SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.(detik.com)

Solopos.com, JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengintruksikan seluruh kadernya di Indonesia untuk ikut aksi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan, instruksi berunjuk rasa itu dikeluarkan karena kenaikan harga BBM sangat menambah beban rakyat, padahal situasi ekonomi saat ini belum pulih sepenuhnya akibat pandemi Covid-19.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Oleh sebab itu, pimpinan Partai Demokrat menginstruksikan kepada kadernya mengambil langkah dan tindakan.

“Selain menyuarakan di parlemen terkait penolakan ini, di 514 dewan pimpinan cabang kabupaten/kota juga diminta untuk melakukan aksi penolakan kenaikan BBM ini,” jelas Kamhar dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (7/9/2022).

Baca Juga: Harga BBM Naik, Pertamina Belum Akan Batasi Pembelian Pertalite

Meski begitu, dia mengingatkan kader Demokrat tak perlu menangis saat menyampaikan argumen penolakan kenaikan harga BBM.

Dia menyinggung aksi para elite PDIP saat menolak kenaikan harga BBM pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Ternyata saat ini ketika [PDIP] berkuasa bisa memahami kenaikan BBM, padahal tak ada situasi yang benar-benar mendesak,” ujarnya.

Baca Juga: 14,6 Juta Pekerja Terima BSU Senilai Rp600.000

Kamhar menganggap alasan pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi karena beban APBN terlalu berat tak tepat.

Menurutnya, banyak jalan lain yang bisa diambil pemerintah jika benar-benar prorakyat, seperti relokasi anggaran dengan meninjau ulang proyek Ibu Kota Negara (IKN) dan infrastruktur yang tak prioritas.

Dia merasa pemerintah hanya mengambil jalan pintas untuk memenuhi target namun dengan memberikan beban kepada rakyat.

Baca Juga: Terganjal Soal Iuran BPJS, Sebanyak 1,4 Juta Pekerja Batal Terima BSU

“Menaikkan harga BBM untuk menekan beban APBN ini langkah paling instan dan paling mudah, tapi sekaligus juga menunjukkan pemerintah tak kreatif tak punya hati,” tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Demokrat Instruksikan Kadernya Ikut Demo Tolak Kenaikan Harga BBM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya