SOLOPOS.COM - Ilustrasi silaturahmi saat Lebaran. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Taqabbalallahu minna wa minkum merupakan kalimat yang kerap diucapkan di Hari Raya Idulfitri, nah kira-kira apa sih artinya?

Momen Lebaran menjadi hal yang penting untuk bersilaturahmi dan menjalani komunikasi dengan keluarga, saudara, tetangga, atau pun teman-teman.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Indonesia untuk berkirim ucapan Lebaran baik melalui media sosial hingga chat WhatsApp.

Nah, ucapan Hari Raya Idulfitri yang kerap disampaikan adalah Taqabbalallahu minna wa minkum, apa sih artinya sebenarnya?

Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), Taqabbalallahu minna wa minkum, artinya, Semoga Allah menerima amal ibadah Ramadan kami dan kamu.

Apabila ucapan tersebut disampaikan secara lengkap memang menjadi panjang yang bunyinya sebagai sebagai berikut.

Taqabbalallaahu minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair.

Artinya: Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadan) kami dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu senantia dalam kebaikan.

Setelah mengetahui arti Taqabbalallaahu minnaa wa minkum, lalu bagaimana cara membalas ucapan tersebut?

Ucapan tersebut juga dibalas dengan Taqabbalallahu minna wa minkum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya