Akhirnya...Polri Dukung Pengguliran Kembali Liga 1
Menpora Zainudin Amali (tengah) didampingi Ketua Umum PSSI M Iriawan (kedua kanan), Dirut PT LIB Cucu Somantri (kedua kiri), Direktur Program SCM Harsiwi Achmad (kiri) dan Presiden Komisaris SEA Group Pandu Sjahrir saat peluncuran Shoppe Liga 1 2020 di Jakarta, Senin (24/2/2020). (Antara/Sigid Kurniawan)

Solopos.com, JAKARTA — Sinyal positif muncul soal kelanjutan Liga 1 musim 2020/2021. Polri menyatakan mendukung penuh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk melanjutkan kompetisi sepak bola utama di Indonesia itu.

Sinyal positif itu diberikan Polri seusai PT LIB berkoordinasi di Mabes Polri, Selasa (24/11/2020). Dukungan polisi menambah keyakinan PT LIB untuk menjalankan kompetisi sesuai rencana yakni mulai Februari 2021.

Dalam pertemuan tersebut, PT LIB menjelaskan sejumlah hal terkait rencana kelanjutan kompetisi nasional. Koordinasi dengan pihak keamanan menjadi agenda krusial untuk memeroleh izin keramaian di masa pandemi Covid-19. Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabarharkam) Polri, Komjen Pol. Agus Andrianto, menyambut baik kunjungan PT LIB ke Mabes Polri. Dia mengapresiasi informasi detail yang telah diberikan terkait persiapan lanjutan kompetisi. “Prinsipnya kami akan memberi dukungan penuh,” ujar Agus dalam rilis yang diterima Solopos.com, Rabu (25/11/2020).

Wow, Klub Liga 1 Ini Bidik Stadion Manahan Solo Sebagai Homebase Tim

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, mengatakan pertemuan dengan Polri tak hanya membahas soal teknis kompetisi, melainkan juga manfaat apabila liga digelar. Akhmad mengatakan kelanjutan kompetisi domestik penting untuk sepak bola nasional serta persiapan Timnas U-19 menuju Piala Dunia U-20 2021.

“Manfaatnya sangat besar. Kelanjutan kompetisi bisa meyakinkan dunia tentang sepak bola Indonesia sebelum terlaksananya Piala Dunia,” ujarnya.

Protes Suporter

Direktur Operasional LIB, Sudjarno, menambahkan hal-hal teknis yang berhubungan dengan pelaksanaan lanjutan kompetisi telah diinformasikan selengkap mungkin kepada kepolisian. “Kami sampaikan bahwa kompetisi akan digelar tanpa penonton dan menerapkan protokol kesehatan sesuai standar FIFA, AFC dan Satgas Covid-19,” jelas Sudjarno.

Meneropong Hubungan Pasoepati dengan Manajemen Persis Solo Pasca Suksesi, Tetap Kritis Atau Sinergis?

Tekanan agar liga bisa segera digelar memang menguat dari para suporter. Sejumlah kelompok suporter bahkan merencanakan aksi besar apabila polisi terus mempersulit izin liga.

Presiden Pasoepati, Aulia Haryo Suryo, membenarkan saat ini sudah ada koordinasi antarkelompok suporter terkait gerakan bersama. Hal itu merespons ajakan pentolan Bonek, Andie Peci, yang meminta suporter bersatu agar kompetisi bisa segera digelar. “Namun sampai sekarang belum ada keputusannya. Pasoepati sendiri masih wait and see,” ujarnya kepada Solopos.com.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom