Petugas mengecek proses produksi air bersih di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, Rabu (27/2/2019). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Operasional Instalasi Pengolahan Air (IPA) Semanggi, Solo, terpaksa dihentikan sejak pukul 08.00 WIB pagi tadi, Kamis (5/9/2019), karena air sungai yang masuk ke IPA untuk diolah menjadi air bersih berbau alkohol atau ciu.

Wartawan Solopos, Mariyana Ricky P.D., melaporkan pengolahan air di IPA Semanggi Solo terpaksa dihentikan karena air tidak layak dialirkan ke masyarakat. Selain berbau alkohol, air yang masuk ke saluran intake IPA Semanggi Solo warnanya kuning keruh. 

https://img.solopos.com/upload/img/air%20bau%20ciu.jpg" width="600" height="400" alt="" />Paling kiri kondisi air dari sebelum tempuran Kali Samin, botol tengah air Kali Bengawan Solo setelah Samin dan paling kanan air dari Kali Samin. (Istimewa-PDAM Solo)

Untuk diketahui, air baku yang masuk ke IPA Semanggi Solo berasal dari Kali Bengawan Solo. Sementara kondisi Bengawan Solo sendiri tak jarang tercemar limbah dari anak sungainya, misalnya Kali Samin.

Saat ini, cadangan air bersih yang telah diolah di IPA Semanggi Solo dan siap disalurkan ke masyarakat hanya mencukupi sampai pukul 17.00 WIB sore nanti. Jika cadangan air bersih dan pengolahan air di IPA Semanggi Solo belum bisa dilakukan, PDAM Solo akan melakukan dropping ke air kepada masyarakat.

Direktur Teknik (Dirtek) PDAM Solo, Tri Atmojo Sukomulyo, saat dihubungi mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan sejumlah pihak termasuk meminta bantuan Pemprov Jateng jika nantinya kondisi tersebut berlanjut.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten