Asyik! Ada Bus Pariwisata Gratis di Purwokerto

Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas melakukan sejumlah inovasi untuk moda transportasi darat salah satunya penyediaan 5 bus wisata gratis.   

 Ilustrasi Terminal (Espos/Rudi Hartono)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Terminal (Espos/Rudi Hartono)

Solopos.com, PURWOKERTO — Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas melakukan sejumlah inovasi untuk moda transportasi darat salah satunya penyediaan 5 bus wisata gratis.

Inovasi yang dikembangkan Dishub Kabupaten Banyumas lainnya ada di Terminal Bus Tipe A Bulupitu, Purwokerto. Dishub juga mengembangkan program Sungai Serayu, layanan bus buy the service (BTS), dan bus pariwisata. “Bus pariwisata nanti kami percepat. Pengoperasian bus pariwisata gratis juga kami percepat,” kata Bupati Banyumas, Achmad Husein, seperti ditulis Antara, Selasa (31/8/2021).

PromosiDitemukan di Sragen, Nasib Prasasti Raja Sankhara Dijual ke Tukang Loak

Pemerintah Kabupaten Banyumas telah menyiapkan lima bus pariwisata gratis yang akan melayani wisatawan ke sejumlah objek wisata. Sejumlah inovasi yang diresmikan Bupati Banyumas, antara lain peluncuran operasionalisasi manajemen parking gate (parkir kendaraan secara elektronik) di Terminal Bus Tipe A Bulupitu.

Baca Juga : Yanti Kristina, Penjual Serabi di Banyumas Ini Ternyata Sarjana

Pengoperasian manajemen parkir kendaraan secara elektronik tersebut menggantikan sistem sebelumnya yang dilakukan secara manual. “Dengan adanya manajemen parkir secara elektronik ini, banyak keuntungan yakni peningkatan pendapatan asli daerah, adanya transparansi, dan kenyamanan masyarakat. Yang jelas kenyamanan, karena nantinya masyarakat yang parkir di Terminal Bulupitu menerima asuransi,” kata Kepala Dishub Kabupaten Banyumas, Agus Nur Hadie.

Menurut dia, manajemen parkir tersebut untuk sementara masih menggunakan uang tunai namun ke depan akan beralih ke transaksi nontunai. Selain manajemen parkir, dalam kesempatan tersebut juga diluncurkan aplikasi Simandala, yakni Sistem Informassi dan Manajemen Data Alat Penerangan Jalan. Simandala merupakan aplikasi untuk mengetahui data penerangan jalan umum (PJU) karena selama ini, pihaknya tidak memiliki basis data tentang PJU.

Ia mengatakan dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan Peraturan Bupati Banyumas Nomor 44 Tahun 2021 tentang Jaringan Trayek Angkutan Kota dan Angkutan Perdesaan serta Jumlah Kendaraan yang Melayani Trayek di Kabupaten Banyumas.

Baca Juga : Pemkab Banyumas Uji Coba Pembukaan Objek Wisata

Dengan adanya peraturan bupati tersebut, nantinya ada perubahan trayek angkutan kota dan angkutan perdesaan di Kabupaten Banyumas. “Perubahan trayek di Banyumas terakhir terjadi pada tahun 2007, apalagi sekarang ada sistem satu arah. Selain itu ada integrasi Trans Jateng dan nanti ke depan atau akhir tahun 2021 ada operasional Trans Banyumas,” katanya.

Sumber: Antara

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

10 Prajurit TNI Membantu Local Strongman Mengelola Kerangkeng Manusia

+ PLUS 10 Prajurit TNI Membantu Local Strongman Mengelola Kerangkeng Manusia

Sepuluh orang prajurit TNI ditetapkan menjadi tersangka kasus penganiayaan dan penyiksaan penghuni kerangkeng manusia di rumah Bupai Langkat nonaktif, Provinsi Sumatra Utara, Terbit Rencana Peranginangin.

