Akun WA Bupati Karanganyar Sudah Normal, Begini Kabar Pelaku Pembajaknya
Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menunjukkan salah satu isi percakapan dirinya dengan pelajar di Karanganyar saat berbincang dengan wartawan di Nava Hotel Tawangmangu, Selasa (1/9/2020). Beberapa saat kemudian, nomor handphone Bupati dibajak orang tidak bertanggung jawab. (Solopos/Sri Sumi Handayani)

BupatuSolopos.com, KARANGANYAR -- Akun WhatsApp atau WA milik Bupati Karanganyar, Juliyatmono, sudah normal kembali setelah sempat dibajak sejak Selasa (1/9/2020).

Akun WA Juliyatmono normal per Rabu (9/9/2020) atau lebih dari sepekan sejak dibajak. Lantas bagaimana kondisi pelaku terkini? Ternyata sampai detik ini pelaku pembajakan WA Bupati Karanganyar belum ditangkap.

Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi, kepada Solopos.com, Kamis (10/9/2020), mengakui pelaku pembajakan akun WA Juliyatmono belum ditangkap. Namun, pihaknya sudah mengantongi nama pelaku dan di mana pelaku bersangkutan.

275 Aparat Terjun Operasi Masker di Solo, Perkampungan Ikut Disisir

“[Pelaku] sudah tahu di mana, sudah diintai. Kami masih menghimpun alat bukti sebelum melakukan penangkapan,” kata dia.

Pantauan Solopos.com, Bupati Juliyatmono membuat pengumuman bahwa akun WA miliknya normal melalui akun Instagram pada Rabu (9/9/2020). Isi pengumumannya adalah “Alhamdulillah wa sudah kembali aktif dan benar wa. Saya mohon maaf ketidaknyamanan selama ini (Juliyatmono). Nomor masih tetap sama”.

Postingan itu disukai 1.157 warga Internet dan mendapat komentar dari 33 orang hingga Kamis (10/9/2020) pukul 13.35 WIB. Rata-rata warga internet menyampaikan ucapan syukur.

Awas! Razia Masker di Solo Dimulai Sore Ini, Melanggar Dihukum Bersihkan Sungai

Normal mulai Rabu Pukul 13.30 WIB

Ada juga warga Internet yang menanyakan apakah nomor yang digunakan Bupati berubah. Bupati membalas pesan tersebut. “Mboten [masih menggunakan nomor yang sama],” ujar dia.

Solopos.com mengonfirmasi unggahan tersebut pada Rabu malam melalui pesan singkat atau SMS. Juliyatmono membenarkan bahwa akun WA miliknya sudah dapat digunakan kembali. “Sudah [sudah bisa dipakai]. Silakan WA saja ya. Betul,” tutur Bupati melalui pesan singkat.

Lalu, Solopos.com mencoba menghubungi Bupati melalui pesan aplikasi WA. Bupati Juliyatmono menyampaikan akun WA miliknya bisa digunakan kembali pada Rabu pukul 13.30 WIB. “Mulai jam 13.30 WIB itu sudah bisa dipakai kembali,” ungkap dia.

Ini 12 Produk Digital yang Segera Kena Pajak, Ada Zoom, Twitter, sampai Shopee

Sebelumnya, akun WA milik Bupati dibajak seseorang pada Selasa (1/9/2020). Modus yang digunakan pelaku adalah menggunakan akun WA milik salah satu petinggi Partai Golkar.

Akun milik petinggi Partai Golkar di Jakarta itu diduga sudah dibajak orang tidak bertanggung jawab. Pelaku mengajak Bupati membuat WA grup Covid-19. Ajakan masuk grup itu ternyata merupakan modus mengambil akun.

Pelaku pembajak akun WA Juliyatmono menggunakannya untuk meminta uang Rp5 juta. Dua kenalan Bupati di Kabupaten Rembang menjadi korban dan sudah mengirimkan uang kepada pelaku.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom