi massal Covid-19 pada umumnya. Komunitas PSC dan Kodim 0726/Sukoharjo memberikan cinderamata khusus kepada peserta vaksinasi Covid-19.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Mereka menyiapkan bibit tanaman alpukat. Koordinator kegiatan, Kunari Mahanani, menyampaikan kegiatan vaksinasi Covid-19 dosis kedua itu terlaksana berkat bantuan sejumlah pihak.

Baca Juga : Video Musik Boy With Luv BTS Raih 1,4 Miliar Views di Youtube

Beberapa pihak yang dimaksud, seperti Newsroom Peduli, Omah Sambung, Fave Hotel, dan Yukata Peduli. Pada kesempatan itu, pelantun tembang Tatu, Ardha, menghadiri acara vaksinasi Covid-19 kali itu.

“Vaksin dosis kedua ini kami bekerja sama dengan beberapa pihak diantaranya ada Kodim Sukoharjo. Ada Dinas Pertanian dan Perikanan yang sudah membantu 300 lebih bibit buah alpukat gratis. Itu sebagai tali asih untuk peserta vaksinasi Covid-19,” tutur Kunari melalui siaran pers yang diterima Solopos.com, Kamis (25/11/2021).

Kunari menceritakan alasan memberikan cinderamata bibit tanaman alpukat kepada peserta vaksinasi Covid-19. Vaksinasi Covid-19 kali itu, katanya, selain untuk menekan persebaran Covid 19 juga ingin mengajak warga melakukan penghijauan.

Baca Juga : Puluhan Kendaraan Melawan Arus Jl. Jensud Wonogiri, Ini Jawaban Dishub

Dia tidak berharap muluk-muluk. Kunari menginginkan peserta vaksinasi Covid-19 itu mau menanam bibit tanaman alpukat di rumah masing-masing. Harapannya, warga mendapatkan manfaat dari tanaman tersebut kelak.

“Harapan kami bibit ini di tanam di pekarangan atau bisa dengan media pot. Saya kira enggak muluk-muluk jika setiap rumah ini ada tanaman alpukat. Maka ke depan salah satu wilayah di Sukoharjo bisa menjadi sentra buah alpukat,” ungkapnya.

Program Penghijauan

Salah satu peserta vaksinasi Covid-19, Yuniati, mengaku tidak menyangka akan mendapatkan bibit tanaman buah gratis setelah mengikuti vaksinasi Covid-19. Dia mengaku kali pertama mendengar penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 berhadiah bibit tananaman buah.

Baca Juga : Erick Thohir Minta Toilet SPBU Digratiskan, Ini Tanggapan Masyarakat

“Ini beda dan keren banget. Udah dapat vaksin Covid-19, pulang bisa bawah bibit tanaman buah. Lumayan nih, bisa ditanam depan rumah,” katanya terkekeh.

Dandim 0726/Sukoharjo, Letkol (Inf) Agus Adhi Darmawan, menyampaikan agenda vaksinasi Covid-19 kali itu berbeda dengan vaksinasi Covid-19 yang sudah berjalan beberapa waktu sebelumnya. Hal yang membedakan adalah cinderamata untuk peserta vaksinasi Covid-19 berupa bibit tanaman buah.

Dia menyampaikan kegiatan tersebut sejalan dengan program Kodim 0726/Sukoharjo yang saat ini gencar melakukan penghijauan, termasuk budidaya tanaman produktif untuk masyarakat. Utamanya masyarakat di wilayah perdesaan.

Baca Juga : Ekonomi RI Membaik, Sri Mulyani Janji Tak Berutang Lagi

“Poinnya di sini adalah kami bersinergi dengan semua pihak termasuk komunitas. Sehingga dengan kebersamaan ini wabah segera berakhir dan ekonomi segera pulih kembali,” jelas Dandim.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, Bagas Indaryatno. Bagas mengapresiasi program Kodim Sukoharjo dan Komunitas PSC “Satu Rumah, Satu Bibit Buah”. Menurut dia program itu sejalan dengan program Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo.

“Untuk hari ini tadi kami kirim 350 bibit sesuai dengan peserta vaksinasi Covid-19. Harapan kami selain sebagai upaya penghijauan, ke depan bibit tanaman buah itu akan memberikan nilai tambah ekonomi warga,” tutur Bagas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya