Anies Baswedan Dampingi Jokowi Tinjau Vaksinasi Covid-19 Pedagang
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meninjau vaksinasi Covid-19 massal di Istora Senayan, Jakarta, Kamis 4 Februari 2021. (Bisnis-Sekretariat Presiden)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo, Rabu (17/2/2021), membiarkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendampinginya meninjau vaksinasi Covid-19 para pedagang Pasar Tanah Abang di Jakarta. Dalam beberapa waktu terakhir ini, Anies Baswedan dijagokan berbagai kalangan sebagai kandidat terkuat calon presiden dalam pilpres mendatang.

Presiden Jokowi dijadwalkan melakukan peninjauan vaksinasi Covid-19 pedagang Pasar Tanah Abang bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Dalam siaran langsung yang ditayangkan melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (17/2/2021), kepala negara tampak memperhatikan secara seksama proses penyuntikkan vaksin tersebut.

“Melanjutkan program vaksinasi yang telah kita mulai pada 13 Januari [2021] lalu, di tahapan pertama kita telah melakukan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan dan tahapan yang kedua yang dimulai hari ini di pasar Tanah Abang di DKI Jakarta atas kerja sama antara Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kita memulai vaksinasi untuk pelayan publik dan pekerja publik,” jelas Jokowi.

Baca Juga: Terungkap, Kekasih Jang Hansol Sedih Selalu di Balik Layar Korea Reomit

Lebih lanjut, Jokowi juga menyampaikan bahwa proses vaksinasi Covid-19 berjalan dengan baik dan diharapkan pekerja pelayanan publik seperti aparat keamanan, pedagang pasar, wartawan hingga pekerja di toko atau mal akan divaksinasi. Proses vaksinasi Covid-19 kepada pedagang di Pasar Tanah Abang ini menandai dimulainya vaksinasi Covid-19 tahap kedua.

Sebelumnya, Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes dr Maxi Rein Rondonuwu menyatakan vaksinasi Covid-19 ditargetkan menyasar 55.000 pedagang pasar Tanah Abang dan akan berlangsung selama enam hari. "Harapannya, vaksinasi akan bergulir untuk seluruh pedagang pasar di DKI Jakarta dan seluruh Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerangkan jumlah pedagang dan pekerja di Pasar Tanah Abang yang terdaftar menerima vaksin Covid-19 pada tahap kedua sebanyak 9.791 orang.

Baca Juga: Dikenalkan dengan Indonesia, Dayana Diundang ke KBRI Nur-Sultan

Rencananya, vaksinasi bakal diberikan kepada 1.500 orang per hari. "Para pedagang dan para pekerja di Pasar Tanah Abang jumlah total yang terdaftar ada 9.791 orang, per hari akan divaksin 1.500 orang,” kata Anies.

Bentuk Baku Vaksinasi

Menurut Anies, tahapan ini bakal dilanjutkan sebagai bentuk baku vaksinasi Covid-19 di pusat-pusat pertokoan yang ada di Jakarta. Adapun, kegiatan vaksinasi di sejumlah pusat pertokoan itu bakal melibatkan Kementerian Kesehatan. “Harapannya nanti semua pekerja di pusat perdagangan akan bisa mendapatkan vaksin mulainya dari Pasar Tanah Abang,” kata dia.

Di tempat yang sama, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pada hari ini di Pasar Tanah Abang yang akan divaksin adalah pedagang di lima blok. Sampai hari ini sudah didata ada 9.700-an calon penerima vaksin di Pasar Tanah Abang. “Kita harapkan dalam lima hari selesai semua,” kata Budi.

Baca Juga: Tak Ditangkap Polisi, Raffi Ahmad dan Ahok Trending Topic Twitter

Karena sudah direstui BPOM, bahan vaksin Sinovac yang sudah diolah PT Bio Farma sudah bisa diberikan, termasuk kepada lansia. “Jadi semuanya sudah boleh. Jadi hari ini lansia, dan petugas publik akan mulai divaksin. Tadi pagi Pak Wapres [Ma'ruf Amin] juga sudah divaksin usia 80 tahun, harapannya bisa jadi motivasi para lansia untuk divaksinasi,” jelas Budi.

Kemenkes menargetkan untuk pedagang ada 55.000 orang yang divaksinasi. Namun, itu baru data awal dan Kemenkes terbuka jika ada yang belum terdaftar dan mengajukan diri untuk mendaftar.

Kemenkes menargetkan vaksinasi kepada pedagang pasar bisa dilakukan dalam lima hari. Namun, apabila dibutuhkan untuk diperpanjang, Kemenkes sudah bersiap.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Sumber: Bisnis



Berita Terkini Lainnya








Kolom