SOLOPOS.COM - Ilustrasi wudu. (Liputan6.com)

Solopos.com, JAKARTA - Memasukkan sesuatu ke dalam tubuh secara sengaja dapat membuat puasa Ramadan batal. Namun, kadang orang tidak sadar menelan air ketika berwudu atau mandi. Untuk hal seperti ini, batalkah puasanya?

Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol Masjid Istiqlal, Ustaz Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan, jika tidak sengaja menelan air ketika wudu atau mandi, maka puasanya tidak akan batal.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Tata Cara dan Bacaan Niat Salat Tarawih Sendiri di Rumah

"Ketika ada air tertelan saat melakukan aktivitas tersebut tidak dapat membuat puasa batal dengan syarat tidak melebih-lebihkan. Tapi bila dengan cara membasuh dengan keras atau memenuhi air di dalam mulut secara berlebihan maka dapat membuat puasa batal," katanya dilansir Okezone, Selasa (28/4/2020).

Ia melanjutkan, hukumnya akan menjadi batal secara mutlak apabila berlaku pada aktivitas yang tidak dianjurkan syariat. Misalnya basuhan keempat dalam wudu, mandi dengan tujuan membersihkan atau menyegarkan badan serta mandi dengan menyelam. Kemudian air masuk ke dalam tubuh atau menelannya, hal inilah yang dapat membatalkan puasa.

"Nah kemasukan air saat menjalankan aktivitas ini dapat membatalkan puasa, meski dilakukan tanpa melebih-lebihkan mengalirkan air," terangnya.

Ingin Memulai Urban Farming, Perhatikan 4 Hal Ini

Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak berdoa ketika sedang puasa Ramadan. Selain itu, atas semua ketidaksengajaan seperti menelan air ketika mandi dan wudu dapat termaafkan dan tak membuat puasa batal.

Allah SWT berfirman:

???????? ????????? ?????? ??????? ?????? ?????????? ??????????

Artinya: "Ya Allah, terimalah amal dari kami. Sesungguhnya Engkau Dzat Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 127).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya