Air Terjun Grodo, Mini Niagara dari Bumi Mina Tani

Tinggi air terjun ini hanya sekitar lima meter saja tapi cukup lebar hingga dijuluki seperti mini Niagara dari Pati.

Solopos.com, PATI — Air terjun Grodo atau yang dikenal dengan Air Terjun Selonatah merupakan sebuah permata tersembunyi yang ada di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Air terjun ini terletak di Dukuh Selonatah, Desa Gunungpanti, Kecamatan Wining, Kabupaten Pati.

Berdasarkan video yang diunggah di kanal Youtube Hadi Prayitno bertajuk “Air Terjun Grodo Selonatah Gunungpanti Winong Pati,” ternyata belum banyak yang tahu keberadaan air terjun ini. Hal ini disebabkan lokasi air terjun itu berada di pedalaman kawasan yang dijuluki Bumi Mina Tani.

Air terjun Grodo ini ini telrihat indah dan unik. Tidak seperti air terjun kebanyakan, di mana begitu tiba akan berada di depan/bawah air terjun. Di air terjun Grodo ini justru membawa pengunjung berada di atas air terjun. Selanjutnya, pengunjung harus menyebrangi sungai dan menuruni jalan setapak untuk sampai di depan air terjun Grodo. Tinggi air terjun ini hanya sekitar lima meter saja tapi cukup lebar hingga dijuluki mini Niagara dari Pati.

Baca Juga: Tragis! Main Hujan-hujanan, Balita Semarang Hanyut di Saluran Air

Menariknya lagi, di bawah air terjun terdapat kolam yang cukup luas dengan air berwarna hijau muda dan tentunya sangat menyenangkan jika berenang atau sekadar bermain air di kolam tersebut. Lokasi wisata ini sekitar 32 km dari pusat Kabupaten Pati atau bisa ditempuh dalam waktu satu jam.

Unutk mengaksesnya, dari perempatan Pasar Tambakromo, belok kanan melewati Desa Keben, Desa Larangan, Dukuh Gayam (Desa Pohgading) hingga tiba di Dukuh Selonatah. Dari Dukuh Selonatah, pengunjung harus melewati jalan berbatu di antara ladang jagung sekitar 1,5 km hingga tiba di tempat parkir air terjun Grodo.

Dilihat dari letak geografisnya, Air Terjun Grodo ini berada di pegunungan kendeng sama persis dengan air terjun tadah hujan yang ada di Sukolilo Pati. Berbeda dengan air terjun lainnya yang hanya memiliki satu atau dua buah air terjun dalam satu lokasi, air terjun Grodo ini memiliki lima Air Terjun sekaligus yang berjajar rapi sehingga membentuk pemandangan yang luar biasa.

Baca Juga: Prostitusi Gay di Solo Sudah Ada Sejak 5 Tahun, Ini Lokasinya

Air Terjun Grodo menawarkan pesona wisata alam baru dengan keindahan yang luar biasa. Tempat piknik yang cocok berlibur bersama keluarga terinta saat berwisata di Kabupaten Pati. Sajian alam dengan suasana mendamaikan di obyek wisata alam Air Terjun Grodo akan menghipnotis siapa saja yang mengunjunginya. Untuk masuk ke obyek wisata ini, pengunjung hanya membayar Rp5.000 per orang dan belum termasuk biaya retribusi parkir.

Air Terjun Grodo buka setiap hari mulai dari jam 07.00 – 17.00 WIB. pengunjung bisa puas menjelajahi spot-spot menarik dari obyek wisata Air Terjun Grodo saat akhir pekan tiba.


Berita Terkait

Berita Terkini

Jembatan Tiba-tiba Ambrol, Seorang Ibu Hilang Terbawa Arus

Seorang warga Kebumen, Jawa Tengah hanyut terbawa arus sungai ketika jembatan yang dilewatinya tiba-tiba ambrol.

Polda Jateng Ungkap Identitas WNA Turki Otak Pelaku Skimming ATM

Polda Jateng mengungkap identitas warga negara asing atau WNA asal Turki yang menjadi otak kejahatan skimming kartu ATM di wilayahnya.

Netizen Curhat Vaksin Berbayar Rp300.000, Ini Reaksi Wali Kota Semarang

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mendapat laporan dari warganet terkait vaksin Covid-19 berbayar Rp300.000 di wilayahnya.

Mantap! Bus Listrik Bakal Jadi Transportasi Umum di Jateng

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mewacanakan penggunaan bus listrik untuk transportasi umum.

Terkuak! Ada Peran WNA di Balik Pinjol Ilegal di Jateng

Ditreskrimsus Polda Jateng tengah memburu warga negara asing atau WNA yang berperan dalam praktik pinjaman online atau pinjol di wilayahnya.

Ketupat Sumpil: Makan Kupat Pakai Siput, Mau Coba?

Ketupat sumpil adalah olahan beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang atau daun bambu dan disantap  dengan parutan kelapa/serundeng dan bumbu sambal.

Gua Kiskendo, Medan Tempur Subali & Sugriwa Ternyata Ada di Kendal

Menurut legenda, nama Gua Kiskendo diambil dari cerita pewayangan yang mengisahkan pertempuran sengit antara kawanan kera dan kawanan berkepala sapi dan kerbau.

Cek Lur! Ini Daftar 34 Perusahaan Pinjol Ilegal dari Polda Jateng

Ditreskrimsus Polda Jateng mengungkapkan daftar 34 perusahaan dan aplikasi pinjaman online atau pinjol ilegal yang dilaporkan meresahkan masyarakat.

Duh! Aksi Pemotor Onani di Jalan Kembali Terjadi di Pekalongan

Aksi pemotor yang melakukan onani di jalan di Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) kembali terjadi.

Keren! Semarang Bakal Punya Taman Parkur Seluas 500 Meter Persegi

Pemerintah Kota Semarang bakal membangun taman parkur sebagai tempat anak-anak muda menyalurkan hobi olahraga parkur atau parkour.

Serunya Beli Jajan Pakai Balok di Pasar Sawahan, Yuk Coba

Berbelanja di Pasar Sawahan Ungaran tidak menggunakan uang, tetapi balok kecil. Seru banget hlo.

Roti Ganjel Rel Khas Semarang Unik & Langka, Pernah Coba?

Roti ganjel rel merupakan kuliner unik dan langka khas Semarang yang resepnya warisan dari zaman Belanda.

Mantap! Vaksinasi Pelajar di Kota Semarang Sudah Capai Target

Capaian vaksinasi Covid-19 untuk kalangan pelajar atau remaja 12-17 tahun di Kota Semarang sudah memenuhi target yang ditetapkan.

Pemprov Jateng Ajak UMKM Bertahan di Masa Pandemi Lewat Pelatihan

Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jateng mengajak UMKM bertahan di tengah pandemi Covid-19 dengan menyelenggarakan pelatihan untuk 30 pelaku UMKM di sekitar proyek tol Semarang-Demak.

Perempuan Asal Semarang Tertabrak KA Barang di Grobogan

Seorang perempuan meninggal tertabrak KA barang jurusan Surabaya – Jakarta di jalur rel kereta api di Desa Mojoagung, Karangrayung, Grobogan.