Airlangga Sebut Sentra Vaksinasi Covid-19 Harus Disiplin Menerapkan Protokol Kesehatan

Vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu langkah krusial yang harus terus dilakukan dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

Senin, 16 Agustus 2021 - 09:20 WIB Penulis: Bc Editor: Rohmah Ermawati | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (keempat dari kanan) saat meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 di De Tjolomadoe, Karanganyar, Minggu (15/8/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Pusat bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, TNI, Polri dan stakeholders lainnya terus bersinergi mengakselerasi vaksinasi agar target herd immunity di akhir tahun ini bisa tercapai.

Hal ini dilakukan sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo yang menegaskan bahwa dalam menangani pandemi Covid-19, selain menekan laju mobilitas dan aktivitas masyarakat, vaksinasi juga harus terus dipercepat hingga 2 juta suntikan per hari.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang sekaligus sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional mengatakan vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu langkah krusial yang harus terus dilakukan. Pemerintah menetapkan target sasaran vaksinasi nasional sebanyak 208 juta penduduk.

Baca juga: Bertemu 25 Menit, Airlangga dan Gibran Bahas Pilpres 2024?

Berdasarkan data 15 Agustus 2021 pukul 12.00 WIB, sebanyak 53,57 juta dosis vaksin tahap I telah disuntikkan dan vaksin tahap II juga telah disuntikkan sebanyak 28,03 juta dosis kepada masyarakat. Selain itu, vaksin tahap ke III untuk tenaga kesehatan juga sudah mulai disuntikkan.

Dalam rangkaian kunjungan kerja di Provinsi Jawa Tengah, Menko Airlangga pada hari Minggu (15/8/2021) meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 di De Tjolomadoe, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Dalam peninjauan yang didampingi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita tersebut, Menko Airlangga sekaligus memastikan bahwa penyelenggaraan vaksinasi di lokasi tersebut berjalan sesuai dengan harapan Pemerintah.

Baca juga: Kunjungi Klaten, Airlangga Hartarto Bagikan Daging Ayam dan Telur

Seluruh pengadaan vaksinasi dalam Sentra Vaksinasi di De Tjolomadoe disediakan oleh Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UMKM, TNI dan Polri, yang pelaksanaannya didukung juga oleh sektor swasta yang diwakili Himpunan Peritel dan Penyewa Pedagang Mall Indonesia (Hippindo).

Pelaku Usaha dan Masyarakat Umum

Ketua Sentra Vaksinasi Liliek Setiawan mengatakan Sentra Vaksinasi yang memiliki kapasitas 2.000 orang per hari tersebut telah dibuka sejak Juli lalu dan menerima peserta vaksinasi dari seluruh ekosistem pelaku usaha dan UMKM se-Solo Raya serta masyarakat umum.

Realisasi vaksinasi tahap I per 15 Agustus 2021 di Provinsi Jawa Tengah telah mencapai hampir 21% dari target. Sebagai salah satu upaya percepatan vaksinasi di Provinsi Jawa Tengah, pelaksanaan vaksinasi di De Tjolomadoe diharapkan dapat menjadi contoh melakukan vaksinasi dengan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Airlangga Hartarto Silaturahmi dengan Keluarga Keraton Kasunanan Solo

Menko Perekonomian menyampaikan Pemerintah selalu mengupayakan dan memastikan ketersediaan supply, keamanan, mutu, dan khasiat atau efficacy dari vaksin yang akan diberikan ke masyarakat.

Vaksinasi terus diakselerasi agar meningkat kecepatannya. Untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi dalam jangka panjang, Pemerintah beserta akademisi dan berbagai stakeholders juga terus mendorong pengembangan vaksin yang diproduksi di dalam negeri.

Dia menegaskan vaksinasi Covid-19 dan kedisiplinan masyarakat menjalankan protokol kesehatan harus dilaksanakan secara bersama. Pemerintah selalu berupaya keras untuk suksesnya vaksinasi Covid-19 di Indonesia, namun kunci dari keberhasilannya adalah harus didukung oleh semua pihak, semua komponen masyarakat Indonesia.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif