SOLOPOS.COM - Sejumlah orang memasukkan peti jenazah almarhum Brigadir Polisi Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J ke dalam ambulance saat pembongkaran makam di Sungai Bahar, Muarojambi, Jambi, Rabu (27/7/2022). (Antara/Wahdi Septiawan)

Solopos.com, JAKARTA — Berbeda dengan pemakaman pertama, pemakaman kedua jenazah Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat (Brigadir J) dilakukan dengan upacara kedinasan layaknya anggota Polri meninggal dunia, Rabu (27/7/2022).

Jenazah Brigadir J dimakamkan kembali setelah proses autopsi ulang selesai sekitar pukul 15.00 WIB.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Dilansir Solopos.com dari siaran langsung Kompas TV, proses pemakaman Brigadir J dilakukan secara kedinasan setelah mendapat tuntutan dari pihak keluarga almarhum.

Seperti diketahui pada pemakaman pertama pada 12 Juli 2022 lalu, Brigadir J dikebumikan layaknya masyarakat umum.

Baca Juga: Enam Jam Diautopsi Ulang, Jenazah Brigadir J Kembali Dimakamkan

Padahal Brigadir J adalah aparat negara dan meninggal dalam status sebagai ajudan Kadiv Propam Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo.

Kuasa hukum keluarga Brigadir J, Johnson Panjaitan mengakui pihak keluarga memang meminta agar jenazah Brigadir J dimakamkan kembali secara kedinasan.

“Pihak keluarga meminta kepada kepolisian yang diwakili Kadiv Humas Polri, Dirtipidum Mabes Polri beserta kapolda dan jajarannya untuk memakamkan jenazah Brigadir J secara terhormat,” ujar Johnson dalam keterangannya, Rabu (27/7/2022).

Enam Jam

Autopsi ulang jenazah Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat (Brigadir J) di Rumah Sakit Umum Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi berlangsung selama enam jam, Rabu (27/7/2022).

Autopsi ulang yang dilakukan oleh tim forensik gabungan dari Polri, TNI, Ikatan Dokter Forensik Indonesia dan perguruan tinggi itu berlangsung sejak pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 15.000 WIB.

Baca Juga: Komnas HAM: Jangan Bikin Asumsi Liar Soal Kematian Brigadir J

Autopsi di salah satu ruangan RSU Sungai Bahar dijaga ketat personel Brimob Polda Jambi. Sedangkan bagian ruangan lainnya dipasangi tirai putih dan dipasang garis polisi untuk memastikan kegiatan tim forensik berjalan lancar.

Pada pukul 15.00 WIB, jasad Brigadir J selesai diautopsi ulang, kemudian dimasukkan kembali ke dalam peti warna putih untuk selanjutnya dibawa lagi ke Tempat Permakaman Umum (TPU) Sungai Bahar untuk dimakamkan di tempat semula.

Baca Juga: Kapolri Minta Masyarakat Awasi Tim Pengusut Kematian Brigadir J

Di luar ruangan otopsi ulang di salah satu ruangan Rumah Sakit Sungai Bahar tampak keluarga dan kerabat Brigadir J masih tetap menunggui pelaksanaan autopsi ulang yang dilakukan tujuh orang dokter ahli forensik itu.

Autopsi ulang jenazah Brigadir J di kampung kelahirannya di Sungai Bahar, Muarojambi itu cukup menarik perhatian masyarakat.

Polda Jambi mengerahkan personel untuk mengamankan dan memastikan kelancaran proses autopsi ulang tersebut.

Baca Juga: Satu dari Tujuh Ajudan Ferdy Sambo Mangkir Pemeriksaan Komnas HAM

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo kembali menegaskan proses pengusutan kematian Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dilakukan secara transparan.

Kapolri meminta dukungan seluruh lapisan masyarakat untuk ikut mengawasi proses pengungkapan kasus yang mendapat perhatian nasional itu.

“Kami minta semuanya ikut mengawasi sehingga transparansi dan akuntabilitas dari hasil pemeriksaan bisa dipertanggungjawabkan kepada publik, berjalan lancar, baik, dan memenuhi rasa keadilan yang ditunggu publik,” kata Kapolri saat ditemui seusai kegiatan Rapat Koordinasi dan Pengawasan Kompolnas-Polri Tahun Anggaran 2022 di Gedung Tribrata, Jakarta Selatan, Rabu (27/7/2022).

Jenderal bintang empat itu menyebutkan Tim Khusus (Timsus) Internal Polri saat ini bekerja untuk mengungkap kebenaran kasus tersebut.

Baca Juga: Komnas HAM: Bharada E Akui Tembak Mati Brigadir J

Begitu pula Tim Eksternal Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) sesuai tugas dan tanggungjawabnya ikut mengawal proses pengungkapan kasus tersebut.



“Rekan-rekan sudah mengikuti, saat ini Timsus Internal Polri, Kompolnas, dan Komnas HAM sedang bekerja,” ujarnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Menurut mantan Kabareskrim Polri itu, apa yang sudah dikerjakan tim disampaikan kepada masyarakat karena publik menaruh perhatian khusus kasus ini.

Baca Juga: Wakil Keluarga Brigadir J Dilarang Lihat Prarekonstruksi Baku Tembak

Baru-baru ini, kata dia, semua kegiatan yang dilakukan timsus telah di dipresentasikan Komnas HAM terkait apa yang telah didapatkan, seperti pemeriksaan para ajudan Irjen Ferdy Sambo, termasuk Bharada Richard Elizer (Bharada E) hadir dalam pemeriksaan tersebut, Selasa (26/7/2022).

“Demikian pula hari ini telah dilaksanakan autopsi ulang yang akan disampaikan kepada publik,” kata Sigit.

Untuk itu, Sigit meminta partisipasi masyarakat ikut mengawasi apa yang telah dilakukan jajarannya dan menunggu sampai hasil pengungkapan selesai.

“Saya kira kita tunggu hasilnya dan mudah-mudahan semua berjalan dengan baik,” kata Sigit.

Baca Juga: Kekasih Berkomunikasi 17 Menit Sebelum Brigadir J Dinyatakan Tewas

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jenazah Brigadir J Dimakamkan Ulang Secara Kedinasan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya