SOLOPOS.COM - Ilustrasi WhatsApp. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Aplikasi mengirim pesan WhatsApp mengeluarkan fitur baru proxy yang membuat masyarakat bertanya-tanya apa sih fungsi dan maksudnya?

Proxy WhatsApp merupakan fitur yang memungkinkan pengguna mengirim pesan tanpa paket data. Fitur terbaru ini diluncurkan karena sejumlah pengguna WhatsApp beberapa kali menemui kendala ketika ingin menggunakan layanan ini.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

WhatsApp dalam keterangan resminya, mengatakan server proxy ini bisa membantu pengguna tetap terhubung ke WhatsApp dan dapat berkomunikasi dengan normal.

“Kami terus memperjuangkan hak Anda untuk berkomunikasi secara bebas dan privat. Sekarang, saat terhubung ke WhatsApp secara langsung tidak memungkinkan, Anda dapat tetap terhubung di seluruh dunia melalui server yang dibuat oleh sukarelawan dan organisasi yang didedikasikan untuk membantu orang lain berkomunikasi dengan bebas,” ujar WhatsApp dalam unggahan Twitter, Kamis (5/1/2023).

Setelah mengetahui apa itu proxy WhatsApp dan fungsinya, berikut ini terdapat cara mengaktifkannya, yang Solopos.com kutip dari situs resmi Universitas Gunadarma.

1. Buka aplikasi WhatsApp.
2. Buka bagian Settings.
3. Buka bagian Storage and data.
4. Buka Proxy settings.
5. Aktifkan proxy.
6. Pilih set proxy dan masukkan alamat proxy.

Untuk alamat proxy, WhatsApp tidak menyediakannya. Pengguna harus mencari sendiri alamat server proxy yang aman dan bisa digunakan di suatu wilayah.

Fitur proxy ini tersedia untuk semua pengguna, baik yang menggunakan Android maupun iOS.

WhatsApp juga memberi peringatan ketika pengguna ingin mengaktifkan fitur proxy ini. “Hanya menggunakan proxy ketika tidak bisa terhubung ke WhatsApp. IP Address Anda dapat terlihat oleh penyedia proxy, tetapi bukan WhatsApp,” kata WhatsApp.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya