Tutup Iklan

Alhamdulillah Bansos Tunai Mulai Disalurkan, PKH dan BPNT Menyusul

Sekda Bantul memastikan bantuan sosial tunai (BST) untuk 15.348 keluarga penerima manfaat masing-masing senilai Rp300.000 akan cair pekan ini.

 Ilustrasi dana bansos (JIBI/Solopos/Reuters)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi dana bansos (JIBI/Solopos/Reuters)

Solopos.com, BANTUL — Bantuan sosial tunai (BST) pusat telah dibagikan mulai pekan ini. Tak hanya BST, sejumlah bantuan pun segera menyusul dibagikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

Kepastian penyaluran BST pusat disampaikan oleh Asisten Sumber Daya dan Kesejahteraan Rakyat Setda Bantul, Pulung Haryadi. “BST pekan ini sudah mulai [disalurkan], lewat Kantor Pos,” ujarnya pada Rabu (21/7/2021).

Bantuan yang bakal digelontorkan pemerintah, kata Pulung tidak hanya BST. Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), hingga bantuan beras juga telah disiapkan.

Baca Juga: Kematian Pasien Covid-19 Melonjak, Lurah Ini Turun Tangan Makamkan Jenazah Warganya

Khusus bantuan PKH dan BPNT, ditargetkan Pulung juga bakal mulai dibagikan pekan ini. Dengan demikian ketiga bantuan sosial bisa segera bisa dibagikan ke masyarakat dalam kurun waktu tak jauh beda. “Pekan ini diharapkan sudah bisa jalan tiga itu [BST, PKH, dan BPNT]. Kalau yang beras kita tetap menunggu dari pusat,” jelasnya.

Secara rinci Pulung menjelaskan Kabupaten Bantul memperoleh BST untuk dua bulan yakni untuk Juli dan Agustus dengan nominal Rp300.000 per bulan. Sasaran BST disebutkan Pulung mencapai 15.348 KPM.

Sementara untuk bantuan PKH, terdapat 54.170 KPM yang disasar menerima bantuan. Bantuan akan mencakup tiga bulan yakni Juli, Agustus, dan September yang disalurkan melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Bantuan PKH yang bakal diberikan senilai Rp300.000 per bulan.

Baca Juga: Belalang Goreng Khas Gunung Kidul Jadi Buruan Wisatawan, Berani Coba?

Pemerataan

Selanjutnya bantuan lainnya yakni BPNT, akan diberikan kepada warga untuk periode bulan Juli dan Agustus dengan nominal Rp200.000 per bulan. Penyaluran bantuan disebutkan Pulung akan melalui sejumlah bank yang ditunjuk. Total 74.757 KPM disasar melalui bantuan PKH.

“Untuk PKH dan BST memperoleh tambahan beras 10 kilogram disalurkan melalui Bulog,” tambahnya.

Lebih lanjut Pulung menuturkan bahwa sasaran penerima bantuan BST, PKH, maupun BPNT merupakan data yang berbeda. Sehingga tidak ada penerima yang mendapat bantuan ganda.

Di luar ketiga bantuan tadi, masih terdapat bantuan beras. Jumlahnya 3.000 paket beras seberat lima kilogram per paket. Penerima bantuan paket beras di luar penerima PKH, BST, maupun BPNT.

Baca Juga: Waspada! Virus Covid-19 Varian Delta Ditemukan di DIY

“Nanti kalau sudah datang [bantuan beras] ya langsung kita sampaikan. Karena kita juga sudah punya datanya, yang masuk DTKS tapi belum menerima bantuan itu [PKH, BST, dan BPNT],” tandasnya.

Sebelumnya Sekretaris Sekda Bantul, Helmi Jamharis, menyampaikan bila Pemkab Bantul telah mengundang PT Pos selaku penyalur bantuan BST. Dia berharap bantuan bisa sesegera mungkin sampai ke masyarakat. “Ya bisa dimulai secepat mungkinlah maksimal bulan Agustus pertengahan [penyaluran] sudah selesai,” tukasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Selamat, ITNY Juara 3 Celebes Geo Summit 2021

Mahasiswa Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) meraih kembali juara 3 dalam National Paper Competition Celebes Geo Summit (CGS) 2021.

Mahasiswa Teknik Mesin ITNY Magang di CV Iman Nurcahaya

Empat mahasiswa Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Industri (FTI) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) mengikuti Program magang di CV Iman Nurcahaya.

Masuk Yogyakarta, Bus Pariwisata Bakal Diperiksa Ketat

Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bakal memperketat pengawasan terhadap bus pariwisata yang masuk ke daerahnya.

Sejumlah Kampus di Jogja Belum Gelar Kuliah Tatap Muka, Ini Alasannya

Sejumlah perguruan tinggi di Kota Jogja masih belum merencanakan kuliah tatap muka di kampus pada masa pandemi Covid-19.

Petani Tembakau di Sleman Tolak Kenaikan Cukai Rokok

Asosiasi petani tembakau di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menolak rencana pemerintah yang akan menerapkan kenaikan cukai hasil tembakau atau cukai rokok pada 2022.

Terungkap! Pabrik Pil Koplo di Yogya Sudah Beroperasi Sejak 2018

Aparat polisi menggerebek dua pabrik pembuatan obat-obatan psikotropika atau pil koplo yang telah beroperasi sejak 2018 di wilayah Yogyakarta.

2 Pabrik Pil Koplo di Yogya Digerebek, Produksi 2 Juta Pil Per Hari

Aparat kepolisian mengungkap kasus peredaran pil koplo di Yogyakarta, di mana terdapat dua pabrik yang memproduksi dengan kapasitas 2 juta pil per hari.

Pengacara Terdakwa Satai Beracun Minta Nani Dibebaskan

Pengacara terdakwa sate beracun, Nani Apriliani Nurjaman, menyebut pasal yang didakwakan JPU dinilai kabur dan tidak sesuai.

Litto Kantongi Surat Kesesuaian Tata Ruang, Begini Sikap DPRD Bantul

DPRD Bantul akan meminta kejelasan dan duduk perkara, terkait berdirinya hotel dan restoran Little Tokyo di RT 5 Gunung Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, yang diduga belum mengantongi izin.

Jangan Sampai Terlambat Jadi Peserta BPJS Kesehatan, Ini Alasannya

BPJS Kesehatan ini bisa digunakan untuk berobat, baik rawat jalan maupun rawat inap di fasilitas kesehatan oleh peserta.

JPU Tuntut Terdakwa Klitih Kotagede Jogja, Penjara 1 Tahun 7 Bulan 

JPU menilai terdakwa KAP dinyatakan bersalah melakukan klitih hingga mengakibatkan korban KS, 16, mengalami luka berat.

Awas! Batu Raksasa Jebol Rumah Warga di Prambanan Sleman

Peristiwa batu raksasa yang menimpa rumah warga tersebut terjadi setelah hujan deras yang mengguyur Dusun Jali.

Pemkot Jogja Luncurkan Kampung Wisata Melayani Melalui Aplikasi

Pemkot Jogja terus berinovasi untuk memberikan kemudahan bagi wisawatan untuk berkunjung ke Kota Gudeg tersebut.

Terbebani Biaya Operasional, Gembira Loka Zoo Hanya Buka Akhir Pekan

Gembira Loka Zoo mulai pekan depan hanya buka pada Sabtu dan Minggu.

Dispar Sleman: Hoax 35 Objek Wisata di DIY Sudah Buka

Beredar kabar di media sosial terkait 35 destinasi wisata di wilayah DIY dan sekitarnya yang sudah beroperasi, Dinas Pariwisata Sleman menyebut itu kabar bohong atau hoax.

Gegara Dendam Pribadi, Pegawai Angkringan Pendopo Lawas Ditusuk

Seorang pegawai angkringan di Jogja jadi korban penusukan oleh warga yang diduga menaruh dendam. Pelaku kini sudah ditangkap.