Air Kali Samin di Sukoharjo Hitam Pekat Diduga Akibat Limbah Ciu

Pencemaran Kali Samin kina parah sehingga warna airnya menjadi hitam pekat.

Air Kali Samin di Sukoharjo Hitam Pekat Diduga Akibat Limbah Ciu

SOLOPOS.COM - Kali Samin berwarna hitam pekat akibat limbah alkohol yang dibuang ke sungai di Desa Pandeyan, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Rabu (25/9/2019). (Solopos-Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Pencemaran di Kali Samin yang melewati wilayah Grogol, Mojolaban, dan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, makin parah. Kondisi ini dipengaruhi limbah cair alkohol yang dibuang secara sembarangan para pengrajin etanol.

Pantauan solopos.com, Rabu (25/9/2019), air Kali Samin yang melintasi Desa Pandeyan, Grogol, berwarna hitam pekat. Warna hitam pekat itu akibat limbah alkohol yang bercampur dengan air sungai. Limbah alkohol juga menimbulkan bau tak sedap yang menyengat hidung.

Diketahui, para pengrajin alkohol membuang limbah cair ciu di saluran drainase yang akhirnya bermuara ke Kali Samin.

“Ikan-ikan di sungai mati akibat limbah alkohol yang mencemari sungai. Saya khawatir ekosistem Kali Samin punah jika masalah ini tak kunjung rampung,” kata seorang warga Desa Pandeyan, Grogol, Aji, saat berbincang dengan solopos.com, Rabu.

Warga yang tinggal di dekat sungai kerap mencium bau tak sedap sehingga mengganggu kenyamanan.

Saat musim kemarau, limbah alkohol yang dibuang ke sungai sangat kentara. Debit air sungai menyusut drastis sehingga limbah alkohol terlihat jelas.

Ketua Paguyuban Petani Pengguna Air (P3A) Dam Colo Timur, Sarjanto, mengatakan selain ikan, limbah cair ciu juga membunuh binatang predator alami hama sawah seperti ular. Predator alami ini memangsa hama yang kerap merusak lahan pertanian seperti tikus.

Apabila ikan dan ular mati, para petani bakal kalang kabut saat areal persawahan diserang hama.

“Binatang predator alami menjadi teman petani saat musim penghujan. Hama tikus dan keong bakal merajalela menyerang lahan pertanian apabila tak ada ular dan ikan,” papar dia.

Pria yang akrab disapa Jigong ini meminta ketegasan pemerintah ihwal pencemaran air sungai akibat limbah alkohol yang dibuang sembarangan.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo telah mengambil sampel air baku di tempuran Kali Samin di Dusun Nawut, Desa Tegalmade, Kecamatan Mojolaban pada pertengahan September 2019.

Sampel air baku bakal diuji laboratorium untuk mengetahui apakah air sungai tercemar limbah alkohol atau tidak. “Kami memperkirakan hasil uji laboratorium keluar pada awal Oktober,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup DLH Sukoharjo, Suyatman.

Berita Terkait

Berita Terkini

Motor Tabrak Becak di Jalan Gelap, Remaja Mondokan Sragen Meninggal Dunia

Kecelakaan di Sidoharjo Sragen itu bermula ketika korban yang mengendarai sepeda motor Honda Supra berpelat nomor AD 5057 ALE melaju dari arah timur ke barat sekitar pukul 22.30 WIB.

TESDA, Wisata Edukasi Sumber Daya Air di Tengah Kota Purwokerto

Taman Edukasi Sumber Daya Air (TESDA) berada di sekitar Bendungan Banjar II Sungai Kranji, Kota Purwokerto.

Ini Dia Syarat Melakukan Perjalanan Antardaerah Selama PPKM Level 4 yang Diperpanjang

Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan aturan tentang syarat melakukan perjalanan antardaerah selama PPKM Level 4 Jawa-Bali.

Rest Area di Pemalang Ini Rupanya Markas Kera Ekor Panjang

Rest area dengan ribuan monyet ini berada di Desa Bulakan, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang dan namanya adalah Candi Batur.

Maaf, 244 Titik Penyekatan di Jalur Reguler di Jateng Masih Berlaku

Polda Jateng memastikan penyekatan di 244 titik di jalur reguler di Jateng tetap berlangsung hingga PPKM Level 4 berakhir atau pemberitahuan lebih lanjut.

Deretan Penghargaan Bagas, Pemanah Klaten Wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo

Berbagai penghargaan pernah disabet Bagas, pemuda 19 tahun asal Bonyokan, Jatinom, Klaten, hingga jumlahnya mencapai 42, baik tingkat provinsi, nasional, dan internasional.

Malam Ini Ditutup, Buruan Daftar! Instansi CPNS Ini Masih 0 Pelamar

Badan Kepegawaian Negara atau BKN mengungkap ada 10 instansi CPNS 2021 yang masih sepi peminat dan ada satu instansi yang 0 pelamar.

Alhamdulillah, Dalam Sehari 785 Pasien Covid-19 di Bantul Sembuh

Jumlah pasien Covid-19 di Bantul yang sembuh pada Minggu (25/7/2021) melonjak yakni 785 orang.

Hanya Boyolali yang Jalani PPKM Level 3 di Soloraya, Lainnya Level 4

Boyolali jadi satu-satunya daerah di Soloraya yang melaksanakan PPKM Level 3 setelah Sragen naik status jadi Level 4.

Peyek Tumpuk, Kudapan Khas Bantul Bercitarasa Mantap Betul

Kabupaten Bantul ini dikenal dengan makanan khas geplak dan peyek tumpuk, dua makanan ini sering dicari oleh wisatawan saat mengunjungi kawasan ini.

Stagnan, Cek Harga Emas 24 Karat di Pegadaian Hari Ini, Senin 26 Juli 2021

Harga emas Antam yang dijual di Pegadaian hari ini, Senin (26/7/2021) tidak berubah baik untuk cetakan Antam maupun UBS.

10 Berita Terpopuler : Tukang Bakso Dapat Hadiah Mobil – Pemanah Klaten Berlaga di Olimpiade Tokyo

Ulasan tentang tukang bakso asal Sukoharjo dapat hadiah mobil hingga kisah pemanah Klaten maju ke Olimpiade Tokyo masuk daftar 10 berita terpopuler pagi ini.