Pendaftaran Kelas Virtual SMAN 2 Solo Masih Dibuka Gaes, Ini Syaratnya

Tim akan mencari tahu latar belakang ekonomi orang tua serta memprioritaskan warga kurang mampu dibandingkan orang kaya.

 Ilustrasi siswi SMA sederajat. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi siswi SMA sederajat. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO – Pemerintah Kecamatan Pasar Kliwon Solo mencatat hingga Jumat (1/7/2022), sudah ada sekitar 15 pendaftar kelas virtual SMAN 2 Solo. Pendaftar harus sesuai persyaratan dan memungkinkan untuk seleksi wawancara jika jumlah pendaftar melebihi kuota yang tersedia.

Camat Pasar Kliwon Ahmad Khoironi menjelaskan dari 15 orang itu ada beberapa pendaftar dari luar Kecamatan Pasar Kliwon. Pemerintah Kecamatan mendapatan kewenangan untuk rekrutmen peserta didik baru kelas virtual SMAN 2 Solo dengan kuota satu rombongan belajar dengan 36 siswa.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Yang dari luar Kecamatan Pasar Kliwon kami tidak bisa proses,” kata dia kepada Solopos.com, Sabtu (2/7/2022). Khoironi menjelaskan ada sejumlah persyaratan mendaftar kelas virtual yang haris dipenuhi oleh para pendaftar.

Sejumlah persyaratan itu, ungkap dia, antara lain warga Pasar Kliwon dibuktikan dengan kartu keluarga, membawa ijazah SMP, masih berusia sekolah dengan membawa bukti akta kelahiran, sudah mendaftar PPDB 2022. Tahapan seleksi berupa kelengkapan berkas dan wawancara dilakukan jika pendaftar melebihi kuota.

“Dari segi sosial, latar belakang ekonomi sebisa yang tergolong tidak mampu. Itu diharapkan menjadi pertimbangan jika terlalu banyak pendaftar,” kata dia.

Baca juga: Yes! Calon Siswa di Pasar Kliwon Bisa Daftar Kelas Virtual SMAN 2 Solo

Dia mengatakan tim akan mencari tahu latar belakang ekonomi orang tua serta memprioritaskan warga kurang mampu dibandingkan orang kaya. Pemerintah Kecamatan Pasar Kliwon meminta pertimbangan salah satu anggota DPRD, Dinas Pendidikan Kota Solo, dan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa.

Target Sebelum 5 Juli

Menurut dia, pendaftar dilakukan secara offline/luring di kantor kecamatan Pasar Kliwon. Tidak ada batas waktu pendaftaran pada surat edaran dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng namun Pemerintah Kecamatan Pasar Kliwon menargetkan sebelum 5 Juli 2022.

“Target kami sebelum tanggal 5 Juli sesuai arahan Bakorwil [Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Provinsi Jateng]. Mengingat pertimbangan waktu mulai masuk KBM [kegiatan belajar mengajar]. Tidak ada tanggal namun kami menyesuaikan tahun ajaran baru,” paparnya.

Baca juga: Tak Hanya Pasar Kliwon, Laweyan Solo Juga Tak Punya SMA Negeri, Tapi…

Dia mengatakan kelas virtual merupakan solusi sementara bagi warga yang kesulitan mendaftar sekolah negeri karena wilayah Kecamatan Pasar Kliwon tidak memiliki SMA Negeri. Pemerintah Kecamatan Pasar Kliwon diberikan kewenangan untuk rekrutmen kelas virtual dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng membuat surat edaran (SE) bagi kota/kabupaten menyediakan kelas jarak jauh dan kelas virtual. Kota Solo khususnya Kecamatan Pasar Kliwon mendapatkan satu kelas virtual dengan satu rombel berjumlah 36 siswa di SMAN 2 Solo.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Provinsi Jateng, Suratno, ketika diminta konfirmasi membenarkan adanya kelas virtual SMAN 2 Solo. Kelas itu untuk warga Kecamatan Pasar Kliwon yang rentan putus sekolah karena berbagai sebab.

Baca juga: Camat Pasar Kliwon Solo: Lahan Untuk SMA Negeri Sudah Tersedia, Tapi…

“Karena yang mengetahui data tentang lulusan SMP sederajat yangg rentan putus sekolah adalah pemangku wilayah, maka rekrutmen calon siswa kami serahkan kepada Camat Pasar Kliwon bersama Pemkot Solo. Jumlah siswa 36 / satu rombel,” paparnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Asyiknya Belajar Membatik Lewat Tarian di Lereng Merapi Boyolali

      Sanggar Puspito Panjrah Desa Sembung Kecamatan Cepogo, Boyolali, mengkreasikan sebuah tarian bernama Tari Batik Nusantara.

      Kisah Pembuat Wayang Kertas Wirun Sukoharjo, Tetap Semangat meski Sepi Peminat

      Perajin wayang kertas asal Wirun, Mojolaban, Sukoharjo, Mbah Brambang, tetap semangat menjadi perajin wayang kerta meski sudah sepuh dan peminat wayangnya kini sepi.

      Sejarah Panjang Batik Wonogiren yang Tak Sengaja Berciri Khas Motif Remukan

      Batik Wonogiri atau lebih dikenal dengan Batik Wonogiren memiliki sejarah panjang.

      Meriah, 72 Peserta SBC 2022 Bawa Optimisme untuk Batik di Hati Warga Solo

      Solo Batik Carnival atau SBC ke-13 berlangsung meriah di sepanjang koridor Jl Jenderal Sudirman dari Balai Kota hingga Bundaran Gladak Solo, Minggu (2/10/2022).

      Duh! Meja Layanan Pemantau Pemilu di Boyolali Masih Nol Pendaftar lo

      Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Boyolali telah membuka pendaftaran meja layanan pemantau pemilu sejak Juli 2022.

      Kuota Perempuan Belum Terpenuhi, Pendaftaran Panwascam di Boyolali Diperpanjang

      Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Boyolali resmi memperpanjang pendaftaran panitia pengawas pemilu kecamatan (panwascam) di wilayah setempat.

      Hari Kesaktian Pancasila, Ratusan Anak Suguhkan Tarian Nusantara di Klaten

      Sebanyak 200-an anak tampil menari saat digelar srawung budaya di Sanggar Sayuk Rukun, Dukuh Girimulyo, Desa Tibayan, Kecamatan Jatinom, Sabtu (1/10/2022).

      Fasilitas OMAC Tulung Klaten Rusak di Mana-Mana, Waterslide Mangkrak sejak 2009

      Kawasan Objek Mata Air Cokro (OMAC) Tulung ditarget dapat direhab mulai tahun depan.

      Festival Batik Wonogiren, Upaya Menjaga Warisan Nenek Moyang di Wonogiri

      Belasan perajin batik yang tersebar di sejumlah kecamatan di Wonogiri berkumpul di Alun-alun Giri Krida Bakti, Sabtu (1/10/2022).

      Puan Maharani dan Wali Kota Gibran Diserbu Anak-Anak di Kratonan Solo

      Ketua DPR RI Puan Maharani bersama Wali Kota Solo melakukan kunjungan sekaligus memberikan bantuan kepada warga dan anak-anak di Kratonan, Serengan, Minggu (2/10/2022).

      Kenalkan Potensi Daerah ke Pengunjung Festival, Kopi Wonogiri Dibagikan Gratis

      Sebanyak 1.000 cup kopi dibagikan gratis ke pengunjung Festival Kopi dan Batik di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Sabtu (1/10/2022) malam.

      Paundra Ikut Bergoyang saat Farel Prayoga Tampil di Loji Gandrung Solo

      Penyanyi cilik yang sedang naik daun, Farel Prayoga bikin GPH Paundrakarna Jiwo Suryonegoro bergoyang bersama warga yang beraktivitas pada Solo car free day (CFD) dalam peringatan Hari Batik Nasional.

      Pedagang Bakso Se-Indonesia Donasikan Rp58 Juta ke Korban Kecelakaan Jatiyoso

      Keluarga Pedagang Bakso Nusantara (KPBN) mengumpulkan dana secara sukarela untuk membantu keluarga korban kecelakaan di Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, yang terjadi Senin (26/9/2022).

      Puan Maharani Minta Investigasi Total Tragedi Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

      Ketua DPR, Puan Maharani, meminta pihak terkait melakukan investigasi secara tuntas atas tragedi kerusuhan yang menelan 127 korban jiwa di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022).

      380 Juru Parkir di Sragen Ditarget Setoran Rp1,2 Miliar

      Sebanyak 380 orang juru parkir yang menyebar di sembilan kecamatan di Bumi Sukowati ditarget bisa setor ke pendapatan asli daerah (PAD) sebanyak Rp1,2 miliar pada 2022 ini.

      Agenda Berkebaya Bersama Ibu Negara Siang Ini, Cek Lokasi Parkirnya

      Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo menutup Jl. Slamet Riyadi selama kegiatan Berkebaya Bersama Ibu Negara, Minggu (2/10/2022). Ada 10 fasilitas parkir yang tersedia.