Amankah Bersihkan Tangan Anak Pakai Hand Sanitizer?
Ilustrasi penggunaan hand sanitizer pada anak (Freepik).

Solopos.com, SOLO -- Dengan adanya pandemi Covid-19, anak juga diharuskan menjaga kebersihan dengan pakai hand sanitizer.

Namun, apakah sebetulnya aman penggunaaan hand sanitizer pada anak?

Tanda Orang Berbohong, Nomor 3 Mudah Dikenali

Menjawab hal tersebut, konsultan infeksi dan penyakit tropis anak, Anggraini Alam menegaskan anak pakai hand sanitizer itu diperbolehkan. Tetapi, yang paling aman adalah mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

"Hand sanitizer bisa tetap diberikan pada anak. Tapi tetap saja kalau sudah empat sampai lima kali kan tangan rasanya enggak enak saja. Jadi, harus cuci tangan juga," ujar Anggraini dilansir Liputan6.com.

Mengenal Kepribadian Seseorang Lewat 5 Gaya Bicara Ini, Kamu yang Mana?

Ia menambahkan cairan alkohol yang terkandung dalam hand sanitizer bisa saja merusak kulit anak, terutama yang masih bayi. Apalagi anak-anak kerap memasukkan tangannya ke dalam mulut.

"Bayangin deh, hand sanitizer dan cairan alkohol itu menyentuh tangan anak kita yang lembut. Apalagi kalau si kecil suka masukin tangan ke mulut," tambah dia.

Haruskah Pakai Masker Saat Berkendara di Mobil Sendirian?

Sama halnya dengan hand sanitizer, anak pakai tisu basah juga diperbolehkan. Tetapi, ia mengingatkan agar hal tersebut tidak sering dilakukan.

"Boleh saja tisu basah buat mengelap tangan bayi. Ya, sekali dua kali, terutama kalau sedang di mobil. Tapi, sebenarnya cuci tangan pakai sabun yang paling mudah," ucap dia.

3 Langkah Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini

Anggraini juga menyarankan kepada orang tua agar tidak menyentuh benda-benda lain ketika sedang bersama anak-anak. Hal ini untuk mencegah paparan virus maupun bakteri. "Kalau kita sudah pegang bayi, jangan dulu deh pegang-pegang apapun," pinta dia.

Takut Suami Selingkuh? Cek Tanda-tanda Pasangan Setia di Sini

Kulit Bayi dan Bahan Kimia

Bersumber dari artikel yang tayang di situs Alodokter.com, jika anak-anak masih diperbolehkan, penggunaan hand sanitizer pada bayi tidak disarankan.

Pasalnya, kulit bayi sangat lembut dan sensitif sehingga sangat rentan dengan masalah kulit. Maka dari itu, kulit bayi tidak boleh sembarangan terkena bahan kimia.

Nggilani Lur! Ini yang Terjadi Jika Lalat Hinggap di Makanan

Apabila terkena alkohol yang terkandung pada hand sanitizer bisa membuat kulit bayi menjadi kering. Dan hal ini lebih rentan mengalami gatal-gatal, alergi maupun infeksi.

Bahkan, alkohol juga bisa terserap ke alirah darah bayi karena kulitnya yang masih tipis.

Ternyata Pisang Bisa untuk Skincare, Gimana Cara Membuatnya?

Cara yang paling aman untuk membersihkan kulit bayi dari virus maupun bakteri bukan pakai hand sanitizer melainkan cuci tangan dengan sabun khusus anak-anak.

Hubungan Intim Dipergoki Anak, Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua

4 Tips Penting Sebelum Memilih Homeschooling untuk Anak

Berita Kesehatan Terbaru



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom