Anak Wonogiri Belajar di Bukit, FTBM Akan Pasang Wifi di Permukiman
Pelajar SD hingga SMA sederajat di Desa Tlogoharjo, Kecamatan Giritontro, Wonogiri, mengikuti pembelajaran secara onlie di Bukit Jambul Desa Tlogoharjo, Juli 2020. (Istimewa)

Solopos.com,WONOGIRI — Sejumlah anak di Desa Tlogoharjo, Kecamatan Giritontro, Wonogiri, belajar hingga ke bukit untuk mendapatkan sinyal internet karena sistem pembelajaran daring.

Melihat fenomena tersebut Forum Taman Bacaan Masyrakat (FTBM) Wonogiri bakal memasang Wifi di salah satu rumah anak di Desa Tlogoharjo.

Diberitakan sebelumnya, selama sistem belajar dilakukan secara online, beberapa anak di Desa Tlogoharjo Wonogiri mencari sinyal internet hingga ke Bukit Jambul, Tlogoharjo. Mereka rela mencari sinyal hingga ke bukit untuk mengerjakan tugas dari sekolah.

Kontes Sepeda Onthel Solo: Ada Peserta Yang Habis Sampai Rp100 Juta Untuk Upgrade Loh…

Ketua FTBM Wonogiri Wahyudi, mengatakan, saat ini sudah terkumpul dana dari para donatur untuk pemasangan jaringan wifi di sana. Salah satu bantuan tersebut berasal dari perusahan penyedia jasa digital marketing (TataSae). Saat ini masih menunggu pemasangan jaringan Wifi oleh vendor.

Cek Lapangan

Sementara itu router Wifi akan dipasang di salah satu rumah anak yang sering belajar di bukit tersebut. Berdasarkan hasil pengecekan di lapangan, sinyal internet bisa digunakan di lokasi pemasangan router.

“Kami juga akan berkolaborasi dengan Tata Sae. Setiap rumah yang ada routernya akan dibuat rintisan taman baca,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Senin (3/8/2020).

Kontes Sepeda Onthel Solo: Ada Peserta Yang Habis Sampai Rp100 Juta Untuk Upgrade Loh…

Taman baca tersebut, menurut dia, akan disediakan buku bacaan. Sehingga anak juga mendapatkan pengetahuan lebih. Ia mengatakan, pihaknya hanya bisa menyediakan jaringan wifi secara gratis selama tiga bulan. Ke depannya warga sekitar bisa mandiri dalam pembiayaan wifi.

“Kami berharap warga bisa mandiri untuk iuran. Kan juga untuk anak-anak bisa belajar. Sehingga mereka tidak perlu ke bukit dulu,” kata Wahyudi.

23 Warga Karanganyar Positif Covid-19 Dalam Sepekan Terakhir, Terbanyak Dari 3 Kecamatan Ini

Camat Giritontro, Fredy Sasono, berterima kasih atas kepedulian yang muncul di tengah masyarakat.

“Kami berharap ada provider yang memasang tower di area blankspot di wilayah Giritontro. Sehingga sinyal internet bisa diakses warga dari rumah masing-masing,” kata Fredy.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom