SOLOPOS.COM - Pocong jaga kampung di Desa Kepuh, Kecamatan Nguter, Sukoharjo. (Istimewa/Anjar Panca)

Solopos.com, SUKOHARJO – Aksi pocong jaga kampung di tengah pandemi corona santer diperbincangkan. Seperti terjadi di Desa Kepuh, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kedua pocong itu bersiaga jaga kampung yang tengah melakukan karantina mandiri. Pocong itu adalah pemuda kampung yang berdandan mengenakan kostum.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, pocong itu menjaga keamanan di tengah kampung yang dikarantina. Bukan di gapura pinggir jalan yang menjadi akses utama masuk kampung. Sebab, posisi gapura tersebut berada di pinggir jalan raya Solo-Wonogiri.

Karanganyar Dilanda 3 Kebakaran, Salah Satunya di Pabrik Tekstil

Sebelumnya, pemuda anggota karang taruna di Desa Kepuh, Nguter, Sukoharjo, pernah berdandan seperti pocong untuk men-jaga keamanan kampung. Hal itu dilakukan pada perayaan malam 1 Sura 2019.

Foto dua pocong jaga kampung pada 2019 itu kemudian viral dan menjadi buah bibir. Foto viral itu awalnya dipakai sebagai narasi pemberitaan pocong yang menjaga kampung di Purworejo, Jawa Tengah.

Namun, foto viral pocong jaga kampung itu dipastikan bukan diambil di Purworejo, melainkan di Nguter, Sukoharjo.

Gunung Merapi Erupsi Lagi, Arah Angin ke Timur

Foto yang viral itu menunjukkan dua pocong duduk di depan gapura Dusun Kesongo, Desa Kepuh, Sukoharjo. Hal tersebut dikonfirmasi Karang Taruna Wijaya Kusuma (Jakusa), Desa Kepuh, Nguter, Anjar Panca, saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (2/4/2020).

Anjar dan pemuda desa lainnya merasa keberatan foto viral dua pocong yang berjaga di gapura dusun diklaim menjaga karantina warga kampung di Purworejo.

"Foto dua pocong itu asli di sekitar gapura Dusun Kesongo, Desa Kepuh bukan Purworejo. Kami kecewa ada media mainstream yang menyebut lokasi foto pocong di Purworejo. Saya belum pernah dimintai konfirmasi oleh media yang bersangkutan," kata dia.

Ini Kisah di Balik Foto Viral Pocong Jaga Kampung di Nguter Sukoharjo

Foto Viral Pocong

Anjar menceritakan foto viral pocong itu merupakan hasil jepretan pemuda Dusun Kesongo pada 2019. Saat fenomena lockdown lokal muncul di setiap kampung, foto itu dibagikan ke grup Whatsapp pemuda desa dan menyebar ke media sosial pada Minggu (29/3/2020).

Keesokan harinya, foto serupa muncul di salah satu media online hingga dibahas di siaran TV Korea Selatan.

Istri Pasien Pertama Meninggal di Solo Asal Magetan Sembuh dari Corona

Anjar Panca memastikan kedua pocong itu bukan boneka. Melainkan temannya yang mengenakan kostum pocong.

"Kedua pocong itu bukan boneka namun pemuda yang memakai kostum pocong. Pemuda yang memerankan pocong bernama Wawan dan Deri," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya