Asyik! Akan Ada Wisata Air Bengawan Solo dari Beton ke Pucangsawit, Apa Saja Wahananya?
Perahu karet uji coba jalur wisata air Sungai Bengawan Solo dari Beton, Sewu, menuju Pucangsawit, Jebres, Solo, Jumat (4/12/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo merintis wisata air Sungai Bengawan Solo. Warga bisa menumpang kapal berjarak 2,7 kilometer dari Kampung Beton, Kelurahan Sangkrah, sampai Kampung/Kelurahan Pucangsawit.

Di Kampung Pucangsawit itu lah, warga bisa menikmati kebun buah dan taman bermain. Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengatakan pengembangan wisata air tersebut masih dalam tahap persiapan.

Penembakan Mobil Bos Duniatex Berawal Dari Persoalan Tanah Dan Utang Rp16 Miliar, Begini Ceritanya

Sejumlah sarana prasarana pendukung seperti bronjong batu penahan tanah, loket tiket serta pohon buah masih berproses. Targetnya sebelum jabatannya berakhir sebagai Wali Kota, ia ingin wahana wisata baru Bengawan Solo tersebut bisa dinikmati warga.

“Dari Beton ke sini [Pucangsawit], warga naik perahu, kemudian kembali ke Beton naik andong. Begitu pula sebaliknya,” katanya saat Mider Praja ke Kampung Pucangsawit, Jumat (4/12/2020).

Lukas Jayadi Tersangka Penembakan Mobil Bos Duniatex Ternyata Pebisnis Sukses Bidang Otomotif Di Solo

Rudy, panggilan akrabnya, mengatakan saat Sungai Bengawan Solo naik, airnya sampai ke tepian tanggul sehingga tak butuh dermaga. Utamanya saat musim penghujan.

Master Plan

Masyarakat sekitar antusias menata kawasan itu dengan bergotong royong menjadi kawasan wisata air Bengawan Solo. Pemkot bakal menugaskan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo untuk menempatkan petugas saat operasional wahana wisata itu.

Sebut Demokrasi Terbajak, PKS Putuskan Abstain Pada Pilkada Solo 2020

“Ya, nanti penumpang kapal pakai pelampung. Pengemudi kapalnya kami pastikan sudah mumpuni sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Petugas SAR juga akan ada di lokasi,” ucap Rudy.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo, Endah Sitaresmi Suryandari, mengaku tengah membuat master plan guna mendukung pengembangan wisata air tersebut.

5 Hari Jelang Pilkada Sukoharjo, Tim EA Laporkan Akun FB Yayoek Yayoek Ke Polisi, Ada Apa?

“Kami akan fokus menata dan mengangkat nama Sungai Bengawan Solo. Ke depan, kami akan menata jalur pedestrian serta pembuatan taman bermain anak,” katanya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom