Anak Tak Lolos PPDB, Ortu Minta Kelas Virtual Pasar Kliwon Ditambah

Warga Pasar Kliwon, Kota Solo, meminta kuota rombongan belajar (rombel) kelas virtual ditambah agar bisa menampung lebih banyak siswa asal kecamatan itu yang tak lolos PPDB SMAN 2022.

 Pembelajaran online. (freepik)

SOLOPOS.COM - Pembelajaran online. (freepik)

Solopos.com, SOLO — Warga Pasar Kliwon, Kota Solo, berharap pemerintah menambah kelas virtual SMAN 2 Solo untuk menampung para lulusan SMP. Mereka juga berharap SMA Negeri segera dibangun di wilayah mereka.

Warga Pasar Kliwon kesulitan menyekolahkan anak mereka ke SMA negeri karena terbentur zonasi. Tak ada SMAN di Pasar Kliwon. Sementara untuk sekolah di SMA swasta, mereka terbentur biaya.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Seperti yang dialami Ati, 43. Warga Pasar Klwion ini tak mendapati nama putranya masuk pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022 jalur zonasi di SMAN 2 Solo. Anak Ati berkeinginan kuat untuk melanjutkan pendidikan ke SMAN namun terbatas zonasi.

Ibu dua anak itu mengatakan putranya sedih begitu tak menemukan namanya pada daftar siswa yang diterima dalam dalam jalur zonasi. Orang tua tidak bisa berbuat banyak dan tidak bisa memaksakan anaknya supaya mendaftar lewat jalur prestasi.

Baca Juga: Yes! Calon Siswa di Pasar Kliwon Bisa Daftar Kelas Virtual SMAN 2 Solo

“Kemarin saya sudah ngudarasa dengan Pak Camat kenapa sebagai warga kami dianaktirikan. Sebenarnya dari jarak terdekat sudah tidak masuk kenapa ikutan PPDB. Jarak terdekat [dari rumah] kan 2,2 kilometer itu SMAN 2 Solo,” kata dia kepada Solopos.com, Sabtu (2/7/2022).

Dia merasa sampai kapan pun anak-anak dari Pasar Kliwon tidak bisa masuk SMAN 2 Solo melalui jalur zonasi kalau jarak terjauhnya 1,6 kilometer. SMAN 2 Solo yang berada di Kecamatan Banjarsari menjadi SMAN terdekat dengan Pasar Kliwon. SMAN 2 Solo memiliki zonasi Banjarsari, Pasar Kliwon, dan Jebres.

Ati mengatakan pernah mendengar kelas khusus bagi warga Pasar Kliwon sejak tahun lalu dan baru mencari lebih detail mengenai kelas virtual setelah anaknya tidak masuk pada daftar zonasi SMAN 2 Solo.

Baca Juga: Pendaftaran Kelas Virtual SMAN 2 Solo Masih Dibuka, Ini Syaratnya

“Namanya ibu mengusahakan anak untuk dapat sekolah, pokoknya gak punya malu. Tanya sana tanya sini. Campur aduk sedihnya kenapa sampai seperti ini. Banyak teman-teman dari Pasar Kliwon yang tidak lolos di SMAN 2 Solo,” paparnya.

Atik kini menyiapkan berkas untuk mendaftarkan anaknya ke kelas virtual SMAN 2 Solo setelah pengumuman resmi hasil PPDB 2022 ke Kecamatan Pasar Kliwon, Senin (4/7/2022).

“Virtualpun enggak masalah, enggak PTM [pembelajaran tatap muka] enggak masalah, dua tahun ini sudah virtual,” paparnya.

Dia berharap kuota siswa untuk kelas virtual ditambah karena banyak warga Pasar Kliwon yang tidak lolos PPDB. Selain itu, dia berharap pemerintah segera membangun SMAN di Pasar Kliwon supaya kesulitan mendaftar sekolah jalur zonasi tidak kembali terulang.

Baca Juga: Akan ada di Pasar Kliwon, Begini Teknis Pelaksanaan Kelas Virtual SMA

Sementara itu, Pemerintah Kecamatan Pasar Kliwon melakukan seleksi ketat untuk penerimaan calon siswa kelas virtual karena hanya tersedia kuota satu rombongan belajar (rombel) yakni 36 siswa.

Camat Pasar Kliwon, Ahmad Khoironi, mengatakan kelas virtual jadi salah satu solusi bagi warganya yang kesulitan mendaftar sekolah negeri.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Launching Buku, Ini Catatan di Bedah Buku Bawaslu Sukoharjo

      Buku Sejarah menjadi catatan penting untuk menjadi di tahun-tahun mendatang karena telah berhasil mengungkap sejarah pengawas pemilu dimasing-masing Kabupaten/Kota.

      Kolaborasi Olahraga dan Partipasi Masyarakat Berdayakan Warisan Budaya

      Kawasan situs manusia purba Sangiran di wilayah Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, kaya potensi seni, budaya, dan kriya.

      Dawet Okra, Kuliner Unik dan Sehat Khas Sragen

      Kelompok Wanita Tani (KWT) Sasmito Tani di Dukuh Mayah RT 23, Desa Bendo, Kecamatan Sukodono, Sragen mengubah buah okra menjadi dawet okra yang kaya manfaat.

      50 Guru SMA di Boyolali Ikut Workshop Penulisan Sejarah, Ini Tujuannya

      Workshop menghadirkan narasumber yang berasal dari tim ahli penulisan sejarah dan fasilitator kurikulum merdeka dari Universitas Negeri Semarang (Unnes).

      Perintis Sanggar Bhineka Sukoharjo Beri Les Gratis bagi Anak Yatim

      Kegiatan bimbingan belajar itu sebagai bentuk apresiasi pada anak-anak yang kehilangan orang tuanya karena Covid-19.

      Ini 8 Calon Sekda Sragen yang Disebut-Sebut Bupati

      Delapan kandidat yang merupakan pejabat eselon II Sragen, salah satunya menjadi calon kuat Sekda Sragen.

      Aneh, Event Digeber tapi Pemkot Solo Minta Target PAD 2022 Diturunkan

      Pemkot Solo mengajukan pengurangan target pendapatan asli daerah sampai Rp10,7 miliar pada APBD Perubahan 2022 padahal banyak event digeber.

      Kisah Penambang Emas Tradisional Wonogiri di Bukit Randu Kuning Jendi

      Tarjo merupakan salah satu penambang tradisional di kaki Bukit Randu Kuning di Jendi, Selogiri, Wonogiri.

      Asyik! Kemenhub akan Bangun Jalur Lintas KA Solo-Wonogiri

      Kementerian Perhubungan melalui BTP Jabagteng berencana membangun dan meningkatkan jalur lintas KA Solo-Wonogiri dalam waktu dekat.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 12 Agustus 2022, Ada Hujan Ringan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Jumat (12/8/2022), akan dimulai dengan cerah berawan lalu hujan.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 12 Agustus 2022, Sore Mulai Hujan

      Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Jumat (12/82022) akan fluktuatif. yang diawali cerah berawan, sebelum akhirnya hujan akan turun sejak sore hingga malam.

      Cuaca Boyolali Jumat Ini: Siapkan Payung, Hujan Sedang hingga Malam

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Jumat (12/8/2022), tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Cuaca Sukoharjo Jumat Ini: Hati-Hati, Gerimis Tipis Sore hingga Malam

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Jumat (12/8/2022).

      Hari Ini Solo Hujan Sore-Malam, Cek Prakiraan Cuaca Jumat 12 Agustus

      Hujan akan mengguyur Kota Solo pada sore hingga malam hari ini, Jumat (12/8/2022), berdasarkan prakiraan cuaca BMKG.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Cerah Berawan Pagi, tapi...

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 12 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.