Berita Terkini

Penilap Bansos di Ngaringan Apakah Bisa Dipecat? Ini Jawaban Bupati

Kasus ASN di Kantor Kecamatan Ngaringan yang menilap bansos warga yang meninggal dunia sudah ditangani Polres Grobogan.

Tanggul di Semarang Jebol, PLN Respons Cepat Amankan Jaringan Listrik

PLN terpaksa harus mengamankan sebanyak 408 gardu distribusi yang menyalurkan listrik ke sebanyak 35.000 pelanggan.

Banjir Rob di Semarang, PLN Lakukan Pemadaman Listrik

Banjir rob yang melanda Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), akibat jebolnya tanggul laut direspons PLN dengan melakukan pemadaman listrik di wilayah yang terdampak.

Banjir Rob Landa 4 Daerah di Jateng, Ganjar: Siapkan Posko Darurat!

Sejumlah daerah di kawasan pesisir utara Jawa Tengah atau Jateng dilanda banjir rob pada Senin (23/5/2022).

Kejaksaan dan Kepolisian Ikut Awasi Pelaksanaan Proyek di Grobogan

Kejaksaan Negeri Grobogan dan Polres Grobogan dilibatkan dalam proses pengawasan pelaksanaan pekerjaan konstruksi, barang dan jasa di Kabupaten Grobogan.

Banjir Rob Terjang Rumah Warga di Semarang Gegara Tanggul Jebol

Banjir rob melanda kawasan pesisir Kota Semarang, tepatnya daerah dekat Pelabuhan Tanjung Emas, akibat jebolnya tanggul penahan air.

Begini Curhatan Warga Semarang Jadi Langganan Banjir Rob

Banjir rob sudah menjadi peristiwa yang jamak bagi warga Kampung Tambakrejo, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Banjir Rob Genangi Pesisir Pati, Tanggul Laut Jebol

Sejumlah desa di pesisir Kabupaten Pati, Jawa Tengah, digenangi banjir rob.

Hangus Terbakar, Jembatan Juwana Pati Segera Dibongkar

Jembatan Juwana di Kabupaten Pati, Jawa Tengah diusulkan segera dibongkar.

46 Hektare Mangrove Terancam Tol Semarang-Demak, Relokasi Bukan Solusi

Hutan mangrove atau bakau seluas 46 hektare terancam oleh pembangunan tol Semarang-Demak. Langkah merelokasi hutan mangrove itu bukan solusi.

Banjir Rob Setinggi 2 Meter Terjang Kota Semarang

Peristiwa banjir rob dengan ketinggian lebih dari 2 meter melanda daerah pesisir di Kota Semarang, Senin (23/5/2022).

Diklaim Punah, Ini Cerita Kemunculan Harimau Jawa di Sejumlah Tempat

Harimau Jawa diklaim telah punah sejak 1980-an, meski demikian cerita tentang kemunculan binatang ini masih sering terdengar hingga sekarang.

Ratusan Jiwa di Jawa Tengah Dipasung Karena Alasan Malu dan Aib

Sepanjang 2021, jumlah warga di Jawa Tengah yang hidup terkungkung dan dipasung karena mengalami gangguan jiwa mencapai 390 orang, oleh keluarganya sendiri dengan alasan malu atau aib keluarga dan tidak dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD).

Disebut dapat Restu Jokowi di Rakernas Projo, Ini Reaksi Ganjar

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menampik pernyataan Presiden Jokowi terkait capres yang akan diusung pada Pilpres 2024 saat Rakernas Projo ditujukan kepadanya.

Harimau Muncul di Banjarnegara, BKSDA Jateng Kerahkan 2 Tim

Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Jateng menerjunkan dua tim guna menyelidiki kebenaran informasi kemunculan harimau di Banjarnegara.

Sejarah Banyumas: Dulu Bagian dari Keraton Solo

Kabupaten Banyumas di Jawa Tengah ternyata dulu pernah termasuk dalam wilayah kekuasaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.