SOLOPOS.COM - Kiper Ajax Amsterdam, Andre Onana (kanan) bersama kakaknya, Nnana Onana, yang juga mantan bek Persis Solo di kompleks Stadion Johan Cruyff Arena, beberapa waktu lalu. (Instagram @superdepokcyber)

Solopos.com, SOLO – Siapa yang tak kenal Andre Onana. Kiper muda asal Kamerun ini menjadi salah satu pilar Ajax Amsterdam saat sukses menembus semifinal Liga Champions tahun 2018. Ternyata, kiper Ajax Amsterdam itu adalah adik dari mantan pemain Persis Solo, Nnana Onana.

Onana memang tampil gemilang dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun yang sama saat lolos ke semifinal Liga Champions bersama Ajax, Onana diganjar penghargaan pemain terbaik di Kamerun serta kiper terbaik di Benua Afrika.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Kilau penjaga gawang berusia 24 tahun itu tak memudar meski kompetisi terhenti karena pandemi Covid-19. Sejumlah klub tenar seperti Barcelona dan Chelsea dikabarkan tertarik dengan servis sang kiper.

Ada Obat Corona Versi Kearifan Lokal di Indonesia

Namun, tak banyak yang tahu kiper Ajax Amsterdam itu adalah adik kandung Nnana Onana yang notabene eks bek Persis Solo. Hal itu terkuak saat akun Instagram pendukung Persikad Depok, @superdepokcyber, mengunggah foto kebersamaan Onana bersaudara tersebut saat berada di Amsterdam, beberapa hari lalu.

Akun itu juga memperlihatkan percakapan mereka dengan Nnana yang mengonfirmasi kabar bahwa Andre Onana adalah adiknya. Nnana Onana sendiri pernah membela Persikad (sekarang Sulut United) sebelum bergabung ke Laskar Sambernyawa pada musim 2013-2014.

“Siapa sangka pemain yang sedang diincar beberapa klub besar ini memiliki kedekatan dengan Kota Depok. Andre Onana memiliki kakak yang pernah bermain untuk Persikad Depok,” demikian pernyataan @superdepokcyber, dalam akun Instagramnya.

1 Orang Positif Corona, 25 Warga Sidoharjo Sragen Jalani Rapid Test

Meski memiliki garis darah, nasib Andra dan Nnana memang bak bumi dan langit. Jika sang adik sukses malang melintang di Eropa di usia yang masih relatif muda, Nnana justru berkutat di klub-klub kasta kedua di Indonesia sejak pertengahan tahun 2000-an.

Perjalanan Karier

Dia mengawali karier di Persikad dan sukses membawa klub berjuluk Pendekar Ciliwung meraih gelar runner up Divisi I Liga Indonesia 2007. Capaian itu sekaligus membawa Persikad promosi ke Divisi Utama.

Sempat membela sejumlah tim seperti PSPS Pekanbaru (sekarang PSPS Riau), bek bernama lengkap Christian Desire Nnana Onana itu akhirnya berlabuh ke Persis versi LPIS pada tahun 2013. Tahun berikutnya Nnana kembali memperkuat Persis di bawah arahan Widyantoro setelah sempat tak terdengar kabarnya karena menetap di Thailand.

Reynhard Sinaga Dipindah ke Penjara Paling Horor di Inggris

Saat di Laskar Sambernyawa, Nnana menjadi legiun asing andalan bersama Javier Rocha dan Charles Orock. Mereka ikut membantu mencatatkan rekor selalu menang Persis dalam laga kandang di 2013. Pada 2014, Nnana dkk. membawa Persis lolos babak delapan besar Divisi Utama.

Petualangan Nnana di liga Tanah Air ternyata sedikit banyak berperan membuka kiprah sang adik. Sebagian gajinya saat aktif bermain digunakan untuk membiayai Andre Onana meniti karier menuju pesepakbola profesional.

Sebelum dikenal bersama Ajax, Andre menimba ilmu di Samuel Eto’o Academy di Kamerun. Andre kemudian direkrut akademi Barcelona, La Masia, pada 2010 atau saat sang kiper masih berusia 13 tahun.

“Ya benar, dia adalah kakak kandungnya. Nnana Onana yang membiayai dia [Andre] ke Eropa saat dia masih bermain di sini [Indonesia]. Dia selalu mendukung adiknya,” ujar seorang agen pemain asal Kamerun, Amogou Mathieu, dilansir Detik.com. Chrisna Chanis Cara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya