SOLOPOS.COM - Salah seorang pedagang makanan di Balai Kota Solo menerima bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng, Senin (11/4/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Bantuan Langsung Tunai atau BLT minyak goreng senilai Rp300.000 mulai disalurkan kepada warga di Kota Solo, Senin (11/4/2022). Sebanyak 36.864 warga bakal menerima bantuan selama satu pekan ini.

Warga Kelurahan Kauman dan Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Pasar Kliwon, menjadi sasaran pertama untuk menerima bantuan tersebut di Kantor Pos Solo, Jl Jend Sudirman No 8, Solo. Bantuan itu disalurkan bersamaan dengan bantuan pangan nontunai senilai Rp200.000.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dengan demikian, total setiap penerima mendapatkan Rp500.000. Sejumlah warga lanjut usia (lansia) mengaku bersyukur menerima bantuan tersebut menjelang hari raya keagamaan.

Baca Juga: Ingin Dapat BLT Minyak Goreng? Baca Informasi Ini

Seperti Siti Kotijah, 63, yang menerima lima lembar Rp100.000 setelah antre bersama warga lain di ruang tunggu Kantor Pos Solo. Untuk mencairkan BLT minyak goreng itu ia menunjukkan KTP, kartu keluarga, dan undangan kepada petugas Kantor Pos Solo.

Warga Kampung Baru tersebut bekerja sebagai pedagang makanan di Balai Kota Solo. Dia biasanya menjual nasi kucing serta gorengan yang dijajakan kepada para pegawai maupun warga yang beraktivitas di Balai Kota Solo.

“Ini rencana dingge tumbes beras, endog, hla wis prei rong sasi [rencana uangnya untuk beli beras dan telur, sudah dua bulan tidak berjualan]. Doain habis Lebaran bisa jualan lagi,” paparnya.

Baca Juga: Ingin Dapat BLT Minyak Goreng Rp300.000? Catat Syarat dan Caranya

Target Selesai Sepekan

Gino, 76, warga Kampung Baru, Solo, juga mendapatkan BLT minyak goreng pada Senin siang itu. Gino yang tinggal bersama adiknya ini tidak memiliki istri maupun anak. Namun ia masih bersemangat menjadi juru parkir. “Uangnya untuk makan, beli lauk, sama kasih cucu-cucu,” jelasnya.

Jumlah penerima BLT minyak goreng di Kota Solo sebanyak 36.864 keluarga penerima manfaat (KPM). Masing-masing KPM mendapatkan Rp500.000 dengan perincian BLT minyak goreng Rp300.000 sekaligus menerima Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) Rp200.000.

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, menjelaskan penyaluran BLT minyak goreng itu untuk warga kelurahan lain dilakukan di kelurahan dan kecamatan setempat mulai Rabu sampai Sabtu (13-16/4/2022). Targetnya semua tersalurkan bantuan sampai Sabtu.

Baca Juga: BLT Migor Harus Selesai Tersalurkan Sepekan Sebelum Idulfitri

“Ada beberapa, kebetulan, pedagang gorengan dan masakan menerima pesanan untuk berbuka puasa. Sebagian yang lain rumah tangga namun dalam dengan kondisi yang memang harus menerima bantuan itu, terutama minyak goreng,” ungkapnya.

Teguh mengatakan warga penerima bantuan yang sakit maupun kelompok disabilitas yang tak bisa mengambil sendiri bantuan tersebut dapat dilayani petugas dengan mendatangi rumah yang bersangkutan.

Eksekutif General Manager  Kantor Pos Solo, Lilik Suryono, menjelaskan petugas Kantor Pos akan menerima data KPM yang perlu dikunjungi dari setiap kelurahan. Ada satu orang petugas khusus yang melayani KPM tersebut. Biasanya ada sekitar 500 KPM yang perlu dikunjungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya